About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

7 Comments

  1. 1

    binsar marulitua

    terima kasih. saya save dulu.

    Reply
  2. 2

    Cheva Nicuba (cuba)

    Terimakasih ka… saya ingin bertanya ka… kalau data yg saya olah dari Objek yg sama..kemudian data hanya 5. data Ahasilnya persentase sedangkan data B hasilnya adalah skor,dimana skor ini dapat di inteprestasikan dengan kategori. saya menggunakan uji korelasi apa ya ka?

    misalkan data A merupakan data dari 0% – tak terhingga%. data B menggunakan data berupa skor padapengolahan data , dimana skor tersebut akan diinteperestasikan kedalam kategori, kategori tersebut memiliki kategori
    0 – 20 = sangat rendah
    21-40 = randah
    41 – 60 = sedang
    61-80 = tinggi
    81-100 = sangat tinggi.

    mohon ka bantuannya

    Reply
    1. 2.1

      Anwar Hidayat

      Gunakan uji korelasi untuk skala data terendah. Data anda data A adalah skala interval, sedangkan data B skala ordinal. Maka gunakan uji spearman atau kendall tau.

      Reply
  3. 3

    Taetae

    Mas saya mau tanya. Judul saya Hubungan Tingkat Pengetahuan tentang diit dan aktivitas fisik dengan kadar gula darah pasien DM. Semua variabel berskala ordinal. Tingkat Pengetahuan (Cukup baik, baik), Aktivitas (Ringan, Sedang, Berat), Kadar Gula Darah (Tinggi, normal). Data berdistribusi tidak normal. Saya menggunakan uji spearman rho. Apakah sudah benar? Mohon bantuannya. Terimakasih.

    Reply
    1. 3.1

      Anwar Hidayat

      Data anda itu data ordinal semuanya, jadi tidak perlu uji normalitas. Langsung saja gunakan uji non parametris, dimana salah satunya adalah uji spearman rho.

      Reply
      1. 3.1.1

        Dita Komala Dewi

        Kak, mau tanya. Apalagi syarat uji kendall tau selain data berskala ordinal-ordinal ? Yang saya baca dibuku kalau spearman sampel nya kecil yaitu < 30 orang. Lalu bagaimana dg kendall? Thanks

        Reply
        1. 3.1.1.1

          Anwar Hidayat

          Tidak jauh beda dengan spearman, hanya saja spearman lebih diperuntukkan bagi data dari sumber yang berbeda. Sedangkan kendall tau dari sumber data yang sama.

          Reply

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

2012 - 2018 statistikian all right reserved