Koefisien Cramer adalah uji asosiatif apabila skala data nominal dengan kategori tiap baris dan kolom lebih dari 2. Koefisien cramer digunakan untuk mengukur asosiasi dari Tabel kontingensi r x c, di mana r atau c lebih dari 2. Suatu keuntungan dari statistik Cramer adalah bahwa sedikit asumsi yang diperlukan untuk kesahannya. Keuntungan lain adalah kenyataan bahwa nilai C masih dapat digunakan untuk membandingkan tabel kontingensi yang berbeda ukuran dengan perhatian ke r dan c, dan tabel-tabel berdasar contoh-contoh berbeda ukuran.



Koefisien Cramer

Koefisien Cramer adalah uji asosiatif apabila skala data nominal dengan kategori tiap baris dan kolom lebih dari 2. Koefisien cramer digunakan untuk mengukur asosiasi dari Tabel kontingensi r x c, di mana r atau c lebih dari 2.

Koefisien Cramer didefinisikan sebagai berikut:
Rumus Cramer
Rumus Cramer

X2 = statistik khi-kuadrat
n   = ukuran contoh total
t    = banyak baris atau kolom yang lebih kecil.

Contoh:
Suatu survei dilakukan diantara pemilik rumah di suatu propinsi tertentu. Satu pertanyaan yang ditanyakan pada responden: Seberapa puaskah Anda di lingkungan Anda tinggal? Klasifikasi hasil jawaban responden dan lokasi tempat tinggalnya  adalah:


Tabel Kontingensi Cramer
Tabel Kontingensi Cramer

Kita ingin menggunakan statistik Cramer untuk mengukur keeratan asosiasi diantara Lokasi dan taraf kepuasan penduduk.  Diperoleh X2  = 53.178 . Karena kita mempunyai ukuran contoh =230  dan t= 3-1=2 

Contoh Hitung Cramer
Contoh Hitung Cramer

Suatu keuntungan dari statistik Cramer adalah bahwa sedikit asumsi yang diperlukan untuk kesahannya.

Keuntungan lain adalah kenyataan bahwa nilai C masih dapat digunakan untuk membandingkan tabel kontingensi yang berbeda ukuran dengan perhatian ke r dan c, dan tabel-tabel berdasar contoh-contoh berbeda ukuran.

Untuk penghitunggannya dalam Excel dapat anda baca artikel Uji Cramer dalam Excel

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini