Di dalam penelitian ini kelompok sampel dapat diambil lebih dari dua dengan karakter sampel yang tidak berkorelasi, Misal misal pegawai dengan dengan golongan I, II dan III, atau Pegawai negeri sipil, tentara dan swasta. Median Extention. Analisis Varian Satu Jalan Kruskal Walls. Test ini dipergunakan untuk menguji hipotesis komparatif k sampel independen dengan data ordinal.



KOMPARASI K SAMPEL INDEPENDEN/TIDAK BERKORELASI


(Kelompok sampel lebih dari 2 (dengan karakter yang berbeda ))

Di dalam penelitian ini kelompok sampel dapat diambil lebih dari dua dengan karakter sampel yang tidak berkorelasi, Misal misal pegawai dengan dengan golongan I, II dan III, atau Pegawai negeri sipil, tentara dan swata.

Alat Uji yang dapat dipergunakan:


1. Median Extention.
Test ini dipergunakan untuk menguji hipotesis komparatif median k sampel independen dengan data ordinal, dalam test ini jumlah sampel tidak harus sama.
2. Analisis Varian Satu Jalan Kruskal Walls
Test ini dipergunakan untuk menguji hipotesis komparatif k sampel independen dengan data ordinal.

CONTOH HASIL TEST MEDIAN EXTENTION


Permasalahan ?
Adakah hubungan antara golongan pegawai (gol I, II, III dan IV) dengan jumlah cuti / ijin tidak masuk kerja yang diambil dalam 1 tahun ?

Hipotesis ?
H0 : Tidak terdapat hubungan antara Golongan dengan jumlah cuti yang diambil pegawai dalam satu tahun ?
Ha : Terdapat hubungan antara Golongan dengan jumlah cuti yang diambil pegawai dalam satu tahun ?

Hasil Uji
Median Test
Test Median
Test Median


Berdasarkan perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan derajat kesalahan pengambilan kesimpulan sebesar 0,05, tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kesimpulan tersebut diambil dengan melihat Chi kuadrat hitung (2,979) lebih kecil dari Chi Kuadrat Tabel sebesar 9,488 selain itu juga Asymp Sig (0,395) lebih besar dari 0,05.

CONTOH HASIL TEST VARIAN 1 JALAN KRUSKAL WALLS

Permasalahan ?
Apakah terdapat hubungan antara PAD Suatu daerah (Rendah, Sedang dan Tinggi) Dengan partisipasi masyarakat (dengan 10 indikator tertentu dan skor 1 sd 4)

Hipotesis :
H0 : Tidak ada hubungan antara PAD daerah dengan tingkat partisipasi masyarakat.
Ha : Terdapat hubungan antara PAD daerah dengan tingkat partisipasi masyarakat.

Hasil Uji
Kruskal-Wallis Test

Kruskall Wallis
Kruskall Wallis

Berdasarkan hasi perhitungan diatas maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarati terdapat hubungan yang sangat siginifikan antara PAD dengan partisipasi masyarakat. Hat tersebut dapat diindikasikan dari Asymp Sig yang lebih kecil dari kriteria alpha 0,05 dan Nilai Chi kuadrat tabel yang lebih besar (18,993) dari Chi kuadrat tabel (5,591).

Untuk pemahaman lebih dalam maka selanjutnya baca artikel kami dengan judul: Kruskall Wallis H.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini