Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

1
119

Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Setelah kita mempelajari uji Wilcoxon Signed Rank Test dan juga sudah dapat melakukan uji tersebut dengan menggunakan aplikasi SPSS seperti yang telah dibahas dalam , maka saatnya kita mencoba untuk mempelajari dengan menggunakan aplikasi STATA. Baiklah kita mulai Tutorial Cara Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA.

Sebelum melangkah lebih jauh, kiranya anda mendownload terlebih dahulu file kerja dalam tutorial ini DI SINI.

Setelah anda download kemudian buka data editor, maka akan tampak dataset sebagai berikut:

Dataset pada Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA
Dataset pada Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Uji Normalitas pada Paired T Test

Untuk memastikan apakah memang selisih atau differences antara pretest dan posttest berdistribusi tidak normal, maka kita hitung terlebih dahulu nilai differences tersebut. Caranya pada Command, anda ketikkan formula: gen diff=pretest-posttest. Artinya kita membuat variabel baru bernama “diff” yang merupakan hasil pengurangan pretest dengan posttest. Selanjutnya tekan enter.

Hitung Selisih pada Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA
Hitung Selisih pada Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Jika langkah anda benar, maka pada data editor akan bertambah satu variabel bernama “diff”, seperti di bawah ini.

Wilcoxon Signed STATA Diff Dataset
Wilcoxon Signed STATA Diff Dataset

Uji Normalitas Shapiro Wilk dengan STATA

Selanjutnya kita uji normalitas variabel baru tersebut (diff) dengan menggunakan uji Shapiro Wilk. Untuk caranya anda bisa baca artikel kami yang berjudul: Normalitas pada STATA. Jika cara anda benar, maka output yang dihasilkan seperti di bawah ini:

Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA: Shapiro Wilk
Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA: Shapiro Wilk

Selisih Pre dan Post Distribusi Tidak Normal Menjadi Alasan Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Output di atas menunjukkan nilai P value uji Shapiro Wilk (Prob>z) sebesar 0,01966 di mana kurang dari batas kritis 0,05 sehingga dapat disimpulkan menerima H1 atau yang berarti variabel diff berdistribusi tidak normal. Oleh karenanya sebagai alternatif uji paired t test, adalah uji Wilcoxon Signed Rank Test yang kita bahas saat ini.

Tutorial Cara Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Untuk melakukan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA, maka pada Command ketikkan formula: signrank pretest=posttest. Kemudian tekan enter.

Command Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA
Command Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Dalam formula di atas, signrank berarti uji Wilcoxon Signed Rank Test. pretest adalah variabel pertama (pretest) dan posttest adalah variabel kedua (posttest). Tentunya jika variabel anda berbeda namanya, misal “Sebelum” dan “Sesudah” maka formula yang ditulis adalah: signrank sebelum=sesudah.

Output Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Maka outputnya sebagai berikut:

Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA
Output: Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Cara Baca Tutorial Cara Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA

Berdasarkan metode perhitungan yang dilakukan di dalam rumus Wilcoxon Signed Rank Test, nilai-nilai yang di dapat adalah: nilai sum ranks dari kelompok negatif ranks, positive ranks dan ties. Negatif ranks artinya sampel dengan nilai kelompok kedua (posttest) lebih rendah dari nilai kelompok pertama (pretest).

Positive ranks adalah sampel dengan nilai kelompok kedua (posttest) lebih tinggi dari nilai kelompok pertama (pretest). Sedangkan ties adalah nilai kelompok kedua (posttest) sama besarnya dengan nilai kelompok pertama (pretest). Simbol N menunjukkan jumlahnya dan sum ranks adalah jumlah dari peringkatnya.

Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test dengan STATA, maka nilai Z yang didapat sebesar -2,731 dengan p value (Prob > |z|) sebesar 0,0063 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,050 sehingga keputusan hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest.

By Anwar Hidayat

1 KOMENTAR

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......