Tutorial Cara Uji T Paired dengan SPSS

Uji T Paired dengan SPSS

Uji T Paired atau Paired T Test digunakan sebagai uji komparatif atau perbedaan apabila skala data kedua variabel adalah kuantitatif (Interval atau Rasio). Uji ini disebut juga dengan istilah pairing T Test. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara uji paired t test dengan SPSS.

Pengertian Uji Paired T Test

Uji Paired T test adalah uji beda parametris pada dua data yang berpasangan. Itulah pengertian uji paired t test oleh statistikian. Kami membuatkan pengertian kepada para pembaca agar pembaca dapat mengerti apa sebenarnya fungsi atau kegunaan dari uji tersebut.

Sesuai dengan pengertian tersebut, maka dapat dijelaskan lebih detail lagi bahwa uji ini diperuntukkan pada uji beda atau uji komparatif. Artinya anda akan membandingkan adakah perbedaan MEAN atau rata-rata dua kelompok yang berpasangan. Berpasangan artinya adalah sumber data berasal dari subjek yang sama.

Contoh Uji Paired T Test

Berikut kami berikan contoh uji paired t test agar anda memahami lebih jelas lagi. Yaitu penelitian dengan judul: “Perbedaan Nilai Pengetahuan Siswa Kelas A Tentang Bumi Antara Sebelum Pemberian Materi dan sesudah Pemberian Materi”. Coba anda perhatikan baik-baik, bahwa dalam judul tersebut, peneliti ingin mengetahui adakah perbedaan nilai antara sebelum dan sesudah pemberian materi pada siswa kelas A. Dimana siswa kelas A adalah subjek yang sama, hanya saja diuji dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pemberian materi.

Itulah yang dimaksud dengan uji beda dua sampel berpasangan. Namun dalam hal ini data yang dimiliki oleh subjek tersebut adalah data interval atau rasio. Sebab yang dinilai adalah nilai pengetahuan, misal rentang nilainya 0 – 100. Bagaimana jika yang dinilai perbedaan bukanlah data interval? Misal data ordinal, maka anda bisa menggunakan uji non parametris yaitu Uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Bagaimana jika uji beda dilakukan pada dua sampel yang tidak berpasangan? Misalnya seorang peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui adakah perbedaan nilai Ujian IPA Siswa kelas A dan kelas B. Dikatakan bukan data berpasangan sebab sumber data berasal dari dua subjek atau kelompok yang berbeda, yaitu kelas A dan kelas B. Jika anda menghadapi kasus tersebut, maka anda bisa menggunakan uji independen t test apabila datanya adalah data kuantitatif, yaitu data interval atau rasio. Jika datanya adalah data ordinal maka anda harus menggunakan uji mann whitney u test atau disebut juga dengan wilcoxon rank sum test.

Syarat Uji T Paired

Syarat Uji T Paired adalah perbedaan dua kelompok data berdistribusi normal. Maka harus dilakukan terlebih dahulu dengan uji normalitas pada perbedaan kedua kelompok tersebut.
Anda dapat menggunakan uji normalitas antara lain:
Shapiro Wilk
Lilliefors
Kolmogorov Smirnov

Untuk artikel uji T Paired dengan menggunakan Excel, Baca Artikel kami yang berjudul: “T Paired dalam Excel“.

Tutorial Cara Uji T Paired dengan SPSS

Kita mulai saja cara melakukan uji T Paired dengan SPSS (Uji Beda Berpasangan Dua Data Kuantitatif). Silahkan anda buat dua dua kelompok data dengan nama Sebelum dan Sesudah. Anggap saja keduanya adalah dua data yang berasal dari subjek sama, misalnya Nilai Uji Siswa Sebelum Pemberian materi dan Sesudah pemberian Materi. Silahkan atur sendiri jumlah sampel yang digunakan nantinya.

Uji T Paired dengan SPSS
Uji T Paired dengan SPSS

Isikan data tersebut seperti contoh di bawah ini setelah anda klik data view.

Dataset Uji T Paired dengan SPSS
Dataset Uji T Paired dengan SPSS

Isi dengan Data (contoh: Nilai Uji Siswa Sebelum Pemberian materi dan Sesudah pemberian Materi atau yang lainnya misalkan: Berat Badan Sebelum dan Sesudah Minum Suplemen).

Cara isi data adalah seperti tampilan di bawah ini:

Cara Entri Data Uji T Paired dengan SPSS
Cara Entri Data Uji T Paired dengan SPSS

Selanjutnya pada menu SPSS, anda Klik pada menu yaitu Analyze, Compare Means, Paired Sample T Test. Maka kan muncul jendela sebagai berikut:

Tampilan jendela uji paired t test dengan SPSS
Tampilan jendela uji paired t test dengan SPSS

Masukkan kedua variabel seperti contoh berikut. Caranya cukup select dua variabel di kotak kiri kemudian klik tanda panah ke kanan:

Selanjutnya tentukan nilai confidence interval atau derajat kepercayaan penelitian anda. Biasanya adalah 95% yang berarti tingkat kesalahan penelitian adalah 5% atau 0,05.

Confidence Interval Uji T Paired
Confidence Interval Uji T Paired

Klik Continue, maka akan tampil jendela utama kembali seperti dibawah ini:

Uji T Paired
Uji T Paired dengan SPSS

Pata jendela utama, silahkan klik tombol Klik OK.

Maka Akan Muncul Jendela Output hasil uji paired t test dengan SPSS sebagai berikut:

Output Uji T Paired SPSS
Output Uji T Paired SPSS

Interprestasi Uji T Paired dengan SPSS

Cara Baca Output tersebut caranya:

Cara Baca Output Uji T Paired SPSS
Cara Baca Output Uji T Paired SPSS

Correlation: Nilai Korelasi antara 2 variabel tersebut: Hasil 0,991 artinya hubungan kuat dan positif.

Sig.: tingkat signifikansi hubungan: Hasil 0,000 artinya signifikan pada level 0,01.

Df: degree of freedom (derajat kebebasan) : Untuk analisis T Paired selalu N- 1. Di mana N adalah jumlah sampel.

T = nilai t hitung: hasil 1,000: Harus dibandingkan dengan t tabel pada DF 19. Apabila  t hitung > t tabel: signifikan.

Sig. (2-tailed): Nilai probabilitas/p value uji T Paired: Hasil = 0,330. Artinya: Tidak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sebab: Nilai p value > 0,05 (95 % kepercayaan).

Mean: 0,250. Bernilai Positif: Artinya terjadi kecenderungan penurunan berat badan sesudah perlakuan. Rata-rata penurunannya adalah 0,250.

Demikian telah kita bahas dengan singkat dan jelas, tutorial uji t paired dengan SPSS. Semoga bermanfaat bagi para peneliti atau mahasiswa yang sedang mencari referesi untuk melakukan analisis data hasil penelitiannya. Sekian: Terima Kasih.

By Anwar Hidayat

Jasa Olah Data Aman Terpercaya

133 KOMENTAR

  1. Uji T Paired adalah uji komparatif apabila skala data variabel adalah kuantitatif (interval/ratio) yang berdistribusi normal dengan sifat berpasangan/related.
    Sedangkan apabila uji komparatif pada skala data yg lebih rendah, maka pilihan harus disesuaikan dengan sifat pasangan: bebas atau related, nominal atau ordinal, dan jumlah kategori.
    Apabila dua variabel dengan skala beda, contoh nominal dengan ordinal, maka digunakan uji yang layak digunakan pada skala terendah, yaitu uji nominal. Jadi kita bisa gunakan uji chi-square. (Lihat Buku SPSS Untuk Penelitian Non Parametris Karangan Santoso Singgih)

  2. Uji T Paired adalah uji komparatif apabila skala data variabel adalah kuantitatif (interval/ratio) yang berdistribusi normal dengan sifat berpasangan/related.
    Sedangkan apabila uji komparatif pada skala data yg lebih rendah, maka pilihan harus disesuaikan dengan sifat pasangan: bebas atau related, nominal atau ordinal, dan jumlah kategori.
    Apabila dua variabel dengan skala beda, contoh nominal dengan ordinal, maka digunakan uji yang layak digunakan pada skala terendah, yaitu uji nominal. Jadi kita bisa gunakan uji chi-square. (Lihat Buku SPSS Untuk Penelitian Non Parametris Karangan Santoso Singgih)

  3. Paired T Test hanya digunakan untuk data kuantitatif dengan syarat: kedua array nilai (pre dan post) mempunyai jumlah sama dan bersifat homogen. Jumlah sama contohnya: array pre test 20 data Berat Badan dan array post test juga sama 20 data berat badan. Karena harus homogen maka perlu uji homogenitas, maka dilakukan uji Kolmogorov smirnov. Apabila P value > batas kritis 0,05 maka layak dilakukan uji T Paired. Bila syarat tidak terpenuhi, maka sebaiknya lakukan uji match pairs wilcoxon test.

  4. Desainnya one group pre-post test. datanya ordinal (sesuai dg pertanyaanku yg di jenis data).
    Kalo ak browsing, kok banyak yg pake paired T test yo? ad jg yg pake Wilcoxon.
    What d'u think?

  5. Perlu dingat, dengan T Paired anda hanya membedakan pengetahuan sebelum dan sesudah perlakuan. Yang didapat pada t paired: Ada perbedaan apa tida, berapa rata2 perbedaannya dan ada peningkatan, penurunan atau tetap. Jika anda ingin mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruhnya, anda mungkin membutuhkan uji yang lain yaitu uji regresi. Dengan regresi anda bisa dapatkan model atau persamaan regresinya. Jadi seberapa besarkah pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan.

  6. kalau menngunakan pretest posttest control group design, cara pngambilan sampel total sampling. judulnya variabel pertama itu penyuluhan, variabel kedua peningkatan pengetahuan. itu bisa pakai skala apaa? trs pake uji paired T test apa bisa?

  7. SAYA mahasiswa program studi kebidanan, mz kalau skala yang digunakan kan pakai interval. la itu kan harus di uji normalitas datanya, kalau datanya tidak normal pke apa mz… mksih

  8. saya tidak paham maksud pertanyaan anda. Independen berarti bebas atau sumber data berasal dari subjek yg beda. Sedangkan uji T ada 3: independen, related dan student. Setiap uji T yang menjadi patokan adalah nilai means. Beda tidak antara kedua means? itu maksudnya.

  9. Maaf mas, tolong bantuannya. Saya punya data perubahan skor dua kelas yang saya matching, kelas A dg perlakuan x dan kelas B dg perlakuan y. Saya ingin mengetahui pengaruh x terhadap A atau pengaruh y terhadap B yang lebih baik. Yang benar menggunakan pair atau independen? Saya menggunakan spss 13, apa yang harus saya lakukan? Makasih banyak mas atas bantuannya.

  10. Model anda: A dg X. B dg Y. Sama saja dengan X dan Y. Pada X ada pre dan post. Pada Y ada pre dan post. Jadi tidak ada yang sulit sebenarnya. Sebab Uji T Paired hanya bisa digunakan untuk membandingkan antara 1 kelompok dengan 1 kelompok. Pada model anda saya lihat ada 2 kelompok, di mana masing-masing kelompok ada 2 kelompok. Maka uji t paired tidak berlaku di sini. Tetapi anda masih bisa menggunakannya dengan 2 kali pengujian berbeda. T Paired pre dan post pada kelompok A dan T paired pre dan post pada kelompok B.
    Jika anda ingin mengetahui perbedaan pre dan post dengan interaksi antara kelompok A dan B, maka model ANOVA akan lebih tepat digunakan: Two Way Anova.
    Jika anda kesulitan untuk menata data anda bisa menggunakan JASA BANTUAN OLAH DATA kami. Kirimkan data anda ke emal kami dan konfirmasi dengan sms. Terima kasih.

  11. Mohon penjelasannya tentang matching data dan t paired. Dari dua kelas diberi pretest, kemudian data dimatching. Kelas A diberi perlakuan x, kelas B diberi perlakuan y. Kemudian kedua kelas diberi posttest. Jika menggunakan uji t paired, bagaimana memasukkan data pada spss-nya dan bagaimana mengetahui perbedaan perlakuan yang lebih baik? Makasih banget.

  12. One Group pre post itu tidak menggunakan kontrol, treatment ada diantara pre dan post, Maka subjek dari 1 sumber, berarti related/berpasangan. Maka uji T Paired dapat digunakan. Jika anda mengatakan dari 2 subjek, apakah anda tidak salah menyebut desain experimentnya? Kalau menggunakan kontrol, kiranya anda memakai true experiment.

  13. mas mohon bantu ya, untuk subjek 2 orang menggunkan quasi one group pre-post design, analisis datanya pake apa ya ? untuk melihat efektifitas konseling dalam meningkatkan motivasi karyawan ? terima kasih sebelumnya

  14. Ada 2 metode dalam menjawab hipotesa pada uji t, yaitu dengan membandingkan t hitung dan t tabel pada df N – 1 dan dengan membandingkan p value atau signifikansi dengan batas kritis (0,05, 0,01, atau yang lain). Anda sudah bisa menyimpulkan atau menjawab hipotesis hanya dengan melihat nilai sig 2 tailed, sig. anda nilainya 0,000 < 0,05 dan juga < 0,01, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan pada derajat kepercayaan 95% dan 99%. Apabila anda ingin menggunakan t hitung, maka bandingkan dengan t tabel pada DF N-1. N adalah jumlah sampel. Apabila Sampel anda 30, maka DF = 30 – 1 = 29. Apabila T Hitung > T Tabel, maka ada perbedaan signifikan atau H1 diterima dan H0 ditolak.

  15. T Tabel juga ada berbagai macam berdasarkan derajat kepercayaan. Jadi anda juga dapat membandingkan pada derajat kepercayaan anda, apakah 95% atau 99%. 95% artinya tingkat kebenaran atau dapat mewakili populasi atau dapat digunakan untuk generalisasi adalah sebesar 95%. 95% sama dengan 0,95. Maka tingkat kesalahan atau batas kritis = 100% – 95% = 5%, jika didesimalkan jadi 0,05.

  16. Mohon maaf sebelumnya ms,, saya mau tanya… untuk untuk melihat apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan dilihat dari t hitung pada output paired sampel t test bagaimana ya, sedangkan untuk nilai sig 2 tailed sudah 0,000 atau < 0,05. Terimakasih…

  17. mw tnya saya melakukan penelitian terkait adanya suatu peraturan pajak pajak baru. di dalamnya saya membandingkan sebelum (2008) dan 4 tahun sesudah. saya membandingkannya 2008 vs 2009, lalu 2009 vs 2010 dst. apakah itu sudah benar ato membandingkannya 2008 vs 2009, 2008 vs 2010
    krn saya beranggapan bagaimana perkembangan th.1 stlhnya dengan th k2 setelah penerapan

  18. One Group pre post itu tidak menggunakan kontrol, treatment ada diantara pre dan post, Maka subjek dari 1 sumber, berarti related/berpasangan. Maka uji T Paired yang digunakan.

  19. http://pareonline.net/getvn.asp?v=9&n=6

    Masih perdebatan tentang keharusan melakukan remove outlier sebelum melakukan uji Regresi, Anova atau t Test. Tetapi keuntungan yang didapat dengan melakukan remove outlier adalah pengujian akan lebih tajam, sebab dapat mengurangi error. Pada t test, biasanya nilai mean difference akan sedikit turun dan begitu juga dengan nilai t.

  20. Mungkin yang dimaksud adalah berpasangan. Artinya kelompok 1 tidak bisa lepas dari kelompok 2, misal: Nilai ujian sebelum tryout dan nilai ujian setelah tryout. Kedua kelompok tersebut tidak dapat dipisahkan, sebab subjeknya sama. Misal yang diuji 20 orang, maka dia dapat treatment yaitu tryout. apabila 1 orang (misal responden ke 20) tidak diuji di kelompok sesudah tryout, maka 1 orang yang sama tersebut (misal responden ke 20) juga harus keluar dari perhitungan saat sebelum tryout, meski sesungguhnya dia ikut try out. Sehingga jumlah sampel akan sama 20-1=19. Begitulah kira-kira yang dimaksud dosen anda.

  21. Assalamualaikum,, mas sy mau tanya, ada nggak refrensi yang mengatakan jika kita mau mengolah data utk penelitian komparativ kita harus uji outlier dahulu kemudian baru uji asumsi klasik ? kasus sy,, data normal sblm outlier, tpi dosen sy mengatakan uji outlier dulu, sehingga hasilnya lebih valid, tpi sy blm menemukan refrensi yang mngatakan begitu. mhn bantuannya mas..

  22. Saya disarankan menggunaka uji t paired dengan dua kelompok yang saling mengontrol. Tolong dijelaskan lebih detail ya mas. terutama pada kata "dua kelompok saling mengontrol". Maksudnya apa dilakukan pengolahan data dua kali, satunya treatmen yang lain kontrol secara gantian. Makasih

  23. mas, saya sedang melakukan penelitian tentang efektifitas zeolit, karbon aktif dengan pasir aktif terhadap penurunan kadar mangan dalam air. dengan variabel bebas jenis media dan variabel terikatnya kandungan mangan setelah proses penyaringan. Saya menggunakan desain penelitian one group pre test post test..
    awalnya saya akan menggunakan uji kruskal wallis. tapi kata pembimbing saya, variabel yang jenis datanya nominal tidak dapat di analisis jika berpasangan dengan data berskala rasio (v.bebas saya nominal, v.terikat saya rasio). saya bingung harus pakai uji statistik apa. mohon bantuannya, terimakasih..

  24. maaf saya mau tanya,, kalau ingin mengetahui perbedaan tingkat pngetahuan sebelum dilakukan penyuluhan dan stelah penyuluhan itu pakai t paired apa wilcoxon?

  25. pak mau tanya jika saya menggunakan analisis friedman test itu menghasilkan

    N 56
    Chi-Square 176.589
    df 4
    Asymp. Sig. .000

    apakah data saya salah, atau saya salah memasukan data, soalnya dari bebrapa penelitian yang saya baca yg mnggunakan friedman test Asymp. Sig tidak perna bernilai .000

    Terima kasih pak

  26. Lihat dulu jumlah sampelnya. Jika > 200 anda bebas pilih uji normalitas yang mana, pakai Kolmogorov Smirnov juga boleh. Tetapi yang terbaik Shapiro Wilk dan Shapiro Francia atau bisa menggunakan Skewness Kurtosis, Barja Square, Anderson Darling, Ryan Joiner, dll atau boleh ditambah menggunakan grafik: Normal QQ Plot, Normal PP Plot, detrend QQ Plot, Box Plot, Steam Leaf dan Histogram.

  27. Jika kurang dari 50 dan lebih >7 gunakan Shapiro Wilk (Asal tidak lebih dari 1000)atau S Francia (Asal tidak lebih dari 5000). Jika lebih dari 5000 gunakan skewness kurtosis (sangat dianjurkan) atau Kolmogorv Smirnov.

  28. mas saya sedang melakukan penelitian tentang pengaruh teknik relaksasi finger hold terhadap penurunan intensitas nyeri, saya menggunakan desain penelitian one group pre-post test,Variabel independent: Teknik relaksasi finger hold,Variabel Dependen:
    Intensitas nyeri, variabel dependen:skala rasio , saya disuruh uji normalitas untuk intensitas nyerinya, gimana ya caranya??

