Multivariate Analysis of Variance Atau MANOVA

0
709
Uji Multivariat Anova
Uji Multivariat Anova

Uji Manova

Manova adalah uji statistik yang digunakan untuk mengukur pengaruh variabel independen yang berskala kategorik terhadap beberapa variabel dependen sekaligus yang berskala data kuantitatif. Analisis ini dsiebut juga dengan istilah multivariat anova.

Multivariat anova merupakan singkatan dari multivariate analysis of variance, artinya merupakan bentuk multivariate dari analysis of variance (ANOVA). Bentuk multivariate maksudnya adalah terdapat lebih dari satu variabel terikat.

Sehingga uji manova digunakan untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap beberapa variabel dependen secara simultan atau sekaligus.

Uji ini mirip sekali dengan uji Hotelling’s T2. Letak perbedaannya adalah jika uji hotelling’s T2 digunakan apabila hanya terdapat 1 variabel independen dengan 2 kategori saja. Sedangkan multivariat anova dapat digunakan pada lebih dari 1 variabel independen dan/atau kategori dua atau lebih.

Jadi apabila dibuat kesimpulan:

Uji ini adalah bentuk multivariat dari ANOVA, sedangkan Hotelling’s T2 adalah bentuk multivariat dari independen t test. Berikut Gambarannya:

Manova
Uji Multivariat Anova

Multivariat anova dapat dikatakan kebalikan dari analisis diskriminan, karena pada analisis diskriminan variabel dependen yang berskala kategorik dan variabel independen yang berskala kuantitatif. Kedua uji ini mempunyai kesamaan dalam cara menentukan nilai variate dan menguji signifikansi statistic antar kelompok.

Keunggulannya adalah mampu digunakan untuk menganalisis pengaruh setiap variabel independen yang berskala kategorik terhadap masing-masing variabel dependen secara terpisah, di mana variabel dependen berskala kuantitatif.

Dalam penggunaannya, membutuhkan asumsi, yaitu ukuran sampel yang lebih besar dari pada univariat ANOVA, di mana dalam manova ada batasan khusus dalam setiap sel (kelompok), minimal sebanyak 20 observasi. Dan jumlah sampel di setiap sel harus lebih besar dari jumlah variabel dependen.

Demikian di atas telah dijelaskan secara singkat kepada para pembaca atau mahasiswa yang sedang penelitian. Meskipun singkat, kiranya sudah jelas, bahwa analisis dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi para peneliti atau mahasiswa untuk melakukan uji kausal komparatif jika skala data variabel terikat ada lebih dari dan berskala data interval atau rasio. Sedangkan variabel bebasnya bebasnya adalah data kategorik.

Cara Melakukan Uji Manova dalam SPSS dijelaskan dalam Artikel kami yang berjudul “Manova dalam SPSS“.

By Anwar Hidayat

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......