Tutorial Uji Asumsi Homogenitas dengan Minitab

Homogenitas dengan Minitab

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas panjang lebar tentang homogenitas. Yaitu bagaimana cara dalam melakukan uji homogenitas dengan menggunakan metode atau rumus Fisher F, Levene Test dan uji Bartlett. Dalam  kesempatan kali ini kita akan membahas cara melakukan uji homogenitas dengan Minitab.

Perlu para pembaca ketahui, bahwa aplikasi minitab merupakan salah satu dari berbagai jenis software atau aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik. Dengan menggunakan aplikasi minitab, ada berbagai jenis analisis data yang dapat dilakukan, salah satunya adalah uji asumsi homogenitas. Jadi tidak ada salahnya anda mencobanya dengan menggunakan artikel ini sebagai bahan referensi atau panduan dalam uji coba anda.

Homogenitas dengan Minitab
Homogenitas dengan Minitab

Review Uji Homogenitas

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari sedikit review tentang homogenitas. Homogenitas dapat diartikan memiliki varians yang sama. Jadi kedua atau beberapa kelompok mempunyai varians yang mirip atau hampir sama disebut homogen. Homogenitas sering digunakan sebagai uji asumsi klasik dalam beberapa uji parametris, seperti uji ANOVA atau independent t test.

Tutorial Uji Homogenitas dengan Minitab

Langsung saja kita masuk dalam tutorial homogenitas minitab. Download terlebih dahulu file kerja dalam tutorial ini agar lebih mudah bagi anda memahami: File Kerja.

Langkah Menentukan Variabel:
  • Buka aplikasi minitab anda

  • Isi cell C1 sampai C40 dan C2 sampai C40 seperti dalam contoh.

    Uji Homogenitas dengan Minitab

  • Pada menu klik Stat, Basic Statistics, 2 Variances

  • Centang Samples in different columns

  • Masukkan C1 ke First dan C2 ke Second

  • Klik Storage kemudian centang semua lalu OK.

Langkah Menetapkan Storage:
Homogenitas Minitab Storage
  • Tekan OK lagi dan lihat output.

Output Homogenitas Minitab Output

 

Langkah Membaca Output Uji Homogenitas dengan Minitab:

Interprestasinya:

  • Lihat nilai P Value F Test, Jika > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varians sama atau homogen berdasarkan rumus Fisher F

  • Lihat nilai P Value Levene Test, Jika > 0,05 maka kedua kelompok memiliki varians sama atau homogen berdasarkan rumus Levene

  • Lihat besarnya standart deviasi dan besarnya varians kedua variabel: menunjukkan besaran yang hampir sama berarti homogen.

    Homogenitas Minitab Worsheet

     

Selesai sudah uji homogenitas pada minitab, tetapi tutorial tadi hanya berlaku apabila anda mempunyai 2 variabel yang diuji kesamaan variannya. Apabila anda punya lebih dari 2 variabel, misal 3 variabel yang diuji, maka ikuti tutorial berikutnya:

 dan Homogenitas dengan STATA.

Demikian tutorial singkat tentang uji homogenitas dengan minitab ini dan semoga kiranya dapat bermanfaat.

By Anwar Hidayat

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1
WhatsApp Kami: Jasa Olah Data
Exit mobile version