Analisis SPSS
Monday, April 2, 2012

Komparasi K sampel Berpasangan/Berkorelasi (Non Parametris)

KOMPARASI K SAMPEL BERPASANGAN/BERKORELASI

(Kelompok sampel lebih dari 2 (dengan karakter yang sama))

Di dalam penelitian ini kelompok sampel dapat diambil lebih dari dua dengan karakter sampel yang berhubungan, Misal kelompok pegawai negeri A, B dan C.

Alat Uji yang bisa dipakai
1. Test Cochran.
Test ini digunakan dalam pengujian hipotesis komparatif K sampel berkorelasi dengan data Nominal dan dikotomis (Ya/Tidak)
2. Test Friedman.
Friedman Two Way Anova (Analisis Varian Dua Jalan Friedman). Digunakan untuk menguji hipotesis komparatif K sampel berkorelasi dengan data ordinal (ranking).

CONTOH TEST COCHRAN

Permasalahan?
Apakah terdapat perbedaan terhadap kelompok pegawai kinerja 1, 2 dan 3 yang masing-masing metode kerja A, B dan C ?

Hipotesis ?
H0 : Tidak terdapat perbedaan yang kinerja pegawai yang signifikan
dengan penerapan tiga metode kerja tersebut ?
Ha : Terdapat perbedaan yang kinerja pegawai yang signifikan dengan
penerapan tiga metode kerja tersebut ?

Hasil Uji
Cochran Test
Test Cochran
Test Cochran

Berdasarkan perhitungan diatas dapat disimpulan bahwa dengan derajat kesalahan penarikan kesimpulan sebesar (alpha) 0,05, tiga metode baru yang diterapkan pada masing-masing kelompok tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal tersebut dapat dilihat yaitu dari Asymp sig yang lebih besar dari 0,05 dan nilai hitung Cochran’s Q sebesar 0,375 yang lebih besar dari chi kuadrat tabel dengan df 2 sebesar 5,591.

CONTOH TEST FRIEDMAN

Permasalahan ?
Apakah terdapat perbedaan kinerja diantara 3 kelompok pekerja dengan penerapan 3 gaya kepemimpinan yang berbeda (direktif, suportif dan partisipatif) ?

Catatan :
Ketiga kelompok tersebut diberikan kuesioner dengan indikator tertentu dengan skala jawaban 1 sd 4 sebanyak 10 pertanyaan sehingga total skor minimal 10 dan maksimal 40.

Hipotesis ?
H0 : Tidak terdapat perbedaan kinerja dengan penerapan tiga gaya kepemimpinan tersebut ?
Ha : Terdapat perbedaan kinerja dengan penerapan tiga gaya kepemimpinan tersebut ?

Hasil Uji ?
Friedman Test
Test Friedman
Test Friedman

Berdasarkan perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan derajat kesalahan penarikan kesimpulan sebesar (alpha) 0,05, tiga gaya kepemimpinan yang diterapkan pada masing-masing kelompok sangat berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal tersebut dapat dilihat yaitu dari Asymp sig (0,000) yang lebih lebih kecil dari 0,05 dan nilai hitung Chi kuadrat sebesar 39,519 yang lebih besar dari  chi-kuadrat tabel dengan df 2 sebesar 5,591.





0 comments :

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini

Analisis SPSS