Tutorial Uji Independen T Test dengan STATA

0
148
Tutorial Independen T Test STATA
Tutorial Independen T Test STATA

Independen T Test dengan STATA

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang tutorial melakukan uji Independen T Test dalam Excel. Banyak sekali pengetahuan yang kita dapat yaitu asumsi atau syarat dari uji Independen T Test. Secara garis besar asumsinya antara lain: Kedua kelompok berdistribusi normal dan kedua kelompok memiliki varians yang sama atau disebut homogen. Mari kita pelajari tutorial Independen T Test dengan STATA secara seksama.

Untuk Uji normalitas dengan STATA silahkan baca tentang Normalitas dengan STATA. Sedangkan untuk uji homogenitas, silahkan baca Homogenitas dengan STATA.

Setelah anda pastikan bahwa asumsi telah terpenuhi, selanjutnya kita akan melakukan uji Independen T Test dengan STATA ini. Langkah pertama anda adalah download file kerja dalam tutorial ini  DI SINI.

Setelah anda download, maka bukalah dengan STATA yang anda miliki dan tampilan datanya adalah sebagai berikut:

Independen T Test STATA Dataset
Dataset Independen T Test dengan STATA

Tutorial Independen T Test dengan STATA

Selanjutnya pada menu, klik Statistics, (Summaries, tables, and tests), Classical tests of hypotheses, Two-sample means comparisons-test. Selanjutnya masukkan variabel A ke kotak First Variable dan masukkan variabel B ke kotak Second Variable.

Independen T Test dengan STATA
Independen T Test dengan STATA

Selanjutnya tekan OK dan lihat output!

Beda Mean pada Independen T Test dengan STATA

Independen T Test STATA Output
Independen T Test STATA Output

Berdasarkan output di atas, Mean variabel A sebesar 25,3 sedangkan mean variabel B sebesar 56,3. Maka selisihnya sebesar -31. Oleh karena selisihnya negatif maka disimpulkan bahwa kelompok pertama yaitu variabel A memiliki Mean lebih rendah dari pada kelompok kedua yaitu variabel B.

Jawaban Hipotesis Independen T Test dengan STATA

Nilai T Hitung sebesar -3,2500 dengan P Value sebesar Pr(|T| > |t|) = 0.0044 pada degree of freedom (DF) 18. DF disini adalah jumlah sampel total pada kedua kelompok dikurangi 2 (N-2 = 18). Karena nilai 0,0044 kurang dari batas kritis 0,05 maka keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean yang bermakna antara kedua variabel A dan B.

Independen T Test dengan STATA: Alternatif Jika Asumsi Homogenitas Tidak Terpenuhi

Langkah di atas dilakukan apabila hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa asumsi homogenitas terpenuhi. Apabila tidak maka alternatifnya adalah menguji dengan uji Eta. Caranya hampir sama dengan di atas, hanya saja dengan mencentang Unequal Variance.

Independen T Test STATA Eta
Independen T Test dengan STATA Eta

Selanjutnya tekan OK dan lihat output!

Independen T Test STATA Eta Output
Independen T Test STATA Eta Output

Jawaban Hipotesis Independen T Test dengan STATA Jika Homogenitas Tidak Terpenuhi

Nilai T Hitung sebesar -3,2500 dengan P Value sebesar Pr(|T| > |t|) = 0.0054 pada DF = 15.0135. DF disini disebut dengan Satterthwaite’s degrees of freedom =  15.0135. Karena nilai 0,0054 kurang dari batas kritis 0,05 maka keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean yang bermakna antara kedua variabel A dan B.

Koreksi Welch’s Untuk Independen T Test dengan STATA

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan koreksi dari Welch. Caranya adalah dengan mencentang Unequal variance dan Welch.

Independen T Test STATA Welch
Independen T Test STATA Welch

Selanjutnya tekan OK dan lihat output!

Independen T Test STATA Welch Output
Independen T Test STATA Welch Output

Nilai T Hitung sebesar -3,2500 dengan P Value sebesar Pr(|T| > |t|) = 0.0049 pada DF = 16.3498. DF disini disebut dengan Welch’s degrees of freedom =  16.3498. Karena nilai 0,0049 kurang dari batas kritis 0,05 maka keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean yang bermakna antara kedua variabel A dan B.

Artikel selanjutnya adalah: Independen T Test dengan Minitab.

By Anwar Hidayat

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......