Dengan analisis faktor, kita akan memperoleh hasil sebagai berikut: Identifikasi dimensi-dimensi atau faktor-faktor mendasar yang dapat menjelaskan korelasi dari serangkaian variabel. Identifikasi variabel-variabel baru yang lebih kecil untuk menggantikan variabel yang tidak berkorelasi dari serangkaian variabel asli yang berkorelasi dari analisa multivariate. Identifikasi variabel-variabel kecil yang menonjol dari suatu analisis multivariate. Pada menu SPSS, klik Analyze, Data Reduction, Factor. Masukkan semua variabel ke dalam kotak "Variables". Anda perlu melakukan berulang-ulang hingga syarat minimal nilai KMO, Bartlett's Sphericity, MSA dan Communalities terpenuhi.



Analisis Faktor dengan SPSS

Dengan , kita akan memperoleh hasil sebagai berikut:
  1. Identifikasi dimensi-dimensi atau faktor-faktor mendasar yang dapat menjelaskan korelasi dari serangkaian variabel.
  2. Identifikasi variabel-variabel baru yang lebih kecil untuk menggantikan variabel yang tidak berkorelasi dari serangkaian variabel asli (asal) yang berkorelasi dari analisa multivariate (analisis regresi atau analisis diskriminan).
  3. Identifikasi variabel-variabel kecil yang menonjol (dari variabel yang lebih besar) dari suatu analisis multivariate.

Menindaklanjuti dari apa yang telah kita pelajari sebelumnya dalam artikel kami, yaitu: Analisis Faktor, maka pada kesempatan ini kami akan membagikan tutorial melakukan analisis faktor dengan menggunakan aplikasi SPSS.


Download file kerja dalam tutorial ini:
Dataset
Output

Sebagai contoh, kita akan melakukan analisis faktor pada 9 variabel. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pada menu SPSS, klik Analyze, Data Reduction, Factor. Masukkan semua variabel ke dalam kotak "Variables". 

Faktor
Analisis Faktor

2. Tekan tombol "Descriptives" kemudian centang "Univariate descriptives", "Initial Solutions", "Coefficients", "Significance Levels", "Determinant", "KMO and Bartlett`s test of sphericity" dan "Anti Image". Klik "Continue".

Analisis faktor Deskriptive
Deskriptiv Analisis Faktor

3. Tekan tombol "Extractions" kemudian pilih "Principal components" sebagai method, pada "Analyze" pilih "Correlation matrix", pada "display" pilih "Unrotated factor solution" dan "Scree plot". Pada extract, pilih Eigenvalue over dan isi dengan angka "1". Klik "Continue".

Extraction
Extraction

4. Tekan tombol "Rotation" kemudian centang "Varimax" dan pada display centang semua, yaitu "Rotated solutions" dan "Loading plot(s)". Klik "Continue".

Rotation
Rotation

5. Tekan tombol "Options" kemudian centang "Sorted by Size".

Options
Analisis Faktor Options


Sampai tahap ini anda belumlah selesai melakukan analisis faktor dengan aplikasi SPSS, sebab dalam analisis ini anda perlu melakukan berulang-ulang hingga syarat minimal nilai KMO, Bartlett's Sphericity, MSA dan Communalities terpenuhi. Oleh karena itu, silahkan anda baca artikel selanjutnya, yaitu:
Asumsi Analisis Faktor dengan SPSS dan .

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

8 comments:

  1. pak, saya reza suryadinata. alamat jl.cibubur 7 no.70 judul saya : faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian vcd bajakan. uji analisis faktor. mohon balesan dan bantuannya

    ReplyDelete
  2. pak mau tanya apa untuk melakukan analisis faktor sebelumnya juga perlu dilakukan uji asumsi klasik pada data yang terkumpul? pengumpulan data saya menggunakan kuesioner dan sebelumnya sudah dilakukan uji validitas n reliabilitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dipahami bahwa asumsi klasik pada analisis faktor diperiksa setelah melakukan analisis faktor. Anda pelajari artikel saya tentang Asumsi Analisis Faktor dengan SPSS

      Delete
  3. pak anwar sy kesulitan melakukan uji regresi logistik utk mncari faktor resiko yang paling berperan terhdp suatu penyakit, mohon bantuannya pak,sdh dikejar pembimbing nih pak :(

    ReplyDelete
  4. maaf pak, yg dimaksud dgn FAC1_1 s/d FAC1_3 itu apa ya pak? dan angkanya diperoleh dari mana?
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu score factor, untuk mempelajari score factor, silahkan baca artikel saya: Interprestasi Analisis Faktor.

      Delete

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini