Penjelasan Metode Penelitian Secara Lengkap

0
1605

Penjelasan dan Pengertian Metode Penelitian

Pengertian Metode Penelitian

Metode penelitian adalah tata cara yang dimiliki dan dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi terhadap data yang telah didapatkan tersebut.

Dalam pembahasan kali ini, pertama-tama kami coba menjelaskan terlebih dahulu pengertian tentang metode penelitian. Maksudnya ialah bahwa pembahasan kali ini akan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang penelitian.

Metode Penelitian
Metode Penelitian

Sebagai peneliti, ada beberapa hal yang harus dipahami, antara lain ontology, epistomology, metodologi penelitian, metode penelitian dan teknik penelitian. Diantara komponen-komponen tersebut, metode penelitian adalah komponen yang paling tampak atau terlihat pada saat anda melakukan penelitian. Sedangkan yang lainnya menjadi penguat agar anda sukses melakukan penelitian yang baik.



Agar anda tidak pusing terlebih dahulu, coba pahami beberapa pengertian komponen dasar yang ada dalam penelitian.

Ontology

Ontology adalah ilmu filsafat yang mempelajari bagaimana anda sebagai peneliti, dapat melihat dunia secara realistis kemudian membuat asumsi-asumsi tentang dunia tersebut sehingga bisa membuat perbandingan-perbandingan terhadap sifat dunia dan seisinya lalu kemudian mengambil kesimpulan-kesimpulan.

Sebagai contoh, coba anda membayangkan dunia ini. Bagaimana dunia ini sebelum diciptakan, kemudian diciptakan, bagaimana eksistensinya, manusia dan makhluk lainnya di dalamnya saling berkaitan. Kemudian anda berpikir bahwa manusia hidup dalam dunia berada di bumi. Manusia hidup karena makan dan minum. Makanan bersumber dari dari tumbuhan. Sedangkan tumbuhan dapat hidup dan tumbuh karena adanya tanah, air, udara dan matahari.

Dari pernyataan di atas, kira-kira pertanyaan apa saja yang bisa muncul dalam benak anda? Coba saya bantu untuk mengumpulkan beberapa saja dari segudang pertanyaan yang bisa dibuat. Pertanyaan tersebut antara lain:

  • Bagaimana bumi diciptakan?
  • Bagaimana manusia diciptakan?
  • Mengapa manusia menjadi penguasa di bumi?
  • Mengapa dengan makan manusia bisa tumbuh serta bagaimana perjalanan makanan itu di dalam tubuh manusia?
  • Bagaimana tumbuhan mengolah sumber nutrisi dari tanah sehingga dapat tumbuh?

Dan banyak lagi segudang tanya yang bisa kita buat. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang bisa anda teliti. Jadi kesimpulannya, sebagai peneliti anda harus memahami tentang ontology dan menerapkannya. Jika anda bertanya bagaimana sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan manusia, maka anda harus menelitinya.

Epistomology

Epsitomology adalah ilmu yang mempelajari bagaimana anda membuat langkah-langkah terbaik atau tata cara yang terbaik dalam rangka mempelajari sifat dunia dan realitas. Artinya bahwa setelah anda mempunyai segudang tanya terhadap realitas dunia, selanjutnya anda akan bertanya kembali, bagaimana cara mempelajarinya.

Saya ambil contoh pada pertanyaan dalam pembahasan ontology di atas, yaitu: bagaimana sinar matahari dapat membantu tumbuhan mengolah sari pati tanah menjadi bahan nutrisi yang bisa dimanfaatkan manusia.

Maka selanjutnya anda akan memilih cara yang terbaik agar anda dapat menemukan jawaban terhadap pertanyaan tersebut. Misalnya anda akan coba melihat apa sebenarnya yang diserap dari sari pati tanah oleh tumbuhan. Bagaimana cara mengetahuinya. Selanjutnya setelah diketahui, bagaimana dapat mengetahui bahwa sinar matahari berperan dalam proses perubahan sari pati tanah menjadi nutrisi yang berguna untuk manusia dan binatang. Bagaimanakah caranya? Itulah yang dimaksud dengan epistomology.

Sebagai peneliti anda harus memahami dan menggunakan ontology serta epistomology sebelum anda melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu memahami dan menerapkan metodologi penelitian.

Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian adalah bagaimana anda sebagai peneliti atau anda sebagai bagian dari tim penelitian, mencoba untuk membuat gambaran secara komprehensif bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Untuk lebih jelasnya tentang metodologi penelitian, sudah kami bahas dalam artikel: Metodologi Penelitian.

Metode Penelitian

Setelah anda memahami semua yang kita bahas di atas, saatnya anda masuk ketahap memahami metode penelitian. Seperti yang sudah di bahas di paling awal, bahwa metode penelitian adalah tata cara untuk mengumpulkan data kemudian melakukan investigasi terhadap data tersebut.

Jika kita masuk dalam tahap ini, maka anda akan menjawab beberapa pertanyaan: Bagaimana data akan dipilih? Sumber data dari mana? Siapa yang akan mengambil data? Kapan dan dimana? Kriterianya bagaimana? Kalau sudah didapat datanya, selanjutnya bagaimana cara mengolahnya agar bisa dimanfaatkan untuk menjawab pertanyaan? Menggunakan apa mengolahnya? Selanjutnya bagaimana cara analisisnya? Menggunakan apa? Bagaimana cara mengambil keputusan terhadap hasil analisis tersebut?

Itulah jawaban yang harus anda cari dengan cara memahami tentang metode penelitian dan teknik pengumpulan data, pengolahan data serta analisis data hingga ilmu statistik. Tidak mudah memang, oleh karena itu jangan terburu-buru atau tergesa-gesa. Sebaiknya anda sebagai peneliti atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir penelitian, mempelajari semua pertanyaan di atas secara berurutan dan secara hirarki. Caranya adalah banyak membaca, dimana salah satunya adalah membaca artikel kami: statistikian. Website yang menyediakan tutorial, referensi, serta diskusi seputar penelitian dan ilmu statistik.

Jenis Metode Penelitian

Jika anda sudah masuk ke dalam tahap metode penelitian, maka anda akan dihadapkan pada 2 hal yang sangat penting, yaitu apakah anda akan melakukan penelitian kualitatif atau penelitian kuantitatif. Silahkan baca artikel kami yang berjudul: Penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif tersebut.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Demikian telah kami jelaskan sedikit tentang metode penelitian. Silahkan anda kembangkan artikel metode penelitian ini dan coba terapkan dalam tugas akhir perkuliahan anda. Semoga sukses dengan penelitian anda. Salam hangat dari kami.

By Anwar Hidayat

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......