Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya melakukan uji homogenitas apabila variabel kita lebih dari 2 dengan menggunakan minitab. Ingat bahwasanya pada uji sebelumnya, ada 2 output uji yang dihasilkan, yaitu uji Fisher F dan uji levene test. Perlu diketahui bahwa uji fisher hanya dapat digunakan menguji 2 variabel, oleh karenanya dalam tutorial kali ini, output uji yang dihasilkan bukanlah uji Fisher F, melainkan uji Bartlett. Langkahnya: Buat array pertama pada C1 baris 1 sampai 120 seperti contoh. Array pertama ini merupakan faktor pembeda tiap kelompok pada array C2.



Homogenitas Minitab Satu Kolom

Pada artikel sebelumnya, yaitu , kita telah belajar tentang melakukan uji homogenitas apabila kita mempunyai 2 variabel. Ciri-ciri lain dalam penerapan uji homogenitas pada artikel sebelumnya itu adalah kita dapat menempatkan 2 variabel pada 2 array yang berbeda. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya melakukan uji homogenitas apabila variabel kita lebih dari 2.

Ingat bahwasanya pada uji sebelumnya, ada 2 output uji yang dihasilkan, yaitu uji Fisher F dan uji levene test. Perlu diketahui bahwa uji fisher hanya dapat digunakan menguji 2 variabel, oleh karenanya dalam tutorial kali ini, output uji yang dihasilkan bukanlah uji Fisher F, melainkan uji Bartlett.

Sebelum kita mulai, download terlebih dahulu file kerja tutorial ini agar anda mudah memahami.
Langkahnya:
  • Buat array pertama pada C1 baris 1 sampai 120 seperti contoh. Array pertama ini merupakan faktor pembeda tiap kelompok pada array C2. Misal pada array C1 ini adalah Jenis pekerjaan.
  • Buat array kedua pada C2 baris 1 smpai 120 seperti contoh. Array kedua ini merupakan nilai dari pengelompokan array C1, misal nilai ujian. Anggap saja kita melihat adakah perbedaan varians nilai ujian antara 3 kelompok, yaitu kelompok 1, 2 dan 3.
Homogenitas Minitab 1 Kolom
Homogenitas Minitab 1 Kolom
  • Pada menu klik Stat, Basic Statistics, 2 Variances
  • Centang Samples in one columns
  • Masukkan variabel C2 ke Sample
  • Masukkan variabel C1 ke Subscripts

Homogenitas Minitab 1 Kolom Dataset
Homogenitas Minitab 1 Kolom Dataset
  • Klik Storage kemudian centang semua lalu OK.
Homogenitas Minitab 1 Kolom Storage
Homogenitas Minitab 1 Kolom Storage
  • Tekan OK lagi dan lihat output
Interprestasinya:
  • Lihat nilai P Value Bartlett's Test, Jika > 0,05 maka antar kelompok memiliki varians sama atau homogen berdasarkan rumus Fisher F
  • Lihat nilai P Value Levene's Test, Jika > 0,05 maka antar kelompok memiliki varians sama atau homogen berdasarkan rumus Levene
Homogenitas Minitab 1 Kolom Output
Homogenitas Minitab 1 Kolom Output
  • Lihat besarnya standart deviasi dan besarnya varians ketiga variabel: menunjukkan besaran yang hampir sama berarti homogen.

Homogenitas Minitab 1 Kolom Worksheet
Homogenitas Minitab 1 Kolom Worksheet

Selesai sudah uji homogenitas pada minitab dengan 1 kolom.

Demikian tutorial singkat ini dan semoga bermanfaat. Selanjutnya baca artikel kami yang berjudul: Homogenitas dengan STATA.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

1 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini