Dalam kesempatan ini akan dijelaskan bagaimana melakukan uji normalitas pada residual dengan 2 pendekatan: grafik dan theori. Anda akan mendapatkan beberapa grafik, yaitu Normal QQ Plot, Detrend QQ Plot, Histogram, Stem-Leaf dan Box Plot. Selain itu anda akan mendapatkan hasil uji normalitas dengan pendekatan teori yaitu uji lilliefors dan shapiro wilk. Jika grafik dan teori menunjukkan residual berdistribusi normal, maka model regresi anda telah memenuhi asumsi klasik normalitas.



Normalitas Regresi Linear Berganda Dengan Pendekatan Teori

Artikel kali ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yaitu:
Pada artikel sebelumnya tersebut dijelaskan bagaimana melakukan uji normalitas pada variabel residual dalam uji regresi linear berganda dengan pendekatan grafik, yaitu grafik Normal Probability Plot atau P-P Plot dan Histogram.
Dalam kesempatan ini akan dijelaskan bagaimana melakukan uji normalitas pada residual dengan 2 pendekatan: grafik dan theori.



Normalitas Regresi Linear Berganda Dengan Pendekatan Teori
Normalitas Regresi Linear Berganda Dengan Pendekatan Teori



Sebelum anda melangkah lebih lanjut, anda harus membaca artikel sebelumnya di atas dan ingat satu langkah penting saat melakukan uji regresi linear berganda pada SPSS, yaitu mengklik tombol Save kemudian mencentang Residual Unstandardized.
Jika anda melakukannya, maka akan otomatis pada dataset anda akan muncul variabel baru dengan nama "RES_1". Variabel tersebutlah yang akan kita uji kenormalan distribusinya.



DATASET Normalitas Regresi Linear Berganda Dengan Pendekatan Teori
Dataset Normalitas Regresi Linear Berganda Dengan Pendekatan Teori



Caranya adalah sama persis dengan artikel saya yang lebih lampau, yaitu Normalitas Pada SPSS. Anda akan mendapatkan beberapa grafik, yaitu Normal QQ Plot, Detrend QQ Plot, Histogram, Stem-Leaf dan Box Plot. Selain itu anda akan mendapatkan hasil uji normalitas dengan pendekatan teori yaitu uji lilliefors dan shapiro wilk.
Jika grafik dan teori menunjukkan residual berdistribusi normal, maka model regresi anda telah memenuhi asumsi klasik normalitas.
Untuk memperkaya pengetahuan anda tentang normalitas, baca artikel kami:
Nah, demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat.
Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

1 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini