About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

6 Comments

  1. 1

    rizkipratama8

    Selamat siang mas, mau tanya apakah pada MANOVA variabel Independen “Wajib” berskala kategori atau boleh berskala lebih tinggi (Ordinal, interval, rasio)?

    Reply
    1. 1.1

      Anwar Hidayat

      Multivariat ANOVA, maka semua variabel bebas haruslah kategorik, kategorik artinya boleh nominal atau ordinal. Jika variabel bebas adalah campuran antara kategorik dan numerik, maka gunakan uji MANCOVA (Multivariat Ancova)

      Reply
  2. 2

    Dira

    siang, saya mau bertanya. apakah manova ini digunakan untuk uji beda atau menguji pengaruh? karena di website lain, manova ini dijelaskan untuk menguji perbedaan. terimakasih

    Reply
    1. 2.1

      Anwar Hidayat

      Sebenarnya fungsi MANOVA adalah untuk menilai perbedaan, namun bisa dianalogikan jika variabel bebas terbukti dapat memberikan sumbangan bermakna terhadap adanya perbedaan, maka disebut juga dengan memberikan pengaruh yang bermakna.

      Reply
  3. 3

    Roekmana

    Hallo mas, mau nanya, kalau pakai manova, bisa langsung mencari intraksi antar variabel tdk?

    Reply
    1. 3.1

      Anwar Hidayat

      Bisa menilai interaksi antar variabel bebas terhadap pengaruhnya pada variabel terikat

      Reply

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

2012 - 2018 statistikian all right reserved