Apakah bisa melakukan uji Kruskall Wallis dengan menggunakan aplikasi minitab? Jawabannya adalah bisa. Maka dalam kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan sedikit pengetahuan tentang uji tersebut dalam aplikasi minitab. Pada menu klik Stat, Nonparametric. Setelah muncul jendela baru, masukkan variabel Nilai ke kotak Response dan masukkan variabel perlakuan ke kotak Factor. Untuk uji Post Hoc setelah Kruskall Wallis, anda dapat menggunakan uji Mann Whitney U Test. Bagaimana caranya dalam minitab? Akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.



Kruskall Wallis dengan Minitab

Apakah bisa melakukan uji Kruskall Wallis H dengan menggunakan aplikasi minitab? Jawabannya adalah bisa. Maka dalam kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan sedikit pengetahuan tentang uji tersebut dalam aplikasi minitab. Oleh karena pembahasan tentang Kruskall Wallis  telah banyak sekali pada artikel-artikel sebelumnya, terutama pada artikel tentang , maka di sini penulis hanya membagikan tutorial cara melakukannya saja.

Langkah pertama anda harus mendownload file kerja dalam tutorial ini DI SINI. Jika tidak anda bisa menggunakan file kerja pada artikel sebelumnya dan lakukan copy paste pada dataset minitab.

Setelah anda download silahkan masukkan data sebagai berikut:

Dataset Kruskall Wallis Minitab
Dataset Kruskall Wallis Minitab

Pada menu, klik Graph, Histogram, pilih Wit Fit and Groups. Kemudian masukkan variabel Nilai ke kotak Graph Variables dan masukkan masukkan variabel Perlakuan ke kotak Categorical variables for grouping (0-3).

Histogram Proses Kruskall Wallis Minitab
Histogram Proses Kruskall Wallis Minitab

Klik tombol Data View kemudian centang semuanya (Bars, Symbols, Project Lines, Area). Tekan OK.

Histogram Line Plot Proses Kruskall Wallis Minitab
Histogram Line Plot Proses Kruskall Wallis Minitab

Pada jendela utama tekan OK, maka akan muncul Histogram sebagai berikut:

Histogram Output Kruskall Wallis Minitab
Histogram Output Kruskall Wallis Minitab

Histogram di atas menunjukkan bahwa bentuk sebaran data dari ketiga kelompok perlakuan tidak sama, maka uji Kruskall Wallis nantinya hanya dapat digunakan untuk menguji perbedaan Mean saja. Jadi perbedaan Median di sini tidak dapat dibuktikan.

Pada menu klik Stat, Nonparametric. Setelah muncul jendela baru, masukkan variabel Nilai ke kotak Response dan masukkan variabel Perlakuan ke kotak Factor

Kruskall Wallis Minitab
Kruskall Wallis Minitab

Selanjutnya tekan OK dan lihat Output!

Output Kruskall Wallis Minitab
Output Kruskall Wallis Minitab

Nilai Kruskall Wallis H ditunjukkan dengan nilai H yaitu 7,77 pada DF 2 dengan P Value 0,021 di mana lebih kecil dari batas kritis 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti Perlakuan memberikan perbedaan yang bermakna terhadap Nilai. Nilai Kruskall Wallis dengan memperhatikan TIES juga tidak jauh beda, yaitu sebesar 7,78 pada DF 2 dengan p value 0,020 di mana masih lebih kecil dari pada batas kritis 0,05.

Untuk uji Post Hoc setelah Kruskall Wallis, anda dapat menggunakan uji Mann Whitney U Test. Bagaimana caranya dalam minitab? Jawabannya dibahas dalam artikel Mann Whitney U Test dengan Minitab.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini