Tutorial uji Mann Whitney U Test dengan menggunakan aplikasi Minitab. Berdasarkan Output di atas, nilai W sebesar 78,5 dengan P Value sebesar 0,0494 di mana nilainya lebih kecil dari batas kritis 0,05 sehingga keputusan hipotesis menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean dan Median yang bermakna antara variabel A dan B. Nilai P value yang memperhatikan Ties juga menunjukkan nilai yang tidak jauh beda, yaitu 0,0492 di mana kurang dari 0,05 sehingga juga menerima H1.



Mann Whitney U Test dengan Minitab

Dalam kesempatan ini penulis ingin berbagi tutorial uji Mann Whitney U Test dengan menggunakan aplikasi Minitab. Agar anda dapat memahami lebih rinci, maka sebaiknya anda baca artikel sebelumnya yaitu: . Sehingga dalam kesempatan ini penulis langsung saja masuk pada tahapan langkah pengujian.

Sebelumnya anda perlu mendownload file dalam tutorial ini DI SINI.

Setelah anda download, buka dengan aplikasi Minitab anda, maka akan tampak data sebagai berikut:

Mann Whitney Dataset Minitab
Mann Whitney Dataset Minitab

Data di atas terdiri dari 2 kolom yaitu A dan B. Karena uji Mann Whitney U Test digunakan untuk mengukur perbedaan Mean dan Median 2 kelompok, maka dalam hal ini kita asumsikan bahwa masing-masing kolom tersebut adalah 2 kelompok data.

Pada menu, klik Graph, Histogram dan pilih With Fit kemudian tekan OK. Selanjutnya masukkan 2 Variabel yang akan diuji, yaitu A dan B ke dalam kotak Graph Variables.

Mann Whitney Histogram Proses Minitab
Mann Whitney Histogram Proses Minitab

Tekan tombol Data View kemudian centang semua.

Mann Whitney Histogram Line Plot Minitab
Mann Whitney Histogram Line Plot Minitab

Tekan tombol Multiple Graphs kemudian pilih Overlaid on the same graph, selanjutnya tekan OK.

Mann Whitney Histogram Multiple GraphsMinitab
Mann Whitney Histogram Multiple GraphsMinitab

Pada jendela utama tekan OK dan lihat kemudian akan muncul 2 Histogram yang menjadi satu.

Mann Whitney Histogram Minitab
Mann Whitney Histogram Minitab

Anda perhatikan Histogram di atas, tampak sekali bahwa berdasarkan garis normal curve, bentuk dan sebaran data kedua variabel sama. Oleh karena sama maka hasil dari uji Mann Whitney U Test nantinya dapat digunakan mengukur perbedaan Mean dan Median kedua kelompok.

Selanjutnya pada menu, klik Stat, Nonparametrics, Pilih Mann Whitney. Setelah jendela baru terbuka, masukkan variabel A ke kotak First Sample dan masukkan variabel B ke kotak Second Sample. Biarkan Confidence level tetap 95,0.


Mann Whitney Proses Minitab
Mann Whitney Proses Minitab

Kemudian Tekan OK dan lihat Output!


Mann Whitney Output Minitab
Mann Whitney Output Minitab

Berdasarkan Output di atas, nilai W sebesar 78,5 dengan P Value sebesar 0,0494 di mana nilainya lebih kecil dari batas kritis 0,05 sehingga keputusan hipotesis menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan Mean dan Median yang bermakna antara variabel A dan B. Nilai P value yang memperhatikan Ties juga menunjukkan nilai yang tidak jauh beda, yaitu 0,0492 di mana kurang dari 0,05 sehingga juga menerima H1.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini