About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

30 Comments

  1. 1

    Anwar Hidayat

    Hanya muncul pada SPSS versi 20. Untuk versi 16 ke bawah belum ada. Sedangkan versi 17 hingga 19 masih belum saya cek.

    Reply
  2. 2

    mong

    mau tanya, knp pas saya uji normalitas pake KS, pada outputnya tidak muncul tulisan "calculated from data" ?

    Reply
  3. 3

    Anwar Hidayat

    Saya memang tidak menyediakan dataset pada tutorial ini

    Reply
  4. 4

    zaidan Bin

    data Uji Normalitas dengan Kolmogorov Smirnov yang mana ya

    Reply
  5. 5

    Anwar Hidayat

    Tergantung pada tujuan dilakukan uji normalitas. Misal sebagai asumsi dari uji regresi linear, maka anda boleh melakukan transformasi atau membuang outlier. Jika tetap tidak normal, maka mengganti uji dengan uji non parametris.

    Reply
  6. 6

    Sandra Novianti

    kalo misalkan hasil ujinya idak berdistribusi normal gmn?

    Reply
  7. 7

    fadhila rahma

    terima kasih atas referensinya 🙂

    Reply
  8. 9

    Anwar Hidayat

    Uji Homogenitas itu melibatkan 2 atau beberapa variabel, jadi tidak tepat jika anda menyatakan yang tidak homogen pada 1 variabel

    Reply
  9. 10

    Anonymous

    selamat siang pak mau tanya ni, data saya menggunakan 2 variabel dan salah satu datanya tidak homogen bagaimana ya pak caranya saya menggunakan transformasi agar data saya dapat homogen. btuh bimbingan sedikit pak dengan cara yang mudah seperti menggunakan microsoft excel untuk melakukan transformasi data saya

    Reply
  10. 11

    Anonymous

    thankyou

    Reply
  11. 12

    Mila Febriani

    uji normalitas saya menunjukan 0,00 sig. berarti data tersebut belum dikatakan normal ya? teriamkasih

    Reply
  12. 13

    Anwar Hidayat

    Jika p value uji normalitas < 0,05 berarti terima h1 atau yang berarti distribusi tidak normal. Sebaliknya jika p value > 0,05 berarti terima h1 atau berdistribusi normal.

    Reply
  13. 14

    Anwar Hidayat

    Uji kolmogorov smirnov juga termasuk ke dalam salah satu uji non parametris.

    Reply
  14. 15

    Isti Fauziah

    apakah uji ini adalah uji nonparametrik?

    Reply
  15. 16

    dody sihite

    Mas saya mau bertanya: Uji KS pada SPSS versi 24 dan SPSS Versi 15 nilai sig. mengapa berbeda ya?

    Reply
    1. 16.1

      Anwar Hidayat

      Uji Kolmogorov Smirnov pada SPSS Versi 23 ke-atas memang berbeda dengan SPSS versi 22 atau dibawahnya, sebab pada versi 23 ke-atas tersebut, uji kolmogorov smirnov pada menu 1 sample KS adalah sebenarnya uji lilliefors, dimana sama dengan uji normalitas pada fungsi explore pada SPSS versi 22 atau dibawahnya.

      Reply
  16. 17

    Rizky

    mas maaf mau tanya, sebenernya jenis uji normalitas untuk asumsi uji anova one away yang tepat apa yah, dikarenakan saya disalahkan menggunakan uji normalitas p-p plot dan Uji kolmogorov smirnov oleh penguji skripsi :”).

    Reply
    1. 17.1

      Anwar Hidayat

      Tergantung jumlah sampelnya.

      Reply
  17. 18

    Sarah saprila

    Maaf mas saya mau tanyak saya kan menggunakan uji shapiro wilk, yang analyze, descriptive, explore dan hasil nya keluar sig shapiro 0,013 dan dilihat yg kolmogorov-nya 0,139. Yang ingin saya tanya apakah data saya berdistribusi normal atau tidak karena jika dilihat dari nilai sig shapiro < 0,05. Derajat kepercayaan saya 95%.

    Reply
    1. 18.1

      Anwar Hidayat

      Silahkan anda pilih, akankah menggunakan shapiro wilk atau kolmogorov (lilliefors correction).

      Reply
  18. 19

    Kamil

    Mas Anwar… saat uji normalitas dengan kolmogorov tetapi nilai sig < 0,05 …. adakah solusinya mas? dengan transformasi kah? Nuwun….

    Reply
    1. 19.1

      Anwar Hidayat

      Tergantung pada analisis hipotesis yang mensyaratkan uji normalitas tersebut. Jika merupakan syarat uji regresi linear, maka boleh dilakukan transformasi data.

      Reply
  19. 20

    Tegar Wahyudi

    untuk uji normalitas kuisioner dengan skala likert apakah perlu di jumlah tiap pertanyaan terlebih dahulu, atau langsung dimasukan seluruh jawaban yang ada. contoh responden A dengan menjawab 4 pertanyaan dengan jawaban sebagai berikut 3, 4, 5, 3. apakah langsung di inputkan atau perlu di jumlahkan jawaban persetiap pertanyaan.

    Reply
    1. 20.1

      Anwar Hidayat

      Kalau yang dimaksud dengan variabel adalah jumlah dari beberapa item soal, maka yang diuji normalitas adalah variabelnya atau jumlah dari beberapa item soal. Tetapi kita harus cek kembali, uji apa yang akan digunakan dalam menjawab hipotesis penelitian anda. Misal jika uji regresi linear berganda, maka yang diuji adalah residualnya, bukan variabelnya. Baca uji normalitas pada regresi linear berganda.

      Reply
  20. 21

    Tegar Wahyudi

    untuk uji normalitas kuisioner dengan skala likert apakah perlu di jumlah tiap pertanyaan terlebih dahulu, atau langsung dimasukan seluruh jawaban yang ada. contoh responden A dengan menjawab 4 pertanyaan dengan jawaban sebagai berikut 3, 4, 5, 3. responden B 3, 2, 3,1. jadi klau di jumlah responden A & B 6, 6, 8, 1. apakah langsung di inputkan atau perlu di jumlahkan jawaban persetiap pertanyaan.

    Reply
    1. 21.1

      Anwar Hidayat

      Jumlahnya saja, karena jumlah tersebut sebagai variabelnya. Jika digunakan untuk regresi linear, maka cukup uji normalitas pada residualnya. Baca artikel saya tentang uji normalitas pada regresi linear berganda.

      Reply
      1. 21.1.1
  21. 22

    eliza

    Selamat sore Mas. Saya menggunakan spss versi 23, namun pada saat uji 1 sample KS, hasilnya adalah .000. Apakah yg harus dilakukan ya mas?

    Reply
    1. 22.1

      Anwar Hidayat

      Uji KS pada SPSS versi 23 atau diatasnya adalah uji Lilliefors, seperti halnya menggunakan metode explore pada SPSS versi sebelumnya.

      Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved