Eviews

Pengertian Eviews

EViews adalah program komputer berbasis Windows yang banyak dipakai untuk analisis statistik dan merupakan alat komputasi untuk ekonometrika jenis runtun waktu atau time series. Software atau perangkat lunak tersebut dikembangkan oleh sebuah perusahaan yaitu “Quantitative Micro Software (QMS),” tepatnya pada tahun 1994. Pada tahun 2007 perusahaan tersebut telah mengeluarkan versi 6.0. Untuk saat ini sudah banyak sekali versi yang keluar dan yang terbaru adalah versi 10. Jadi silahkan anda semua bisa download EViews versi 10 tersebut.

Kata eviews itu sendiri sesungguhnya merupakan kepanjangan dari kata “econometrics views.” Jadi tidak heran jika aplikasi ini kebanyakan berisi alat perhitungan untuk ekonometrika, seperti regresi linear, regresi data panel dan berbagai jenis regresi berbasis runtun waktu. Jadi bagi para pembaca yang sedang penelitian di bidang ekonomi atau peneliti bidang ekonometrika, untuk segera download eviews versi terbaru.

EViews adalah program komputasi statistik yang menawarkan para peneliti atau akademisi, perusahaan, agen-agen pemerintah, dan siswa atau mahasiswa untuk mengakses alat perhitungan statistik, peramalan, dan pemodelan yang luar biasa hebat melalui tampilan antarmuka (user interface) yang berorientasi objek serta inovatif dan mudah digunakan. Alat analisis statistik yang satu ini memiliki tampilan yang bagus dan dapat bersaing dengan aplikasi komputasi lainnya seperti SPSS atau minitab.

Versi Eviews

Eviews versi 6 telah dirilis pada tahun 2007 dimana pada versi ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dibandingkan versi-versi sebelumnya. Selanjutnya pada tahun-tahun berikutnya muncullah versi yang lebih baru, yaitu eviews versi 7, versi 8, versi 8 SV, versi 9, versi 9.5 dan versi 9,5 SV/Lite. Untuk saat ini, yaitu pada tahun 2017 telah hadir versi terbaru yaitu versi 10. Tentunya versi terbaru ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan para pendahulunya. Seperti apakah tampilan versi terbaru tersebut? Silahkan anda download eviews versi terbaru untuk melihat tampilannya dan sekalian mencoba.

Statistikian hanya bisa menunjukkan tampilan website pengembang untuk donwload, seperti di bawah ini:

Eviews
Eviews

Banyak sekali website yang tidak resmi menyediakan link download eviews berbagai versi, mulai dari download EViews versi 7 hingga download EViews versi terbaru yaitu versi 10. Namun, anjuran saya agar para pembaca menghargai karya intelektual dan menghindari pembajakan, silahkan anda download eviews versi resmi keluaran dari perusahaan pengembangnya.

Jenis Eviews

Eviews mempunyai berbagai macam jenis atau edisi lisensi, seperti edisi student atau akademik, lisensi single user untuk satu pengguna dan edisi komersial (commercial license). Untuk edisi student atau pelajar dijual dengan harga yang jauh lebih murah, namun tentunya dengan fitur yang terbatas. Bagi para pembaca, silahkan download eviews edisi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Manfaat Eviews

Eviews dapat kita manfaatkan untuk banyak kepentingan, seperti membuat model peramalan, analisis inferensial yang sederhana, analisis deskriptive dan bahkan analisis multivariat yang rumit. Tentunya untuk analisis multivariat kita harus mendownload Add Ins atau tambahan fitur seperti Add Ins untuk analisis principal component atau analisis faktor. Setelah para pembaca statistikian ini mendowload eviews versi apa saja, jangan lupa pula untuk download add ins eviews.

Kelebihan Eviews

kelebihan eviews adalah: memiliki user interface yang bagus dan mudah dimengerti, perhitungan menggunakan tingkat presisi yang tinggi hingga jenis double atau 10 kali pangkat 16 dibelakang koma, dapat digunakan untuk perhitungan dengan sampel yang sangat besar, memiliki fitur yang termasuk lengkap untuk berbagai jenis model peramalan terutama model runtun waktu dan model data panel, dilengkapi dengan berbagai pilihan koefisien estimasi yang robust pada berbagai jenis model regresi, serta output baik tabel ataupun gambar mudah di copy paste ke word.

Dengan banyaknya kelebihan dari pada aplikasi yang satu ini, jangan ragu-ragu lagi untuk download eviews edisi terbaru.

Kekurangan Eviews

Kekurangan eviews adalah: lebih condong atau lebih spesial untuk analisis ekonometrik sedangkan untuk non ekonometrik fiturnya sangat terbatas, untuk software ekonometrika tingkat kemampuannya masih tidak seluas pesaingnya yaitu STATA dan SAS, untuk non ekonometrika masih tidak selengkap SPSS, dan dari sisi database masih tidak bisa disejajarkan dengan sistem database SPSS.

Adanya kekurangan dari sebuah aplikasi, bukan berarti aplikasi tersebut jelek. kekurangan yang saya sebutkan semata-semata hanya memberikan pandangan kepada para pembaca, kiranya aplikasi statistik apa yang cocok untuk kebutuhan anda. Tentunya aplikasi eviews ini menjadi salah satu pertimbangan yang penting.

Analisis Eviews

Seperti yang sudah dibahas panjang lebar diatas, dimana spesialisasi dari aplikasi ini adalah untuk bidang ekonometrika. Maka berikut daftar analisis yang dapat dilakukan oleh fitur bawaan Eviews:

Vectoral Autoregressive, Least Square dan autoregressive, Two Stage Least Square, Generalized Method of Moments, Dinamic Panel Data, Cointegration Regression, Regresi Logit atau regresi logistik dan Probit, Stepwise Least Square, Robust Least Square, Generalized Linear Model, Quantile Regression, dll.

Add Ins Eviews

Add Ins eviews adalah fitur tambahan yang dapat kita download dan install ke aplikasi eviews kita. Dengan fitur tambahan tersebut maka kita dapat melakukan berbagai jenis analisis atau komputasi diluar fitur bawaan. Add Ins tersebut antara lain: Korelasi kanonikal, Ridge Regression, Bayesian Var Estimation, DCC GARCH, Normality Test seperti uji Shapiro Wilk, Berbagai jenis Pseudo R Square, Robust Regression, Analysis Spectral, dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Download Eviews

Untuk download eviews, anda dapat download di situs resmi dari eviews, yaitu: www.eviews.com. Ada berbagai macam edisi yang dapat anda download seperti yang telah saya jelaskan diatas sebelumnya. SIlahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain download eviews terbaru, anda juga dapat download versi-versi sebelumnya, seperti versi 8 dan 9 yang sangat populer.

Eviews adalah aplikasi yang berjalan di atas sistem operasi windows. Oleh karena ada 2 jenis windows yang banyak digunakan, yaitu versi 32 bit dan 64 bit, maka jangan sampai anda salah dalam mendownload. Harap disesuaikan dengan spesifikasi sistem operasi dan komputer anda, apakah 64 bit ataukah 32 bit. Seperti di bawah ini link download eviews:

download eviews
download eviews

Agar anda tahu versi sistem operasi anda apakah 32 atau 64 bit, silahkan buka My Computer pada komputer anda. Selanjutnya anda klik kanan dan klik properties. Perhatikan ada tulisan 32 atau 64 bit, itu adalah jenis sistem operasi anda. Sedangkan x64 atau x32 adalah jenis prosesor anda, apakah prosesor yang compatible dengan 32 atau 64 bit.

Bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya, anda bisa menggunakan versi demo. Versi demo ini berlaku untuk 30 hari dan mempunyai fitur yang full alias komplit. Tentunya setelah masa demo habis, anda harus membayar secara resmi kepada perusahaan pengembang aplikasi tersebut.

Bagaimana cara download eviews versi demo? jawabannya mudah saja. Anda tinggal klik link “request e demo copy” lalu ikuti petunjuk yang ada. Yaitu petunjuk seperti mendapatkan email aktivasi dan cara aktivasi.

Demikianlah sekilas pengenalan terhadap salah satu aplikasi statistik yang populer dikalangan mahasiswa. Terutama mahasiswa di bidang ekonomi dan akuntansi, yaitu aplikasi eviews. Selamat mendownload dan selamat mencoba.

Artikel Terpopuler

Artikel Terbaru