Mann Whitney U Test dengan Excel

Mann Whitney U Test dengan Excel

Uji Mann Whitney selain dapat dilakukan dengan software SPSS, ternyata juga dapat dilakukan dengan Excel. Bagaimana caranya? ternyata mudah sekali. Mari kita mulai tutorial uji mann whitney u test dengan excel ini. Langsung anda siapkan data untuk pengujiannya sebanyak 11 sampel untuk kelompok A dan 10 sampel untuk kelompok B.

Sedikit review pada pembahasan artikel Mann Whitney U Test dan Mann Whitney U Test dengan SPSS, bahwasanya data berasal dari subjek yang berbeda dan jumlah sampel tiap kelompok boleh beda jumlahnya, misal seperti dalam tutorial ini yaitu 11 dan 10 sampel.

Mann Whitney U Test dengan Excel

Tutorial Uji Mann Whitney U Test dengan Excel

Tahap Tabulasi Data Mann Whitney

Buka aplikasi Excel anda dan isikan data seperti contoh di bawah ini. Atau anda dapat download DISINI.

Buat data array:

Kelompok A pada array A8:A18

Kelompok A pada array B8:B17

Tahap Membuat Peringkat

Buat rata-rata untuk kedua array kelompok di atas, caranya:

Ketik formula di sel A19: =AVERAGE(A8:A18) dan copas di sel B19.

Buat array peringkat rata-rata di sell D8:D18 untuk kelompok A dan di sell E8:E17 untuk kelompok B. Caranya: pada sell D8 ketikkan: =RANK.AVG(A8,A$8:A$18,1) dan copas hingga D18.

Pada sell E8 ketikkan formula: =RANK.AVG(B8,B$8:B$18,1) dan copas hingga E17.

Buat rata-rata untuk kedua array peringkat di atas, caranya:

Tahap Hitung Jumlah Sample Mann Whitney U Test dengan Excel

Ketik formula di sel D19: =AVERAGE(A8:A18) dan copas di sel E19.

Hitung banyaknya sampel untuk kedua kelompok, yaitu pada sel H7 ketikkan: =COUNT(A8:A18) dan copas di sel I7.

Referensikan rata-rata peringkat masing-masing array peringkat dengan cara ketikkan formula di sel H8: =D19, artinya merujuk pada sel D19. Pada sel I8: =E19, artinya merujuk pada sel E19.

Tahap Hitung Nilai U Mann Whitney U Test dengan Excel

Hitung nilai U masing-masing kelompok dengan mengetikkan formula di sel H9: =H7*I7+H7*(H7+1)/2-H8 dan copas di sel I9.

Tentukan probabilitas di sel H11, misal yang lazim digunakan 0,05 dengan pengujian 2 pihak yang anda tuliskan di sel H12.

Tentukan nilai U yang terpilih dari nilai U terkecil di antara 2 nilai U di atas, dengan mengetikkan formula di sel H13: =MIN(H9:I9).

Tahap Menjawab Hipotesis Mann Whitney U Test dengan Excel

Dapatkan nilai Mann Whitney Tabel pada probabilitas 0,05 dengan n1 sebesar jumlah sampel kelompok A yaitu 11 sampel dan n2 sebesar jumlah sampel kelompok B yaitu 10 sampel. Kemudian ketikkan Mann Whitney Tabel yang di dapat tadi di sel H14. Baca selengkapnya tentang Mann Whitney Tabel.

Jawab keputusan hipotesis, apakah nilai U yang didapat dapat menentukan apakah perbedaan mean kedua kelompok signifikan. Caranya pada sel H15, anda ketikkan: =IF(H13<H14,”yes”,”no”). Hasil “Yes” berarti Signifikan atau H1 diterima dan hasil “No” berarti Tidak Signifikan atau H0 diterima.

H1 diterima maksudnya ada perbedaan bermakna antara kedua kelompok. Sedangkan H0 diterima maksudnya tidak ada perbedaan bermakna antara kedua kelompok.

Demikian cara mudah melakukan uji Mann Whitney U Test dengan Excel. Selanjutnya pelajari uji yang identik dengan uji ini, yaitu: Wilcoxon Rank Sum Test. Baca juga Mann Whitney U Test dengan STATA.

Semoga bermanfaat.

By Anwar Hidayat

This article was last modified on 23 Maret 2017 03:49

Share
Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, EViews, AMOS, SmartPLS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Recent Posts

Variabel PLS SEM, Data, Model Hubungan dan Asumsinya

Variabel PLS SEM, Data, Model Hubungan dan Asumsinya Variabel PLS SEM Sebelum kita coba tutorial PLS SEM dalam aplikasi smartPLS,…

20 Desember 2018 00:14

PLS SEM: Pengukuran Kecocokan Model (Inner dan Outer)

Pengukuran Kecocokan Model PLS SEM Dalam bahasan kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya yaitu tentang partial least square. Sebelumnya…

25 Agustus 2018 22:15

Partial Least Square (PLS), Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara

Pengertian Partial Least Square (PLS), Fungsi, Tujuan, Cara dan Algoritma Partial least square atau yang biasa disingkat PLS adalah jenis analisis…

25 Agustus 2018 16:12

Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Dalam Perbedaan

Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Apa yang dimaksud dengan hipotesis penelitian? Apa yang dimaksud dengan hipotesis statistik? Apa perbedaan…

23 Mei 2018 01:14

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh Pengertian Simple Random Sampling Dalam kesempatan ini akan kami coba sharing tentang pengertian…

16 Februari 2018 01:22

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda Dalam kesempatan ini, saya akan coba menjelaskan tentang Regresi Linear Berganda serta tutorial regresi…

1 Januari 2018 17:58