About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

7 Comments

  1. 1

    rohmah handayani

    terima kasih ulasan materinya
    tp masih bingung….pak sy mau tanya kalo misal saya mau meneliti gambaran tipe kepribadian pada pasien hipertensi, sy pengen tau gambaran tipe kepri A dan D pada ps hipertensi..berarti itu masuk deskriptif trus nanti berati pake case control/cross seksional ya pak??
    kalo pada deskriptif nanti menentukan variabel bgmana??

    Reply
  2. 2

    Anwar Hidayat

    Kalau variabel independen dan variabel dependen dapat diukur secara bersamaan dalam waktu yang sama tanpa ada pertemuan berikutnya, bisa disebut sebagai teknik cross sectional

    Reply
  3. 3

    Anonymous

    Tergantung bapak mau telitinya bagaimana, tapi menurut saya baiknya dengan case control. Karena dengan cohort tentu akan sangat sulit sebab perlu waktu lama dan perlu dipantau terus menerus kapan muncul hipertensinya.
    Variabel dependen dalam hal ini ialah hipertensi sedangkan independennya adalah kepribadian.
    Semoga membantu.

    Reply
  4. 4

    Anwar Hidayat

    Artikel ini hanya membahas tentang masing-masing desain penelitian berdaarkan arah waktu penelitian, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana melakukan analisis data, silahkan baca artikel kami lainnya. Terima Kasih.

    Reply
  5. 5

    Anonymous

    Kurang lengkap,pada penelitian case control,terus apanya yg diteliti..?dalam contoh kasusnya,typhoid diketahui,tapi tidak dicari penyebabnya,apakah karena dipengaruhi jajan dan tidak cuci tangan atau jajan dan cuci tangan.Mohon penerangannya mas om..,tak ctrl+D dulu sampai dapat jawabannya

    Reply
  6. 6

    Anwar Hidayat

    Biasanya desain penelitian case control dalam survey epidemiologi menggunakan uji chi-square, regresi logistik dan odds ratio. Tetapi jika bentuk hipotesanya asosiatif, maka dipersilahkan untuk menggunakan uji korelasi, tentunya dalam memilih jenis uji korelasi harus berdasarkan skala data dan sumber data.

    Reply
  7. 7

    Anonymous

    kalau aq mau penelitian prevalensi kejadian hipertensi terhadap obat asma aq pakai case control kalau analisa nya pake korelasi apa ya pak trima kasi

    Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved