Dalam menentukan apakah hasil uji Mann Whitney U Test signifikan atau tidak, maka caranya adalah dengan membandingkan antara Mann Whitney U Test hitung dengan mann Whitney U Test Tabel pada probabilitas tertentu misal 0,05. Mann Whitney U Test hitung diberi simbol U. Nilai U inilah yang akan kita bandingkan. Berikut kami tampilkan nilai Mann Whitney tabel dalam bentuk Excel. Apabila Mann Whitney Hitung < Mann Whitney tabel, maka Ada perbedaan yang bermakna atau menolak H0 dan menerima H1.



Mann Whitney Tabel dengan Excel

Dalam menentukan apakah hasil uji Mann Whitney U Test signifikan atau tidak, maka caranya adalah dengan membandingkan antara Mann Whitney U Test hitung dengan Mann Whitney U Test Tabel pada probabilitas tertentu misal 0,05. Mann Whitney U Test hitung diberi simbol U. Nilai U inilah yang akan kita bandingkan.

Mann Whitney Tabel
Mann Whitney Tabel

Berikut kami tampilkan nilai Mann Whitney tabel dalam bentuk Excel.



Bagaimana cara menginterprestasikan Mann Whitney tabel?
Caranya adalah dengan menentukan jumlah sampel atau observasi pada tiap kelompok. Jumlah observasi maksimal adalah 20. Dan kelompok dengan observasi terbanyak harus menjadi n1. Dan kelompok dengan observasi paling sedikit menjadi n2.

Bagaimana bila jumlah observasi atau sampel lebih dari 20?
Gunakan uji yang identik dengan uji ini, yaitu uji Wilcoxon Rank Sum Test dan sebagai pembandingnya gunakan Wilcoxon Tabel.

Apa yang dimaksud dengan n1 dan n2?
n1 adalah jumlah sampel atau observasi kelompok dengan jumlah sampel terbanyak. Sedangkan n2 adalah jumlah sampel atau observasi dengan jumlah kelompok sampel paling sedikit.

Bagaimana jika jumlah sampel sama?
Jika jumlah sampel sama, maka bebas pilih n1 dan n2.

Setelah kita tentukan n1 dan n2, maka selanjutnya tentukan batas kritis penelitian atau yang biasa disebut dengan probabilitas, misal 0,01; 0,02;0,05. Yang lazim digunakan adalah 0,05.

Selanjutnya nilai Mann Whitney Tabel ditunjukkan pada kelompok tabel probabilitas tertentu, misal 0,05 dan pada n1 misal 15 sampel serta n2 misal 13 sampel. Maka Mann Whitney tabelnya adalah 54.

Bagaimana cara pengambilan keputusan untuk menjawab hipotesis?
Apabila Mann Whitney Hitung < Mann Whitney tabel, maka Ada perbedaan yang bermakna atau menolak H0 dan menerima H1.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

2 comments:

  1. bagaimana jika n1 = 15 dan n2= 22?
    saya membutuhkan tabel U untuk Mann Whitney namun tidak pernah bs menemukannya.
    mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila n > 20, maka gunakan uji yang identik dengan Mann Whitney, yaitu Wilcoxon Rank Sum Test. Baca di http://statistikian.blogspot.com/2014/04/wilcoxon-rank-sum-test.html

      Delete

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini