Tabel Mann Whitney Sebagai Tabel Pembanding

2
273

Mann Whitney Tabel dengan Excel

Tabel Mann Whitney U Test adalah tabel yang berisi nilai pembanding  terhadap uji mann Whitney U Test dengan tujuan untuk menetapkan tingkat signifikansi dalam rangka seorang peneliti berupaya mengambil sebuah keputusan dalam menjawab hipotesis berdasarkan analisis mann Whitney U Test.

Dalam menentukan apakah hasil uji Mann Whitney U Test signifikan atau tidak, maka caranya adalah dengan membandingkan antara Mann Whitney U Test hitung dengan Mann Whitney U Test Tabel pada probabilitas tertentu misal 0,05. Mann Whitney U Test hitung diberi simbol U. Nilai U inilah yang akan kita bandingkan. Mari kita pelajari apa itu mann whitney table atau yang kita sebut dengan lidah indonesia sebagai Tabel Mann Whitney U Test.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, statistikian coba membuat sebuah artikel yang membahas tentang bagaimana cara baca tabel mann whitney sekaligus juga cara membuatnya. Meskipun tampaknya, tabel statistik yang satu ini tidak lazim atau bisa disebut jarang digunakan karena telah banyak yang memilih menggunakan software statistik seperti SPSS, kami tetap coba share kepada para pembaca. harapannya para pembaca yang mungkin sebagian besar adalah mahasiswa, bisa mendapatkan referensi tentang tabel statistik.

Contoh tabel Mann Whitney

Agar tidak terkesan bertele-tele, langsung saja kita tancap gas. Berikut di bawah ini adalah contoh penampakan tabel mann whitney atau yang oleh orang inggris sana disebut dengan istilah Mann Whitney Table.

Tabel Mann Whitney
Tabel Mann Whitney

 

Tabel Mann Whitney

Berikut kami tampilkan nilai Mann Whitney tabel dalam bentuk Excel.

Cara Baca Tabel Mann Whitney U Test

Bagaimana cara menginterprestasikan Mann Whitney tabel?
Caranya adalah dengan menentukan jumlah sampel atau observasi pada tiap kelompok. Jumlah observasi maksimal adalah 20. Dan kelompok dengan observasi terbanyak harus menjadi n1. Dan kelompok dengan observasi paling sedikit menjadi n2.

Bagaimana bila jumlah observasi atau sampel lebih dari 20?
Gunakan uji yang identik dengan uji ini, yaitu uji Wilcoxon Rank Sum Test dan sebagai pembandingnya gunakan Wilcoxon Tabel.

Apa yang dimaksud dengan n1 dan n2?
n1 adalah jumlah sampel atau observasi kelompok dengan jumlah sampel terbanyak. Sedangkan n2 adalah jumlah sampel atau observasi dengan jumlah kelompok sampel paling sedikit.

Bagaimana jika jumlah sampel sama?
Jika jumlah sampel sama, maka bebas pilih n1 dan n2.

Setelah kita tentukan n1 dan n2, maka selanjutnya tentukan batas kritis penelitian atau yang biasa disebut dengan probabilitas, misal 0,01; 0,02;0,05. Yang lazim digunakan adalah 0,05.

Probabilitas Dalam Tabel mann Whitney

Selanjutnya nilai Mann Whitney Tabel ditunjukkan pada kelompok tabel probabilitas tertentu, misal 0,05 dan pada n1 misal 15 sampel serta n2 misal 13 sampel. Maka Mann Whitney tabelnya adalah 54.

Bagaimana cara pengambilan keputusan untuk menjawab hipotesis?
Apabila Mann Whitney Hitung < Mann Whitney tabel, maka Ada perbedaan yang bermakna atau menolak H0 dan menerima H1.

By Anwar Hidayat

2 KOMENTAR

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......