METODE PENELITIAN: Pengertian, Tujuan, Jenis

5
2346

Penjelasan dan Pengertian Metode Penelitian

Metode Penelitian

Pengertian Metode penelitian adalah langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi pada data yang telah didapatkan tersebut. Metode penelitian memberikan gambaran rancangan penelitian yang meliputi antara lain: prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, dan dengan langkah apa data-data tersebut diperoleh dan selanjutnya diolah dan dianalisis.

Dalam pembahasan kali ini, pertama-tama kami coba menjelaskan terlebih dahulu tujuan penelitian, pengertian tentang metode dari penelitian termasuk pengertian metode penelitian menurut para ahli/pakar. Dan yang terakhir adalah kita jelaskan contoh metode penelitian. Maksudnya ialah bahwa pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penelitian. Dan selanjutnya akan kami jelaskan macam-macam metode penelitian secra terperinci.

Semoga penjelasan kami disini dapat memberikan jawaban bagi para mahasiswa yang butuh rujukan untuk tugas akhirnya, baik dalam pembuatan skripsi, tesis maupun disertasi.

Tujuan Penelitian

Dimana kita ketahui bersama, bahwa tidak mungkin seorang peneliti susah-susah untuk melakukan penelitian, jika kemudian hasil penelitiannya itu tidak bermanfaat sama sekali. Maka penting kiranya kita memahami terlebih dahulu tujuan penelitian.

Tujuan penelitian oleh statistikian dibagi dalam tiga jenis tujuan penelitian. Yaitu antara lain kami jelaskan seperti di bawah ini:

Tujuan Penelitian Secara Umum

Tujuan penelitian secara umum adalah di bawah ini:

  1. Untuk memperoleh pengetahuan atau penemuan baru.
  2. Untuk membuktikan atau menguji kebenaran dari pengetahuan yang sudah ada.
  3. Untuk mengembangkan pengetahuan yang sudah ada.

Tujuan Penelitian Secara Teoritis

Secara teoritis, tujuan penelitian merupakan usaha yang dilakukan untuk mengetahui satu hal. Pengetahuan yang diperoleh dari jenis penelitian seperti ini tidak dapat dimanfaatkan secara langsung atau secara praktis. Sehingga nama lain dari penelitian seperti ini disebut sebagai basic research.

Tujuan Penelitian Secara Praktis

Sedangkan secara praktis, tujuan penelitian ini ialah mencari serta menemukan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan langsung di dalam kehidupan. Penelitian jenis ini disebut juga dengan applied research.

Menurut para ahli, selain tujuan praktis diatas, masih ada beberapa tujuan penelitian praktis lainnya yaitu antara lain di bawah ini:

Tujuan Eksploratif

Tujuan eksploratif artinya ialah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya. Misalnya adalah penelitian yang pada akhirnya menemukan teori baru bahwa ekstrak mangga dapat menurunkan kadar kolesterol. Dimana sebelumnya belum pernah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.

Tujuan Verifikatif

Tujuan verifikatif merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk menguji atau membuktikan kebenaran dari pengetahuan yang telah ada sebelumnya. Misalnya penelitian yang membuktikan apakah benar mentimun dapat menurunkan tekanan darah manusia. Dimana sebelumnya telah ada teori dari penelitian yang menyatakan hal tersebut.

Tujuan Pengembangan

Yang terakhir adalah tujuan pengembangan, yang artinya adalah kegiatan penelitian yang dilakukan dengan tujuan mengembangkan atau menggali lebih dalam lagi dari pengetahuan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misalnya tentang penelitian mentimun yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Teori tentang hal tersebut sudah ada. Namun disini peneliti mengembangkan lagi penelitian yang bertujuan untuk menilai seberapa besar atau efektifkah mentimun tersebut dapat menurunkan tekanan darah manusia pada berbagai kelompok umur.

Penelitian Menurut Kegunaannya

Sebelum kita memahami lebih jauh tentang metode penelitian, ada baiknya kita pelajari dulu tentang jenis penelitian berdasarkan kegunaannya seperti yang dibahas di bawah ini:

Penelitian Murni

Penelitian murni disebut juga dengan penelitian dasar. Penelitian murni ini bertujuan untuk mengembangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis.

Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), menyatakan bahwa penelitian murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang bertujuan untuk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Jenis penelitian ini berbeda dengan penelitian terapan.

Penelitian Terapan

Menurut Jujun S. Suriasumantri (1985), bahwa penelitian terapan ialah penelitian yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis.

Penelitian terapan ini lebih bersifat praktis dan aplikatif oleh karena penelitian seperti ini bermula dari sebuah permasalahan yang riil dan bukan permasalahan yang bersifat teoritis.

Penelitian Aksi

Penelitian aksi yang juga sering disebut dengan istilah action research, bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara melakukan serangkaian tindakan yang khusus, yaitu yang telah melalui telaah teoritis sebelumnya secara nyata supaya segera mendapatkan solusi yang terbaik untuk masalah dalam penelitian tersebut.

Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan ialah penelitian yang bertujuan untuk menentukan suatu kebijakan berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Hasil dari penelitian ini berupa peraturan, undang-undang, surat keputusan, dan segala hal yang berhubungan atau memiliki kekuatan hukum.

Penelitian Evaluasi

Jenis penelitian berdasarkan kegunaannya yang terakhir adalah Penelitian evaluasi. Penelitian seperti ini bertujuan untuk memberikan penilaian pada program tertentu, kegiatan serta kebijakan yang ditujukan untuk mengintervensi masyarakat.

Demikian diatas telah kita bahas tentang berbagai macam jenis penelitian berdasarkan kegunaannya. Selanjutnya kita akan bahas tentang metode penelitian. Jangan kemana-mana dulu ya sahabat statististikian. baca terus dan pahami artikel kami yang semoga bermanfaat ini!

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian metode penelitian menurut para ahli yang pertama yaitu menurut Nasir. Nasir menjelaskan bahwa metode penelitian ialah cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan & menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

Pengertian metode penelitian menurut para ahli yang kedua yaitu menurut Winarno. Winarno menjelaskan bahwa metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yg teliti & sistematik.

Pengertian metode dari penelitian menurut para ahli yang ketiga yaitu menurut Muhiddin Sirat. Muhiddin Sirat menjelaskan bahwa metode penelitian merupakan suatu langkah memilih masalah & penentuan judul penelitian.

Pengertian metode dari penelitian menurut para ahli yang keempat yaitu menurut Sugiyono. Sugiyono menjelaskan bahwa metode penelitian adalah langkah ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan & kegunaan tertentu.

Setelah kita memahami metode menurut para ahli di atas, saatnya kita mempelajari lebih jauh metode dari penelitian agar kita dapat menerapkannya dalam tugas akhir kuliah dan pekerjaan sehari-hari.

Metode Penelitian
Metode Penelitian

Sebagai peneliti, ada beberapa hal yang harus dimengerti agar anda dapat memahami metode penelitian, antara lain ontology, epistomology, metodologi penelitian, metode dan teknik penelitian. Diantara komponen-komponen tersebut, metode penelitian adalah komponen yang paling tampak atau terlihat pada saat anda melakukan penelitian. Sedangkan yang lainnya menjadi penguat agar anda sukses melakukan penelitian yang baik.

Agar anda tidak pusing terlebih dahulu, coba pahami dengan membaca dan menelaah beberapa komponen dasar yang ada dalam penelitian ini.

Ontology

Ontology adalah ilmu filsafat yang mempelajari bagaimana anda sebagai peneliti, dapat melihat dunia secara realistis kemudian membuat asumsi-asumsi tentang dunia tersebut sehingga bisa membuat perbandingan terhadap sifat dunia dan seisinya lalu kemudian mengambil kesimpulan.

Sebagai contoh, coba anda membayangkan dunia ini. Bagaimana dunia ini sebelum diciptakan, kemudian diciptakan, bagaimana eksistensinya, manusia dan makhluk lainnya di dalamnya saling berkaitan. Kemudian anda berpikir bahwa manusia hidup dalam dunia berada di bumi. Manusia hidup karena makan dan minum. Makanan bersumber dari dari tumbuhan. Sedangkan tumbuhan dapat hidup dan tumbuh karena adanya tanah, air, udara dan matahari.

Dari pernyataan di atas, kira-kira pertanyaan apa saja yang bisa muncul dalam benak anda? Coba saya bantu untuk mengumpulkan beberapa saja dari segudang pertanyaan yang bisa dibuat. Pertanyaan tersebut antara lain:

  • Bagaimana bumi diciptakan?
  • Bagaimana manusia diciptakan?
  • Mengapa manusia menjadi penguasa di bumi?
  • Mengapa dengan makan manusia bisa tumbuh serta bagaimana perjalanan makanan itu di dalam tubuh manusia?
  • Bagaimana tumbuhan mengolah sumber nutrisi dari tanah sehingga dapat tumbuh?

Dan banyak lagi segudang tanya yang bisa kita buat. Pertanyaan masalah itulah yang bisa anda teliti. Jadi kesimpulannya, sebagai peneliti anda harus memahami tentang ontology dan menerapkannya. Jika anda bertanya bagaimana sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, maka anda harus menelitinya.

Epistomology

Epsitomology adalah ilmu yang mempelajari bagaimana anda membuat langkah-langkah terbaik dalam rangka mempelajari sifat dunia dan realitas. Artinya bahwa setelah anda mempunyai segudang tanya terhadap realitas dunia, selanjutnya anda akan bertanya kembali, bagaimanakah cara mempelajarinya.

Saya ambil contoh pada pertanyaan dalam pembahasan ontology yang telah dibahas di atas, yaitu: bagaimana sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan manusia.

Maka selanjutnya anda akan memilih langkah yang terbaik agar anda dapat menemukan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Misalnya anda akan coba melihat apa sebenarnya yang diserap dari sari pati tanah oleh tumbuhan. Bagaimanakah mengetahuinya. Selanjutnya setelah diketahui, bagaimana dapat mengetahui bahwa sinar matahari berperan dalam proses perubahan sari pati tanah menjadi nutrisi yang berguna untuk manusia dan binatang. Bagaimanakah caranya? Itulah yang dimaksud dengan epistomology.

Sebagai peneliti anda harus memahami dan menggunakan ontology serta epistomology sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu dengan memahami dan menerapkan metodologi penelitian.

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah bagaimana anda sebagai peneliti atau anda sebagai bagian dari tim penelitian, mencoba untuk membuat gambaran secara komprehensif bagaimanakah langkah menjawab pertanyaan penelitian. Untuk lebih jelasnya tentang metodologi penelitian, sudah kami bahas dalam artikel: Metodologi Penelitian. Penting bagi anda untuk membaca artikel tersebut yang mana dalam artikel tersebut menunjukkan bahwa metode penelitian adalah berbeda dengan metodologi penelitian.

Metode Penelitian

Setelah anda memahami semua yang kita bahas di atas, saatnya anda masuk ketahap memahami metode penelitian. Seperti yang sudah di bahas di paling awal, bahwa metode penelitian adalah tahapan untuk mengumpulkan data kemudian melakukan investigasi terhadap data tersebut.

Jika kita masuk dalam tahap ini, maka anda akan menjawab beberapa pertanyaan: Bagaimana data akan dipilih? Sumber data dari mana? Siapa yang akan mengambil data? Kapan dan dimana? Kriterianya bagaimana? Kalau sudah didapat datanya, selanjutnya bagaimana tahapan mengolahnya agar bisa dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan? Menggunakan apa mengolahnya? Selanjutnya bagaimana langkah analisisnya? Menggunakan apa? Bagaimanakah mengambil keputusan terhadap hasil analisis tersebut?

Itulah jawaban yang harus anda cari dengan memahami tentang metode penelitian dan teknik pengumpulan data, pengolahan data serta analisis data hingga ilmu statistik. Tidak mudah memang, oleh karena itu jangan terburu-buru atau tergesa-gesa.

Sebaiknya anda sebagai peneliti maupun mahasiswa yang sedang dalam tahap pembuatan tugas akhir penelitian seperti skripsi, tesis maupun disertasi, mempelajari semua pertanyaan di atas secara berurutan dan secara hirarki. Anda haruslah banyak membaca, yang mana salah satunya adalah membaca artikel kami: statistikian. Website yang menyediakan tutorial, referensi, rujukan tulisan, serta diskusi seputar penelitian dan ilmu statistik maupun metode-metode statistik lainnya.

Baca juga: Variabel Penelitian.

Apakah anda ingin memahami lebih jauh tentang metode dari penelitian? Baca selanjutnya di bawah ini ya!

Jenis Metode Penelitian

Jika anda sudah masuk ke dalam tahap metode penelitian, maka anda akan dihadapkan pada 2 hal yang sangat penting, yaitu apakah anda akan melakukan penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif. Silahkan baca artikel kami yang berjudul: Penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif tersebut.

Macam-Macam Metode Penelitian

Metode dari penelitian Menurut Suryabrata (1983), metode penelitian berdasarkan sifat-sifat masalahnya dapat diklasifikasikan antara lain:

Metode Penelitian Historis

Metode penelitian historis bertujuan adalah untuk membuat rekonstruksi terhadap masa lampau secara sistematis dan obyektif.

Metode Penelitian Deskriptif

Metode Penelitian Deskriptif merupakan metode yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, serta akurat pada fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.

Metode Penelitian Perkembangan

Metode Penelitian Perkembangan merupakan metode yang bertujuan ialah untuk menyelidiki pola-pola dan urutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu.

Metode Penelitian Kasus

Metode Penelitian kasus atau Lapangan ialah suatu metode yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang serta interaksi lingkungan suatu objek.

Metode Penelitian Korelasional

Metode Penelitian Korelasional ialah suatu metode yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi

Metode Penelitian Eksperimental

Metode Penelitian True Eksperimental atau eksperimen sungguhan merupakan suatu metode yang bertujuan untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara melakukan kontrol atau kendali.

Metode Penelitian Quasi Eksperimental semu

Metode Penelitian Quasi Eksperimental atau eksperimen semu merupakan suatu metode yang mempunyai tujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol atau kendali, tetapi bisa diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian.

Metode Penelitian Kausal komparatif

Metode Penelitian Kausal-komparatif ialah metode yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat, tetapi tidak dengan eksperimen melainkan dilakukan dengan pengamatan pada data dari faktor yang diduga menjadi penyebab sebagai pembanding.

Metode Penelitian Tindakan

Metode Penelitian Tindakan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Demikian telah kami jelaskan sedikit tentang metode penelitian. Silahkan anda kembangkan artikel metode penelitian ini dan coba terapkan dalam tugas akhir perkuliahan anda. Semoga sukses dengan penelitian anda.

Tujuan pembuatan artikel ini adalah agar kami mampu memberikan jawaban bagi para peneliti yang butuh artikel rujukan untuk pembuatan tugas akhirnya, baik itu skrispi, tesis maupun disertasi.

Salam hangat dari kami.

By Anwar Hidayat

5 KOMENTAR

  1. Terimakasih Pak Hidayat atas artikel anda yang menarik dan sangat bermanfaat ini, anda menambah wawasan saya tentang berbagai metode dalam penelitian

Tinggalkan Komentar Anda Disini...