  29. Tidak bisa, Kolmogorov Smirnov untuk uji komparatif, artinya menentukan apakah ada beda, jadi bukan asosiatif atau menilai hubungan.
    Kolmogorov yang lain untuk uji normalitas.

  30. Selamat malam, Mas..
    mohon petunjuk, Mas..
    saya sedang mengerjakn skripsi dengan melihat referensi skripsi yang lain.
    Skripsi tsb, menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui apakah
    ada hub antar variabel.
    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah Kolmogorov Smirnov bisa digunakan
    untuk mengetahui hub antar variabel?
    Terima kasih__

  31. Selamat malam mas Hidayat.
    saya ingin bertanya. penelitian saya berjudul "pengaruh pendidikan kesehatan gigi terhadap pengetahuan dan sikap dalam memelihara kesehatan gigi pada anak SD…". berskala ordinal ordinal. responden 62. pre post design. tanpa kelompok kontrol.
    bagaimana cara menguji normalitas data data ini??
    dan uji analisa data apa yg cocok??

    Terima kasih banyak. 🙂

  32. Tidak salah, kalau nilai t positif maka cara mengambil kesimpulan: t hitung > t tabel = H1 diterima. Sedangkan jika t hitung nilainya negatif, maka kesimpulannya= -t hitung < -t tabel = H1 diterima. Atau dengan cara lain: anda absolutkan dulu, jadi hilangkan nilai negatif, maka kembali seperti awal: +t thitung > + t tabel = H1 diterima.

  33. Selamat pagi pak.. makasih untuk artikel2nya
    saya meneliti ttg efektifitas penyuluhan ttg obesitas thdp peningkatan pengetahuan remaja dlm mncgah obesitas. mgnkn uji t berpasangan. t hitungnya dapat – (minus).. soalnya kan nilai sebelum pnyuluhan lebih rendah dari nilai sesudah penyuluhannya..soalnya kebanyakan liat contoh yang berat badan sebelum dan sesudah (sebelumnya lebih tinggi dari sesudahya).. bagaimana pak? apa itu berarti Ho diterima? atau saya harus mengunakan uji yg lain atau ada kesalahan yang saya tidak tahu saat menggunakan uji t ini? makasih pak atas bantuannya.

  34. maaf pak mau nanya,
    penelitian saya pake uji beda t-test independen, itu datanya harus berdistribusi normal dulu ya ?
    nah saya udah uji normalitasnya pake kolmogorov-smirnov tapi hasilnya tidak normal, saya udah transform tetap tidak normal, itu harus gimana ya ?
    mohon balasannya, makasih

  35. maaf saya mau nnya
    saya lagi penelitian ttg kepadatan coliform utk pasang dan surut jadi analisis uji-t yang tepat tu menggunakan yang mana y?

  36. sampel saya hanya 12, setiap hari kan langsung dilakukan pre dan post jadi pre nya ada 3 & post nya ada 3 , setelah duji normalitas dgn Shapiro Wilk distribusi datanya normal, kira2 pakai uji statistik apa ya??

  37. Uji Independen t test: untuk melihat adakah perbedaan nilai pre test antara kelompok kontrol dan experimen, untuk melihat adakah perbedaan nilai post test antara kelompok kontrol dan experimen.

  38. Uji Independen t test: untuk melihat adakah perbedaan nilai pre test antara kelompok kontrol dan experimen, untuk melihat adakah perbedaan nilai post test antara kelompok kontrol dan experimen.

  39. Kalau desain penenlitiannya pretest-posttes control group design tetapi jumlah sampel eksperimen dan kontrolnya berbeda yaitu 42 dan 41, sebaiknya pake uji t paired atau t independen? thx

  40. mw tanya, saya pnelitiannya menggunakan desain randomized ontrol group desain pretest posttest, yg eksperimen diberi perlakuan, yang kontrol tidak. tapi Jumlah sampel kls eksperimen 40 dan kls kontrol 39. sebaiknya pakai uji t dependen atau independen? thx

  41. Assalamualaikum, maaf saya ingin bertanya. Kalo untuk rumus uji efektifitas dalam eksperimen bagaimana ya? Saya disuruh melihat kurva perbandingan antara kelompok pre-post test intervensi dan pre-post kontrol dengan melihat persen dr kedua kelompok. Mohon bantuannya. Terimakasih.

  42. pak anwar.. judul skripsi saya " pengaruh latar belakang pendidikan siswa terhadap kemahiran membaca bahasa arab untuk kelas 1 mts " dosen pembimbing saya menyuruh saya menggunakan uji t . tp saya bingung, harus pake uji t yg apa?uji t one sempel,paired atau independen t test pak? n mengapa?? tolong ya pak jawaba bapak

  43. Assalamuálaikum, Pak Anwar..
    Saya sedang mengolah data untuk mengetahui perbedaan sebelum dan setelah dalam bentuk unit dan Rp. Tapi output paired sample t test saya standar errornya cukup tinggi. Kalau saya transform datanya (baik unit dan Rp) terlebih dulu, boleh tidak ya pak??
    Terimakasih

  44. Selamat malam pak anwar, saya bagus, saya sangat tertarik dengan tulisan bapak…saya ingin bertanya dan meminta pencerahan kepada bapak..terhadap dua kelompok data yang dapat dilakukan uji paired t test apakah kedua kelompok data tersebut harus terdistribusi normal? ataukah perbedaan/selisih dari dua kelompok data tersebut yang harus terdistribusi normal?
    Terima kasih banyak sebelumnya pak…

  45. Karena t paired adalah uji parametris, di mana ada parameter-parameter yang harus terpenuhi. Jika parameter tersebut dilanggar maka hasil uji tersebut tidak sah atau dapat menunjukkan hasil yang sesungguhnya berbeda. Sedangkan wilcoxon adalah uji non parametris yang tidak membutuhkan parameter. Akan tetapi dengan uji non parametris kita akan kehilangan banyak informasi yang berharga.

  46. Pak anwar saya ingin bertanya,,
    Saya masih bingung knpa seandainya data tersbut tdk berdistribusi normal tdk blh menggunakan uji paired t-test tetapi di ganti dng uji wilcoxon test?
    Mohon bantuannya pak,,terimaksaih

  47. Uji Normalitas pada selisih kedua kelompok (Pre dikurangi Post)
    Jenis Uji normalitas yang digunakan sesuaikan dengan jumlah sample, kalau kurang dari 50 sebaiknya gunakan Shapiro Wilk atau Shapiro Francia. Jika Lebih dari 50 boleh menggunakan Lilliefors. Jika sangat besar, misal > 2000 sebaiknya gunakan KS, Skewness Kurtosis atau Jarque Bera. Tapi Sekiranya juga anda memperhatikan software yang digunakan jika ingin cepat.

  48. Pilihan uji sesuaikan dengan bentuk hipotesanya, kalau hubungan gunakan uji hubungan dan jika perbedaan gunakan uji beda. Uji T Paired atau T Bebas digunakan untuk uji Beda atau komparatif. Kalau korelasi maka gunakan uji korelasi, misal r pearson, spearman, kendall tau, gamma, somer's d, koefisien kontingensi.

  49. Selamat malam Mas Anwar, Saya sedang meneliti tentang perbedaan tingkat manajemen laba perusahaan manufaktur sebelum dan sesudah adopsi IFRS. Karena Saya baca uji paired t test harus melakukan uji normalitas terlebih dahulu, yang ingin Saya tanyakan uji normalitas seperti apakah yang harus Saya lakukan? apakah seperti uji normalitas sebelum regresi (uji k-s per variabel)atau uji normalitas lain. mohon pencerahannya dan tutorial simpelnya Mas jika berkenan, terima kasih banyak.

  50. maaf..mas saya mau nanya kalo skripsi dengan judul pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar itu musti pke uji T ya…untuk melihat masing2 hubungan anatara variabel bebas dengan variabel terikat??? kalo di gunakan korelasi bisa nga mas…trimakash

  51. mohon maaf sebelumnya, saya mau bertanya, saya menggunakan uji t berpasangan dan syarat uji t harus melakukan uji normalitas dulu, responden saya sebanyak 20 orang, jika saya uji normalitas menggunakan kolmogorov apakah respondennya harus lebih dari 20 responden?
    mohon bantuannya, terima kasih

  52. untuk data pada tanggal peristiwa itu di masukkan ke sebelum atau ke sesudah perlakuan?, jika seperti contoh diatas untuk data berat badan pada waktu minum suplemen di masukkan ke sebelum atau ke sesudah perlakuan?
    terimakasih

  53. Sya ingin bertanya pak dlm pembacaan thitung dan t tabel hasil thitung saya -1,683 dan -2,454 t tabel yg sya dpt 2,011 . Dan ini sudah tentu t tabelnya diminuskan jadi -2,011 . Nah yg sya bingung -1,683 itu lebih besar dibandingkan -2,011 dan -2,454 lebih kecil dibandingkan -2,011 jika dibaca normal kekanan. Tetapi bnyak yg tidak melihat hasilnya minus dibeberpa referensi diinternet jdi -1,683 < -2,011 dan -2,454 > -2,011 . Nah mnurut anda bagaimana pak?

  54. kalau untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dari variabel-variabel faktor, tetapi datanya independen dan dependent nya berupa ordinal, memakai uji apa ya? katanya GA bisa kalo pake regresi linier, dan apakah harus pakai non parametrik test?

  55. Saya harus tahu bentuk hipotesanya dan datanya dulu, baru bisa memberi keterangan. Atau anda dapat menggunakan jasa kami dalam bantuan olah dan analisa data dengan sms saya: 085748695938.

  56. assalamu'alaikum..
    pak saya mau tanya , judul skripsiny ttg efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadp hasil belajar dibandingkan dengan metode konvensional. yg ingin sya tnyakan. uji yg digunakan ap pak dan skala nya ap pak? terima kasih

  57. Selamat malam pak,
    saya ingin menanyakan data yang digunakan untuk analisis deskriptif adalah data asli atau data yang sudah di transform?

    terima kasih

  58. Untuk uji normalitas pada sampel sebanyak minimal 3 sampel, masih dapat dilakukan dengan uji shapiro wilk. Baca artikel saya tentang normalitas data dengan SPSS atau shapiro wilk. Untuk uji non parametris yang tepat seperti kasus anda, yaitu uji komparatif 2 sampel bebas, yaitu uji mann whitney u test. Komentar di Artikel ini "t paired dengan SPSS" sudah penuh, jadi bagi yang ingin berkomentar atau bertanya tentang t paired dengan SPSS, silahkan gunakan form diskusi di facebook di link berikut ini:
    Hubungi Kami

  59. Mohon bantuannya pak,,,
    saya melakukan penelitian analisis kualitas buku teks ipa untuk SD.
    saya mengambil 4 buku terbitan swasta dan 4 buku terbitan pemerintah (BSE).
    instrument yang saya gunakan terdiri dari 11 kriteria dengan masih banyak lagi lagi sub kriteria.
    data penelitian saya berbentuk interval. yang nantinya bila dijumlahkan pada setiap sub kriteria dan kriteria akan menjadi skor total.
    dari skor total tersebut sudah terlihat kualitas buku (sekali lagi data interval).
    selanjutnya saya ingin membandingkan kualitas buku terbitan swasta dibanding terbitan pemerintah menggunakan SPSS.
    nah mengingat sampel saya hanya 8 buku (masing2 4 buku) sedangkan tidak mungkin untuk UJI NORMALITAS populasi, Statistik apakah yang dapat saya gunakan?
    makasih banget sebelumnya, semoga bantuan bapat diganti oleh allah dengan kesuksesan.

  60. SALAM….
    Saya Ego, mahasiswa yang sedang melakukan penelitian tentang jumlah mikroorganisme tanah di DUA LOKASI YG BERBEDA. masing2 lokasi saya mengambil 5 contoh sampel (total 10 sampel dari kedua lokasi) apa ada pengaruhnya dengan hasil analisis data??? saya menggunakan uji-t, tpi msih bingung, baiknya yang mana???,,, kalau 10 sampel dari tiap lokasi??

  61. Kalau suhu dan waktu skala nominal dan jumlah bakteri skala interval, dan variabel terikat adalah 1 variabel yaitu pertumbuhan bakteri dari hari ke-1 hingga hari ke-2, bisa menggunakan uji two way anova. Tetapi jika variabel terikat adalah 2 hari yaitu hari ke-1 dan hari ke-2, maka menggunakan repeated measure. Sekarang kembali pada anda, sesuaikan dengan tujuan penelitian anda, apakah yang anda uji adalah pengaruh terhadap pertumbuhan bakteri selama 2 hari, atau pengaruh pada hari ke-1 dan ke-2.

  62. Kalau jumlah bakteri hari pertama anda jadikan faktor yang juga berpengaruh, maka akan ada 3 faktor prediksi dalam model anda, yaitu suhu dengan skala nominal, waktu juga skala nominal, dan jumlah bakteri hari pertama dengan skala interval, serta variabel terikat yaitu jumlah bakteri hari kedua, maka gunakan uji Ancova, karena variabel bebas anda campuran antara data kuantitatif (interval/rasio) dan kualitatif (nominal/ordinal).

  63. Pak,,
    saya sedang penelitian tentang pengaruh suhu dan waktu penyimpanan terhadap jumlah pertumbuhan bakteri pada suatu media, olah datanya pake statistik metode apa y?
    sampel disimpan pada pada suhu kamar dan refrigerator sampai 2 hari, masing – masing dilakukan pengujian pada hari ke 1 dan ke-2 setelah itu dihitung jumlah koloni yang tumbuh dan dilihat apakah ada perbedaan dari pertumbuhan pada sampel yang diuji pada hari ke 1 dan ke 2..
    makasih mohon dibalass ..

  64. kalau untuk mengetahui pengaruh suhu dan waktu penyimpanan sampel sebelum pengujian terhadap pertumbuhan bakteri pakai uji apa y? two ways anova kah?

  65. Coba dicek kembali. Perlu diingat bahwa t paired disebut juga pairing t test atau uji t sampel berpasangan. Saya ulangi sekali rumus t paired = rerata perbedaan antar pasangan/(standart deviasi perbedaan antar pasangan/Akar(jumlah sampel)).

  66. Yang lebih baik mana itu tergantung tujuan penelitian dan hipotesa anda. Perihal software apa, itu sama saja, tergantung pada kebutuhan dan ketersediaan alat analisis dan metode analisis dalam software tersebut. Tidak semua analisis ada dalam tiap software.

  67. aslmkm.. pak hidayat.. saya mau tanya sumber buku yang digunakan untuk uji t paired, buku apa yah ? karena saya melihat di buku sudjana, russefendi, sugiyono, riduwan, furqon dll itu tidak ada rumus t paired. sedangkan saya harus menggunakan rumus ini. (atau saya yang salah liat yah -_- ) mohon bantuannya pak. makasih.

  68. selamat malam pak,,saya mau nanya dalam pengolahan data statistik deskriptif metode pengolahan yang mana yang paling baik,,apa pengolahan data tunggal,data bergolong,menggunakan spss atau menggunakan minitab pak?

  69. Jika pendapatan sebagai variabel terikat berskala interval/rasio, maka tepat jika menggunakan uji t paired sebab subjek berpasangan. Uji normalitas perlu dilakukan dan jenis uji yang digunakan sesuaikan dengan jumlah sampel. Baca artikel-artikel saya tentang uji normalitas untuk memahaminya. Trims.

  70. Ass.. pak hidayat, penelitian saya ingin mengetahui perbedaan pendapatan usahatani sebelum dan sesudah banjir. apakah sesuai jika saya menggunakan analisis paired t test?, apakah harus diuji normalitas?, dan uji normalitas apa yang cocok untuk penelitian saya?
    mohon bantuannya, terima kasih.

  71. pak saya ingin tanya, skripsi saya mengenai memandingkan pendapatan usahatani sebelum dan sesudah banjir. apakah bisa analisisnya menggunakan paired t-test?
    mksih,. mhon jwabnnya

  72. Pak…maaf sya sdang mlaksankan pnelitian ttg hub metode pemberian tugas dgn prstasi bljar.dgn desain pre n post test..jg dgn klmpok kontrol..sya bingung stlah mndapat data pre test harus diolah spt apa dulu?terima kasih bnyak..

  73. Tergantung pada jumlah sampel. Apabila kurang dari 50 lebih efektif menggunakan Shapiro wilk. Bila lebih dari 200 sampel, gunakan kolmogorov smirnov. Bila antara > 50 dan < 200 sebaiknya menggunakan lilliefors. Baca artikel-artikel saya tentang uji-uji yang saya sebutkan tadi. Trims.

  74. mas mau tanya. kalo dalam uji normalitas dengan SPSS, caranya kita bisa tau data yang digunakan lebih efektif dengan kolmogorov-smirnov atau shapiro-wilks itu gimana ya ?

  75. ma mau tanya,, saya mau mengukur tekanan darah sebelum dan sesudah perlakuan saya pakai uji t dependen dengan one group ,,, data yg saya butuhkan adalah rata2 sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan kemudian di cari sejauh mena perbedaannya itu caranya seperti apa ? kok saya kurang paham spss nya

  76. Assalamualaikum pak, mau tanya
    Tugas akhir saya tentang evaluasi SIMRS ditinjau dari kepuasan pengguna. saya sudah menentukan variabel bebas dan terikatnya.
    tapi saya bingung pakai uji apa.
    mohon bantuannya.

  77. Uji T Paired hanya isa digunakan untuk data interval atau rasio, tentunya tidak dapat digunakan untuk data nominal. Jika bentuk hipotesa anda adalah perbedaan, maka uji yang tepat bila data nominal adalah uji chi-square.

  78. assalamualaikum pak , saya mahasiswa kebidanan sedang melakukan penelitian tentang pengaruh kompres dingin terhadap pengurangan rasa nyeri persalinan , saya menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan one group pretest posttest design skala yang saya gunakan nominal , nominal yaitu sebelum dan sesudah di kompres trus nyerinya berkurang dan tetap .nah kalau menggunakan uji t paired bisa atau tidak ,saya bingungnya skala yg saya gunakan nominal , nominal jd hrus pake uji apa?

    mohon bantuannya

  79. assalamualaikum mas anwar,saya lutfi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian,,judul skripsi saya “penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tik” menggunakan mixed method desain eksperimen menggunakan one group pretest and postes design dengan menggunakan kelompok ekperimen saja tanpa menggunakan kelompok kontrol ?

    pertanyaan saya?
    1. uji statistik apa yang cocok dengan judul saya tersebut?
    2. apakah harus memakai uji normalitas?

    terima kasih

  80. mas saya andika mahasiswa yang sedang melakukan skripsi,,saya sedang meneliti kinerja travel agent konvensional sebelum dan sesudah adanya online travel agent

    data yang saya gunakan adalah laporan laba rugi dari travel agent konvensional

    pertanyaan saya

    1. apakah metode paired sample t-test cocok untuk saya gunakan ?
    2. uji apa saja yang perlu saya lakukan jika menggunakan paired sample t-test ?

    terima kasih

    • Jika 2 kelompok berpasangan misalnya pre dan post seperti yang anda maksud serta datanya adalah data interval atau rasio seperti misalnya rugi laba, maka anda bisa menggunakan uji beda 2 sampel berpasangan data kuantitatif yaitu menggunakan uji paired t test. Syarat untuk uji paired t test adalah normalitas pada selisih kedua data yang berpasangan (misalnya selisih = post – pre)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini