Membuat Z Tabel Dengan Excel


Z tabel adalah tabel statistik untuk uji Z. Bagaimana Cara Membuat Z Tabel dengan Excel?

Uji Z adalah salah satu  uji statistik yang  pengujian hipotesisnya didekati dengan distribusi normal.  Menurut teori limit terpusat, data dengan ukuran sampel yang besar akan berdistribusi normal.  Oleh karena itu, uji Z dapat digunakan untuk menguji data yang sampelnya berukuran besar.  Jumlah sampel 30 atau lebih dianggap sampel berukuran besar.  Selain itu, uji Z ini dipakai untuk menganalisis data yang varians populasinya diketahui.  Namun, bila varians populasi tidak diketahui, maka varians dari sampel dapat digunakan sebagai penggantinya.





Uji Z ada 2 jenis, yaitu uji Z 1 pihak dan 2 pihak. Dalam bahasan ini kita tidak akan membahas terlalu jauh tentang uji Z itu sendiri, tetapi akan kita bahas bagaimana caranya membuat Z Tabel.

Untuk mempermudah tutorial excel z tabel ini, sebaiknya anda download file kerja di link berikut:




Buka Aplikasi MS Excel anda.
Pada Cell Berikut ketikkan rumus/formula excel:

  1. Cell A7: -4
  2. Cell A8: =A7+0,1 dan Kopi Pastekan (Kopas) hingga cell A87. Artinya kita membuat nilai Z secara berurutan dengan rentang perbedaan tiap urutan adalah 0,1, dimulai dari -4,00 hingga +4,00.
  3. Cell B6: 0
  4. Cell C6: =B6+0,01 dan kopas hingga cell K6. Artinya kita membuat nilai digit ke-2 dari nilai Z secara berurutan dengan rentang perbedaan tiap urutan adalah 0,01, dimulai dari 0,00 hingga 0,09.
  5. Cell B7: =NORMSDIST($A7-B$6) dan kopas hingga cell K87. Artinya kita berusaha mendapatkan nilai probabilitas berdasarkan nilai Z atau Z Score yang didapat berdasarkan pengurangan nilai Z baris oleh Z kolom atau Z baris - Z kolom. Contoh: Nilai Probabilitas 0,025 merupakan nilai probabilitas dari nilai Z baris (-1,90) dikurangi Z kolom (0,06) = -1,96. Artinya pada Z Score  -1,96 nilai probabilitasnya adalah 0,025.
Demikian cara mudah membuat tabel Z dengan MS Excel.

Bagaimana interprestasi dalam membaca Z Score? Silahkan baca artikel kami tentang "Spearman Rho Excel."

Uji Z adalah salah satu uji statistik yang pengujian hipotesisnya didekati dengan distribusi normal. Menurut teori limit terpusat, data dengan ukuran sampel yang besar akan berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji Z dapat digunakan untuk menguji data yang sampelnya berukuran besar. Z tabel adalah tabel statistik untuk uji Z. Bagaimana Cara Membuat Z Tabel dengan Excel? Buka Aplikasi MS Excel anda. Pada Cell Berikut ketikkan rumus/formula excel: Cell A7: -4. Artinya kita membuat nilai Z secara berurutan. Uji Z adalah salah satu uji statistika yang pengujian hipotesisnya didekati dengan distribusi normal. Uji Z ada 2 jenis, yaitu uji Z 1 pihak dan 2 pihak. Silahkan Download Tabel Z.

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda Di Sini


Jasa Bantuan Analisis Data Oleh Statistikian

Author Name

{picture#http://3.bp.blogspot.com/-jaIJXPn-Qyk/U07JuQCwfwI/AAAAAAAACnk/ZeyEwYwAJBU/s1600/MeImage.jpg} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#https://www.facebook.com/anwar.hidayat1} {twitter#https://twitter.com/anwar1hidayat} {google#https://plus.google.com/u/0/117218062214858385079} {pinterest#https://id.pinterest.com/anwar1hidayat} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCk1kA5x6I7wwWPhMZ_65dMg} {instagram#https://www.instagram.com/anwar.hidayat1}

Contact Form

Name

Email *

Message *