Categories Eviews Regresi

Hausman Test dengan Eviews Dalam Regresi Data Panel

Hausman Test dengan Eviews Dalam Regresi Data Panel Tujuan Uji Hausman Test dengan Eviews Uji Hausman atau yang sering disebut…

Hausman Test dengan Eviews Dalam Regresi Data Panel

Tujuan Uji Hausman Test dengan Eviews

Uji Hausman atau yang sering disebut dengan istilah Hausman Test adalah uji yang digunakan untuk menentukan metode yang terbaik antara fixed effect ataukah random effect. Dalam kesempatan ini akan kita bahas bagaimana cara melakukan Hausman Test dengan Eviews Dalam Regresi Data Panel.

Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya tentang tutorial regresi data panel dengan eviews, bahwasanya jika kita sudah masuk dalam tahap pasca chow test dan hasilnya adalah memilih fixed effect, maka harus dilanjutkan dengan hausman test.

Agar pemahaman anda tentang regresi data panel dengan eviews ini tidak terpotong-potong, alangkah lebih baiknya jika anda pelajari artikel yang berjudul: tutorial regresi data panel dengan eviews.

Hausman Test dengan Eviews sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Syaratnya adalah kita harus melakukan langkah secara berurutan, yaitu melakukan analisis fixed effect terlebih dahulu kemudian dilanjutkan random effect.

Oleh karena pada artikel sebelumnya, kita sudah sampai pada tahap pasca chow test dan hasilnya adalah memilih fixed effect, maka kita tinggal melakukan random effect saja. Silahkan buka kembali aplikasi eviews anda dan ikuti tutorial Hausman Test dengan Eviews ini.

Tutorial Hausman Test dengan Eviews

Random Effect dengan Eviews

Pada “Jendela Equation” silahkan klik tombol Proc -> Specify/Estimate, kemudian akan muncul “Jendela Equation estimation” dan silahkan klik tab “Panel Options”. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Random Effect Regresi Data Panel dengan Eviews

Anda perhatikan baik-baik, tampilan jendela seperti yang tampak di atas, yaitu anda harus memilih Random pada combo box Cross-section. Sedangkan pada combo box yang lain, biarkan apa adanya. Selanjutnya klik tombol OK. Maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Output Random Effect Regresi Data Panel dengan Eviews

Output di atas biarkan saja seperti itu, karena dalam tahap ini tidak akan kita jelaskan. Melainkan merupakan tahap untuk melakukan Hausman Test dengan Eviews dalam regresi data panel.

Hausman Test dengan Eviews

Tahap selanjutnya adalah saatnya kita akan melakukan hausman test dengan eviews ini. Yaitu pada “Jendela Equation” silahkan anda klik tombol View -> Fixed/Random Effect Testing -> Correlated Random Effect – Hausman Test. Jika langkah anda benar, maka “Jendela Equation” aplikasi eviews anda akan berubah seperti tampilan di bawah ini:

Output Hausman Test Regresi Data Panel dengan Eviews

Coba anda perhatikan gambar dari output Hausman Test dengan Eviews di atas, yaitu pada nilai yang di dalam lingkaran merah. Nilai tersebut adalah nilai p value dari uji hausman test, dimana dalam tutorial ini nilainya sebesar 0,0000. Nilai P Value 0,000 kurang dari 0,05 maka terima H1 yang berarti metode terbaik yang harus digunakan adalah fixed effect dari pada random effect.

Kesimpulan Uji Hausman

Kesimpulan yang harus kita buat saat selesai melakukan hausman test dengan eviews adalah:

  1. Jika Hausman Test menerima H1 atau p value < 0,05 maka metode yang kita pilih adalah fixed effect.
  2. Jika Hausman Test menerima H0 atau p value > 0,05 maka metode yang kita pilih adalah random effect. Kemudian kita lanjutkan dengan uji Lagrangian Multiplier untuk menentukan apakah kita tetap memilih Random effect ataukah Common effect.

Demikian sudah kita bahas tutorial hausman test dengan eviews yang merupakan seri kedua dari tutorial regresi data panel dengan eviews. Pada kesempatan berikutnya statistikian akan membahas seri ketiga dalam serangkaian tutorial regresi data panel dengan eviews, yaitu artikel yang berjudul: Tutorial Lagrangian Multiplier Test dengan Eviews dan Cara Membaca Regresi Data Panel dengan Eviews. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya.

By Anwar Hidayat

This article was last modified on July 31, 2017, 11:33 pm

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

View Comments

  • maaf pak saya mau bertanya jika di uji chow hasil yang saya dapatkan common efect sedangkan pada uji hausman saya mendapatkan fixed effect, maka saya harus melakukan Uji Lagrange Multiplier Test lagi atau tidak ya pak? jika tidak maka saya harus memilih common effect atau fixed effect?
    Terima kasih sebelumnya pak..

    • Kalau uji chow terima H0 atau memilih CE, maka selanjutnya anda uji RE kemudian pilih apakah yang terbaik CE atau RE melalui LM Test. Jadi hausman test tidak perlu anda lakukan lagi.

Recent Posts

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh Pengertian Simple Random Sampling Dalam kesempatan ini akan kami coba sharing tentang pengertian…

3 hari ago

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda Dalam kesempatan ini, saya akan coba menjelaskan tentang Regresi Linear Berganda serta tutorial regresi…

2 bulan ago

Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel

Cara Perhitungan Rumus Slovin Besar Sampel Minimal Pengertian Rumus Slovin Rumus Slovin adalah sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah…

2 bulan ago

F Tabel Lengkap Beserta Cara Mencari dan Membacanya

F Tabel Lengkap Selamat pagi, siang atau malam wahai semua pengunjung dan pecinta statistikian.com. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan…

3 bulan ago

Tutorial Uji Regresi Ordinal dengan SPSS

Tutorial Analisis Regresi Ordinal dengan SPSS Berikut dalam artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara melakukan uji regresi ordinal…

6 bulan ago

Contoh Penelitian Bisnis dengan Regresi Linear

Contoh Penelitian Bisnis Menggunakan Uji Regresi Linear Berganda Contoh penelitian bisnis ini adalah salah satu contoh penelitian yang biasa digunakan…

8 bulan ago