Contoh Penelitian Pendidikan Eksperimen dengan T Test

0
879

Contoh Penelitian Pendidikan Eksperimen Menggunakan Uji Independent T Test

Contoh penelitian pendidikan ini adalah salah satu contoh penelitian yang biasa digunakan oleh mahasiswa yang kuliah di bidang pendidikan. Contoh penelitian pendidikan ini merupakan salah satu contoh penelitian pendidikan yang sering diangkat oleh mahasiswa yang sedang menjalani skripsi atau tugas akhir dalam perkuliahan pendidikan, semisal IKIP, PGSD dan jenis perkuliahan pendidikan lainnya.

Contoh penelitian pendidikan ini menggunakan metode penelitian eksperimen dimana peneliti melakukan perlakuan pada subjek penelitian.

contoh penelitian pendidikan
contoh penelitian pendidikan

Judul Penelitian

Efektivitas Penggunaan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas …. Sekolah …

Desain Penelitian

Eksperimen: posttest only control design, yaitu dengan membandingkan kelompok pertama yang diberi perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok kedua yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol).

Tujuan Penelitian

Membandingkan apakah Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas …. Sekolah … memberikan peningkatan prestasi yang lebih dibandingkan dengan metode pembelajaran biasa.

Variabel Penelitian

Variabel Bebas

Metode Pembelajaran, Skala Data: kategori nominal, Kategori: kode 1 = kelompok perlakuan dan kode 2 = kelompok kontrol. Siswa dibagi ke dalam 2 kelompok, dimana masing-masing kelompok memiliki anggota yang berbeda, yaitu siswa pada kelompok 1 tidak masuk ke dalam kelompok 2, begitu juga sebaliknya.

Kelompok perlakuan mendapatkan perlakuan metode pembelajaran Jigsaw. Sedangkan kelompok 2 tdak diberi perlakuan. Catatan: Tdak ada test prestasi belajar sebelum perlakuan, sebab desain penelitian menggunakan eksperimen posttest only control.

Variabel Terikat

Prestasi hasil belajar, Skala Data: rasio, Rentang Nilai: Minimum = 0, Maximum = 100. Cara pengumpulan data: menilai prestasi belajar satu semester setelah adanya perlakuan.

Variabel Interveining

Tidak ada.

Variabel Moderating

Tidak ada.

Variabel Kontrol

Tidak ada.

Kerangka Konsep

Metode Jigsaw memberikan potensi yang lebih baik dibandingkan metode biasa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Hipotesis Dan Uji Statistik

Hipotesis ke-1: Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas …. Sekolah … memberikan peningkatan prestasi yang lebih dibandingkan dengan metode pembelajaran biasa.

Uji Statistik: Uji Independen Sample T Test (independent t test atau disebut juga dengan uji t bebas). Parameter: Nilai T Hitung. Cara pengambilan keputusan hipotesis: Jika absolute t hitung < absolute t tabel maka H0 diterima atau yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar antara metode jigsaw dengan metode biasa. Jika p value t test > batas kritis alpha misal 0,05, maka H0 diterima atau yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar antara metode jigsaw dengan metode biasa. Software: SPSS, STATA, Minitab, Excel add ins.

Uji Syarat:

Uji Normalitas dan Uji Homogenitas.

Baca juga: Tutorial Cara Uji Independent T Test dengan Excel dan Tutorial Tutorial Uji Independent T Test dengan STATA.

Contoh Hasil Penelitian:

Hipotesis ke-1: Nilai absolute t hitung 2,65 < absolute t tabel 3,45 maka H0 diterima atau yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar antara metode jigsaw dengan metode biasa.

Review Tingkat Kesulitan Oleh Statistikian:

Tinjauan Pustaka: Tinggi, Sedang, Rendah.

Uji Statistik: Tinggi, Sedang, Rendah.

Pembahasan: Tinggi, Sedang, Rendah.

Rekomendasi Software Statistik: SPSS, AMOS, STATA, Eviews, Minitab, Add Ins Excel, Excel, Lisrel.

Tinggalkan Komentar Anda Disini...