Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Dalam Metodologi, peneliti menggunakan berbagai kriteria yang berbeda untuk memecahkan masalah penelitian yang ada. Manfaat Metodologi Penelitian: Menggunakan metodologi penelitian, peneliti dapat memudahkan pekerjaannya agar sampai pada tahap pengambilan keputusan atau kesimpulan-kesimpulan. Apabila kita sudah memahami arti dan manfaat dari metodologi penelitian, maka kita akan sampai pada pertanyaan: ada berapa macam metode penelitian.



Metodologi Penelitian

Definisi Metodologi

Metodologi penelitian merupakan sebuah cara untuk mengetahui hasil dari sebuah permasalahan yang spesifik, dimana permasalahan tersebut disebut juga dengan permasalahan penelitian. Dalam Metodologi, peneliti menggunakan berbagai kriteria yang berbeda untuk memecahkan masalah penelitian yang ada. Sumber yang berbeda menyebutkan bahwa penggunaan berbagai jenis metode adalah untuk memecahkan masalah. Jika kita berpikir tentang kata "Metodologi", itu adalah cara mencari atau memecahkan masalah penelitian. (Research Institute Industrial, 2010).


Metodologi Penelitian
Metodologi Penelitian


Dalam Metodologi Penelitian, peneliti selalu berusaha untuk mencari pertanyaan yang diberikan dengan cara-cara yang sistematis yang digunakan dan berupaya untuk mengetahui semua jawaban sampai dapat mengambil kesimpulan. Jika penelitian tidak dilakukan secara sistematis pada masalah, akan lebih sedikit kemungkinannya untuk dapat mengetahui hasil akhir. Untuk menemukan atau menjelajahi pertanyaan penelitian, peneliti akan menghadapi berbagai permasalahan,  dimana semua itu baru dapat diselesaikan secara efektif jika menggunakan metodologi penelitian yang benar (Industrial Research Institute, 2010).

Dalam istilah sederhana, metodologi dapat diartikan sebagai, memberikan sebuah ide yang jelas tentang metode apa atau peneliti akan memproses dengan cara bagaimana di dalam penelitiannya agar dapat mencapai tujuan penelitian. Dalam rangka untuk merencanakan proses penelitian secara keseluruhan dan agar penelitian dapat selesai tepat waktu serta penelitian berjalan di arah yang benar, maka peneliti haruslah hati-hati dalam memilih metodologi penelitian. Sehingga proses pemilihan metode penelitian adalah bagian yang sangat penting di dalam proses penelitian. Dengan kata lain; Metodologi penelitian berguna dalam rangka memetakan pekerjaan penelitian secara keseluruhan dan memberikan kredibilitas kepada hasil penelitian yang dicapai nantinya.

Kesimpulan dari berbagai pengertian tentang metodologi penelitian di atas, menurut versi statistikian adalah: metodologi penelitian adalah sebuah upaya sistematis dalam rangka pemecahan masalah yang dilakukan peneliti agar dapat menjawab permasalahan-permasalahan atau fenomena yang terjadi. Dengan menggunakan metodologi penelitian, peneliti akan dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan. Serta kesimpulan-kesimpulan tersebut dapat dipercaya, sebab menggunakan pengukuran-pengukuran secara scientific.

Manfaat Metodologi Penelitian

Manfaat metodologi penelitian adalah:
  1. Menggunakan metodologi penelitian, peneliti dapat memudahkan pekerjaannya agar sampai pada tahap pengambilan keputusan atau kesimpulan-kesimpulan.
  2. Menggunakan metodologi penelitian, para peneliti dapat mengatasi berbagai keterbatasan yang ada, misalnya keterbatasan waktu, biaya, tenaga, etik, dan lain-lain.
  3. Kesimpulan yang diambil oleh peneliti dapat terpercaya.
  4. Kesimpulan yang diambil dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan.


Metode Penelitian

Apabila kita sudah memahami arti dan manfaat dari metodologi penelitian, maka kita akan sampai pada pertanyaan: ada berapa macam metode penelitian?
Berdasarkan berbagai sumber yang ada, Metode penelitian ada dua macam, yaitu metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Untuk penjelasan secara komprehensif pada dua jenis metode penelitian ini, statistikian sudah menjelaskannya dalam artikel lain dalam website ini. Silahkan baca:
  1. Penelitian Kuantitatif
  2. Penelitian Kualitatif


Namun, beberapa sumber yang lain menyebutkan bahwa selain metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, ada metode yang lain, yaitu korelasi dan analisis regresi serta Meta-Analysis. Statistikian tidak dapat menjelaskan mengapa korelasi, analisis regresi dan meta-analysis menjadi bagian yang lain dari pada metode kuantitatif dan kualitatif. Padahal menurut statistikian, korelasi dan analisis regresi merupakan bagian dari metode penelitian kuantitatif. Dan lebih tepat disebut sebagai jenis-jenis analisis dari pada disebut sebagai jenis metode penelitian. Hal ini menajadi pekerjaan rumah bagi statistikian dan juga para pembaca untuk menemukan jawabannya. Begitu juga Meta-Anaysis, statistikian berpendapat bahwa jenis ini termasuk ke dalam metode penelitian kualitatif. Silahkan para pembaca mencari jawaban sendiri terhadap wacana yang statistikian ajukan ini.

Agar pemahaman pembaca lebih komprehensif, silahkan baca artikel kami tentang Klasifikasi Penelitian dan Desain Penelitian.

References
Industrial Research Institute (2010) Research management. Michigan: Industrial Research Institute.

Statistikian

Statistikian

Blog Untuk Mempelajari Jenis Uji Statistik, Penelitian, SPSS dan Statistik Berbasis Komputer seperti excel, Stata dan Minitab. Bantuan Olah dan Analisa Data, SMS: 085748695938.

Tinggalkan Komentar:

0 comments:

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini