Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukannya dengan menggunakan minitab. Pada Tutorial kali ini akan dibahas sekaligus tentang bagaimana melakukan uji asumsi klasik pada model regresi linear berganda. Pertama buka aplikasi minitab anda kemudian masukkan data seperti berikut. Agar lebih mudah anda dapat mendownload file kerja DISINI. Klik Stat, Regression, Regression, kemudian masukkan variabel dependen atau Y ke Response dan variabel independen atau x1, x2, x3 ke predictors.



Regresi Linear Berganda dengan Minitab

Kita sudah membahas bagaimana melakukan uji regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukannya dengan menggunakan minitab.

Pada Tutorial kali ini akan dibahas sekaligus tentang bagaimana melakukan uji asumsi klasik pada model regresi linear berganda dengan minitab yang meliputi normalitas regresi linear berganda, heteroskedastisitas, multicollienaritas dan autokorelasi Durbin Watson.

Pertama buka aplikasi minitab anda kemudian masukkan data seperti berikut.
Agar lebih mudah anda dapat mendownload file kerja DISINI dan DISINI.




Klik Stat, Regression, Regression, kemudian masukkan variabel dependen atau Y ke Response dan variabel independen atau x1, x2, x3 ke predictors.




Klik tombol Graphs kemudian centang Regular pada Residuals for plots dan pada Residual Plots centang Histogram of residuals, Normal plot of residuals, Residual versus fits dan klik OK.




Klik tombol options kemudian centang Fit Intercept, Variance inflating factors, Durbin-Watson statistic dan klik OK.




Klik Storage kemudian centang Residuals, Coefficients, Fits dan klik OK.




Klik OK dan lihat output. Untuk interprestasinya dibahas dalam artikel berikutnya:

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini