Tutorial Cara Uji Regresi Linear dengan Eviews

Tutorial Uji Regresi Linear dengan Eviews

Regresi Linear Ordinary Least Square (OLS) merupakan uji statistik yang sangat popular di kalangan mahasiswa, terutama mahasiswa yang kuliah dengan di bidang ekonomi atau akuntansi. Uji Regresi linear ini dapat diuji menggunakan beberapa jenis software statistik yang mana salah satunya adalah eviews. Maka untuk memenuhi tuntutan mahasiswa itulah, statistikian coba untuk membuat artikel tentang tutorial uji regresi linear dengan eviews.

Jenis regresi Linear OLS

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa uji regresi linear ada banyak macamnya. Berdasarkan jumlah variabel bebas di dalam model regresi, maka uji regresi ini ada dua macam, yaitu regresi linear sederhana (simple linear regression) dan regresi linear berganda (multiple linear regression). Dalam kesempatan ini, tutorial yang kami sajikan adalah untuk regresi linear berganda. Namun sebenarnya para pembaca tidak perlu khawatir, sebab tutorial ini juga bisa diterapkan pada regresi linear sederhana.

Asumsi Regresi linear OLS

Regresi linear OLS memerlukan asumsi yang harus dipenuhi, seperti yang sudah dibahas di artikel-artikel sebelumnya bahwa kita perlu melakukan uji asumsi klasik pasca regresi linear OLS. Kami rangkum saja tentang asumsi yang harus dipenuhi pada regresi linear berganda, yaitu antara lain: linearitas, normalitas residual, non outlier, non heteroskedastisitas, non autokorelasi, non multikolinearitas. Maka dalam artikel ini nantinya, selain kami menjealskan tutorial uji regresi linear dengan eviews, kami juga kan menjelaskan sekaligus bagaimana cara uji asumsi klasik dengan eviews.

Tutorial Uji Regresi Linear dengan Eviews

Mari kita mulai tutorial uji regresi linear dengan eviews ini. Silahkan anda buka aplikasi eviews anda. Kami saat ini menggunakan eviews versi 9. Bagi yang meggunakan eviews versi 7 atau 8 tidak akan jadi masalah, sebab pada prinsipnya sama cara analisisnya.

Impor Data ke Eviews

Setelah anda buka aplikasinya, silahkan anda impor data anda dari database lain, misalnya excel. Bagi yang belum pernah melakukan, silahkan baca panduannya di artikel kami yang berjudul: Tutorial Cara Impor Data Excel ke Eviews.

Pastikan anda telah mengimpor dengan benar serta menggunakan minimal dua variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen anda bisa diberi nama X1 dan X2. Sedangkan variabel dependen silahkan beri nama Y. Hal ini untuk memudahkan kita belajar bersama. Jika langkah anda benar, seharusnya anda akan mendapatkan tampilan seperti gambar di bawah ini:

File Kerja Regresi Linear dengan Eviews
File Kerja Regresi Linear dengan Eviews

Langkah Uji Regresi Linear dengan Eviews

Selanjutnya langsung saja kita lakukan operasi untuk menghasilkan proses uji regresi linear dengan eviews dengan cara pada menu anda klik: Quick -> Estimate Equation. Maka akan muncul jendela sebagai berikut:

Regresi Linear dengan Eviews
Regresi Linear dengan Eviews

Tuliskan kode: “y c x1 x2” (tanpa tanda kutip). Maksudnya adalah anda akan melakukan regresi linear dengan persamaan y = ∝ + ß1 X1 + ß2 X2 + e. Lebih jelasnya lagi ialah: y sebagai variabel terikat, c sebagai konstanta, x1 dan x2 sebagai variabel bebas. Kemudian pada pilihan method, silahkan pilih LS – Least Squares (NLS and ARMA). Artinya anda memilih menggunakan metode OLS.

Jika langkah anda benar, maka tampilan jendel baru yang terbuka di eviews akan seperti di bawah ini:

Output Regresi Linear dengan Eviews
Output Regresi Linear dengan Eviews

Output Hasil Uji Regresi Linear dengan Eviews

Dengan tampilan output di atas, maka anda telah selesai melakukan sebagian tugas anda. Yaitu untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi linear dengan eviews. Tugas selanjutnya adalah melakukan interprestasi atau pembacaan terhadap output regresi linear dengan eviews tersebut. Dan tugas berikutnya lagi yang menanti anda adalah melakukan uji asumsi klasik dengan eviews pasca regresi linear OLS. Semua itu akan kita bahas pada artikel berikutnya yang berjudul: Tutorial Interprestasi Hasil Uji Regresi Linear Dengan Eviews dan Tutorial Uji Asumsi Klasik dengan Eviews.

Baca Juga: Regresi Linear R Studio: Tutorial, Uji Asumsi dan Penjelasan!

Jasa Olah Data Aman Terpercaya
TINJAUAN IKHTISAR
Eviews
98 %
Artikel SebelumnyaTutorial Langkah dan Cara Impor Data Excel Ke Eviews
Artikel BerikutnyaInterprestasi Regresi Linear dengan Eviews
Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, LISREL, STATA, Minitab, EViews, AMOS, SmartPLS, R Studio, NCSS, PASS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 081515699060. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian. Email: anwar@statistikian.com. Nomor Aduan/Complain Layanan: 088809999079 (ANWAR HIDAYAT).
tutorial-regresi-linear-dengan-eviewsEviews adalah aplikasi statistik yang sangat powerfull untuk analisis statistik terutama analisis yang berbasis time series atau runtut waktu. Dalam artikel ini, dijelaskan secara rinci cara melakukan analisis regresi linear dengan menggunakan aplikasi Eviews.

2 KOMENTAR

  1. pak, mengapa pada saat saya ingin menguji regresi linear, metode LS (NLS dan ARMA) di eviews 9.0 saya tidak ada? yang ada hanya LS (LS dan AR). Apakah keduanya sama atau tidak?

    • Least square atau regresi linier, ARMA, AR dan MA atau ARIMA itu ada dalam fungsi LS atau AR pada menu aplikasi EVIEWS. Anda tinggal menuliskan syntax atau kode yang benar untuk melakukan uji-uji tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini