Tutorial Student T Test dengan SPSS

4
172
Student T Test SPSS
Student T Test SPSS

Student T Test dengan SPSS

Student T test adalah uji yang mengukur tingkat signifikansi perbedaan Mean sekelompok data dengan sebuah nilai Mean dari kelompok tertentu tau Mean yang telah ditentukan. Setelah anda mempelajari Uji T , kini saatnya mempelajari cara melakukan uji student test dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dalam artikel Student T Test ini, kita akan bahas tutorial Uji T Student menggunakan aplikasi SPSS.

Materi Uji Student T Test dengan SPSS

Pertama kali silahkan anda download file kerja dalam tutorial ini DI SINI. Kemudian buka dengan aplikasi anda.

Apabila sudah terbuka, maka tampak dataset sebagai berikut:

Student T Test dengan SPSS
Student T Test dengan SPSS

 

Perhatikan di atas, bahwa kita memiliki data tinggi badan 20 sampel siswa SD kelas 6 di sekolah A. Kemudian hipotesis yang diajukan adalah: apakah ada perbedaan antara rata-rata tinggi badan siswa SD kelas 6 sekolah A dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan standart nasional?

Asumsi Uji Student T Test Dengan SPSS

Sebelum uji t student kita lakukan, pertama kali kita harus melakukan uji outlier dan uji normalitas dengan menggunakan uji shapiro wilk. Caranya sudah kami bahas dalam Normalitas pada SPSS. Jika cara anda benar, maka akan mendapatkan output sebagai berikut:

Normalitas Output Student T Test
Normalitas Output uji t Student

 

Tampak bahwa Sig uji Shapiro wilk sebesar 0,465 di mana lebih besar dari batas kritis 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal.

Normal QQ Student T Test
Normal QQ Uji T Student
Stem-leaf Student T Test
Stem-leaf Uji T Student
Box-plot Student T Test
Box-plot Uji T Student

 

Grafik Normalitas Uji T Student

Dengan Normal QQ plot, tampak bahwa tidak ada plot yang terpisah jauh dengan kelompoknya atau terpisah jauh dari garis lurus. Begitu pula stem-leaf tidak menunjukkan adanya nilai ekstrem. Box-plot tidak menunjukkan adanya plot di atas atau di bawah box-plot. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat outlier.

Setelah kita pastikan tidak ada masalah asumsi, selanjutnya kita lakukan uji student t test. Pada Menu, klik Analyze, Compare Means, One sample t test. Jika jendela telah terbuka, masukkan variabel yang akan kita uji yaitu tinggi badan ke dalam kotak Test Variable(s). Pada kolom Test Value, isi dengan rata-rata yang akan kita bandingkan (mean spesifik) yaitu rata-rata tinggi badan standart nasional sebesar 150.

Student T Test SPSS
Student T Test SPSS

 

Selanjutnya tekan OK dan lihat Output.

Student T Test SPSS Descriptive
Student T Test SPSS Descriptive

 

Interprestasi Uji T Student Dengan SPSS

Output di atas menunjukkan jumlah sampel yang digunakan yaitu N = 2. Besarnya rata-rata sampel yaitu Mean = 1.4550E2 atau 145,50. Besarnya standart deviasi yaitu S = 8,03610. Dan besarnya Standart Error of mean yaitu 1,79693.

Output Student T Test SPSS
Output Student T Test SPSS

 

Output di atas menunjukkan selisih perbedaan antara mean sampel (145,50) dengan mean spesifik (150) yaitu Mean Differences = 145,50 – 150 = -4,500. degree of freedom (DF) yaitu N – 1 = 20 – 1 = 19. Nilai t hitung sebesar -2,504. Maka untuk pengujian 2 pihak, kita bandingkan nilai t hitung tersebut dengan t tabel pada df 19 dan probabilitas 0,05 yaitu t tabel sebesar 2,093.

Pelajari cara membuat r tabel dan t tabel di: Cara Membuat R Tabel dalam Excel.

Signifikansi Uji T Student Dengan SPSS

Apabila t hitung > t tabel atau -t hitung < -t tabel, maka perbedaan signifikan atau H1 diterima dan H0 ditolak. Dalam kasus di atas: -2,504 < -2,093 maka keputusan hipotesis adalah menerima H1 dan menolak Ho atau yang berarti dalam derajat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata sampel dengan rata-rata standart nasional.

Cara lain untuk menjawab hipotesis adalah dengan melihat nilai p value atau di atas ditunjukkan dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,022 di mana kurang dari batas kritis 5% atau 0,05 maka kesimpulannya adalah menerima H1 dan menolak Ho atau yang berarti dalam derajat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata sampel dengan rata-rata standart nasional.

Demikian tutorial uji student t test dengan SPSS, semoga bermanfaat bagi para peneliti dalam penelitiannya. Selanjutnya pelajari tentang rumus Uji T Student di: Student T Test dengan Excel.

By Anwar Hidayat

4 KOMENTAR

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......