Uji Independen T Test dengan menggunakan aplikasi Minitab. Pada menu, klik Stat, Basic Statistics, 2 sampel T. Kemudian centang Samples in different column, masukkan kelompok A ke kotak First, masukkan kelompok B ke kotak Second, centang Assume Equal Variance jika kedua data Homogen dan jangan centang jika tidak Homogen. Hasilnya nilai t hitung sebesar -3,25 pada degree of freedom (df) 18 dengan p value sebesar 0,004 di mana lebih kecil dari pada batas kritis 0,05 sehingga jawaban hipotesis adalah menerima H1.



Independen T Test dengan Minitab

Berbagai artikel tentang Independen T Test sudah kita bahas sebelumnya seperti pada artikel berjudul Independen T Test dengan STATA. Saat ini kita akan melakukan uji Independen T Test dengan menggunakan aplikasi Minitab. Jadi langsung saja kita menuju ke pembahasan utama.

Langkah awal silahkan download file kerja DI SINI.

Buka file kerja yang anda download kemudian lihat pada dataview, tampilannya sebagai berikut:

Independen T Test Dataview Minitab
Independen T Test Dataview Minitab

Data anda menunjukkan bahwa ada 2 kelompok yang diuji perbedaannya, yaitu kelompok A dan B di mana masing-masing jumlah sampelnya ada 10 sampel.

Pada menu, klik Stat, Basic Statistics, 2 sampel T. Kemudian centang Samples in different column, masukkan kelompok A ke kotak First, masukkan kelompok B ke kotak Second, centang Assume Equal Variance jika kedua data Homogen dan jangan centang jika tidak Homogen.

Independen T Test Minitab
Independen T Test Minitab

Klik tombol Graphs, centang semuanya: Individual value plot dan Boxplots of data. Tekan OK.

Independen T Test Minitab Graph
Independen T Test Minitab Graph

Klik tombol Options, tentukan derajat kepercayaan penelitian, standartnya adalah 95,0 (95%). Biarkan Test difference tetap 0 dan Alternatif not equal. Tekan OK.


Independen T Test Minitab CI
Independen T Test Minitab CI

Pada jendela utama tekan OK dan lihat output!

Independen T Test Minitab Individual Plot
Independen T Test Minitab Individual Plot

Individual value plot di atas diatas menunjukkan nilai-nilai sampel masing-masing kelompok dan perbedaan Mean (rata-rata) kedua kelompok di mana kelompok B lebih besar dari pada kelompok A.

Independen T Test Minitab Boxplot
Independen T Test Minitab Boxplot

Boxplot di atas juga perbedaan Mean kedua kelompok serta menunjukkan variance masing-masing kelompok.

Independen T Test Minitab Output
Independen T Test Minitab Output


Output di atas menunjukkan bahwa Mean kelompok A sebesar 25,3 dengan standart deviasi 15,9 sedangkan kelompok B Mean sebesar 56,3 dengan standart deviasi 25,6. Maka Mean kelompok B lebih tinggi dari Mean kelompok B dengan selisih -31.

Apakah besarnya selisih -31 di atas dapat membuktikan secara statistik bahwa memang terdapat perbedaan antara kelompok A dan B, maka digunakanlah uji independen t test. Hasilnya nilai t hitung sebesar -3,25 pada degree of freedom (df) 18 dengan p value sebesar 0,004 di mana lebih kecil dari pada batas kritis 0,05 sehingga jawaban hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean yang bermakna/signifikan antara kelompok A dan B.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini