Pengertian Uji Asumsi Klasik Regresi Linear dengan SPSS

Uji Asumsi Klasik

Pengertian Uji Asumsi Klasik

Uji Asumsi klasik adalah analisis yang dilakukan untuk menilai apakah di dalam sebuah model regresi linear Ordinary Least Square (OLS) terdapat masalah-masalah asumsi klasik.

Berdasarkan pengertian uji asumsi klasik di atas, maka mungkin akan muncul beberapa pertanyaan pada para pembaca sekalian, yaitu antara lain:

  1. Apa yang dimaksud dengan Regresi Linear OLS?
  2. Apa yang dimaksud dengan Asumsi klasik?
  3. Apa saja jenis asumsi klasik pada regresi OLS?

Untuk menanggapi beberapa pertanyaan tadi, dalam kesempatan ini statistikian akan coba jelaskan satu persatu dan membahasnya secara tuntas. Marilah kita mulai dengan pengertian regresi linear OLS.

Uji Asumsi Klasik

Pengertian Regresi Linear OLS

Regresi linear OLS adalah sebuah model regresi linear dengan metode perhitungan kuadrat terkecil atau yang di dalam bahasa inggris disebut dengan istilah ordinary least square. Di dalam model regresi ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar model peramalan yang dibuat menjadi valid sebagai alat peramalan. Syarat-syarat tersebut apabila dipenuhi semuanya, maka model regresi linear tersebut dikatakan BLUE. BLUE adalah singkatan dari Best Linear Unbiased Estimation.

Apa saja syarat pada regresi linear OLS? jawabannya ada bagian di bawah nanti.

Pengertian Asumsi Klasik

Asumsi klasik adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi pada model regresi linear OLS agar model tersebut menjadi valid sebagai alat penduga.

Asumsi Klasik pada Regresi Linear

Jenis Regresi Linear OLS

Sebelum kita membahas lebih jauh apa saja asumsi klasik yang harus dipenuhi pada regresi linear OLS, alangkah lebih baik jika kita mengetahui dulu bahwa regresi OLS ada 2 macam, yaitu: regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.

Regresi Linear sederhana atau disebut dengan simple linear regression, adalah regresi linear dengan satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Sedangkan regresi linear berganda atau disebut juga dengan multiple linear regression adalah regresi linear dengan satu variabel terikat dan beberapa variabel bebas. Arti kata beberapa maksudnya adalah 2 variabel atau lebih.

Jenis Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linear

Dengan adanya dua jenis yang berbeda pada regresi linear, maka syarat atau asumsi klasik pada regresi linear juga ada dua macam.

Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linear Sederhana

Asumsi klasik pada regresi linear sederhana antara lain:

  1. Data interval atau rasio,
  2. Linearitas,
  3. Normalitas,
  4. Heteroskedastisitas,
  5. Outlier,
  6. Autokorelasi (Hanya untuk data time series atau runtut waktu).
Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linear Berganda

Asumsi klasik pada regresi linear berganda antara lain:

  1. Data interval atau rasio,
  2. Linearitas,
  3. Normalitas,
  4. Heteroskedastisitas,
  5. Outlier,
  6. Multikollinearitas,
  7. Autokorelasi (Hanya untuk data time series atau runtut waktu).
Perbedaan Asumsi Klasik Regresi Linear Sederhana dan Berganda

Berdasarkan penjelasan di atas, terlihat jelas bahwa asumsi klasik antara regresi linear sederhana dan berganda hampir sama. Letak perbedaannya hanya pada uji multikolinearitas, dimana syarat tersebut hanya untuk regresi linear berganda.

Penjelasan Masing-Masing Asumsi Klasik

Data interval atau rasio tidak perlu diuji menggunakan perhitungan ataupun dengan aplikasi komputasi seperti SPSS, STATA atau software statistik lainnya. Cukup data yang ada, yaitu tiap variabel terutama variabel dependen adalah berskala data interval atau rasio. Untuk memahami jenis-jenis atau skala data, pelajari artikel kami tentang: Jenis data dan pemilihan analisis statistik.

Sedangkan untuk asumsi klasik lainnya yang telah disebutkan di atas, kami sudah membahas pengertian dan penjelasannya satu persatu secara detail dan lengkap di website statistikian ini. Bahkan berbagai cara dengan software statistik dan contoh pengujian serta cara mengatasinya sudah dibahas juga dalam berbagai artikel kami. Silahkan anda pelajari semuanya agar pemahaman anda menjadi lengkap dan luas perihal regresi linear dan asumsi klasiknya. Maka jangan kemana-mana, stay with me untuk belajar ilmu statistik secara komprehensif hanya di statistikian.

Demikian penjelasan singkat kami tentang uji asumsi klasik regresi linear dengan SPSS.

This article was last modified on 1 Januari 2018 18:13

Share
Anwar Hidayat @twitter.com/anwar1hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, EViews, AMOS, SmartPLS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

View Comments

Recent Posts

Variabel PLS SEM, Data, Model Hubungan dan Asumsinya

Variabel PLS SEM, Data, Model Hubungan dan Asumsinya Variabel PLS SEM Sebelum kita coba tutorial PLS SEM dalam aplikasi smartPLS,…

20 Desember 2018 00:14

PLS SEM: Pengukuran Kecocokan Model (Inner dan Outer)

Pengukuran Kecocokan Model PLS SEM Dalam bahasan kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya yaitu tentang partial least square. Sebelumnya…

25 Agustus 2018 22:15

Partial Least Square (PLS), Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara

Pengertian Partial Least Square (PLS), Fungsi, Tujuan, Cara dan Algoritma Partial least square atau yang biasa disingkat PLS adalah jenis analisis…

25 Agustus 2018 16:12

Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Dalam Perbedaan

Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Apa yang dimaksud dengan hipotesis penelitian? Apa yang dimaksud dengan hipotesis statistik? Apa perbedaan…

23 Mei 2018 01:14

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh Pengertian Simple Random Sampling Dalam kesempatan ini akan kami coba sharing tentang pengertian…

16 Februari 2018 01:22

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda Dalam kesempatan ini, saya akan coba menjelaskan tentang Regresi Linear Berganda serta tutorial regresi…

1 Januari 2018 17:58