Contoh Penelitian Kesehatan dengan Regresi Logistik

0
495

Contoh Penelitian Kesehatan Case Control Menggunakan Uji Regresi Logistik

Contoh penelitian kesehatan ini adalah salah satu contoh penelitian yang biasa digunakan oleh mahasiswa yang kuliah di bidang kesehatan, misalnya kedokteran, keperawatan atau kesehatan masyarakat. Contoh penelitian kesehatan ini merupakan salah satu contoh penelitian kesehatan yang sering diangkat oleh mahasiswa yang sedang menjalani skripsi atau tugas akhir dalam perkuliahan kesehatan, semisal Fakultas Kedokteran, Fakultas Keperawatan dan jenis perkuliahan kesehatan lainnya.

Contoh penelitian kesehatan ini menggunakan metode penelitian case control dimana peneliti tidak melakukan perlakuan pada subjek penelitian. Melainkan melakukan penelusuran kebelakang dengan melihat riwayat masa lalu responden atau yang biasa disebut dengan istilah case control.

Pelajari juga: Perbedaan Cross Sectional, Case Control dan Kohort.

contoh penelitian kesehatan
contoh penelitian kesehatan

Judul Penelitian

Pengaruh Rokok Terhadap Kejadian Kanker Paru Pada Pria Usia > 50 Tahun di ……

Desain Penelitian

Survey Epidemiologi: Case Control, yaitu melakukan survey pada sekelompok populasi dengan melihat kasus saat ini (kanker paru dan tidak kanker paru), selanjutnya menelusuri riwayat masa lalu responden, apakah merokok atau tidak merokok. Sampel dipilih dari pria berusia lebih dari 50 tahun.

Tujuan Penelitian

Menilai pengaruh status merokok (merokok dan tidak merokok) terhadap kejadian kanker paru pada pria berusia > 50 tahun. Dengan asumsi, pria merokok beresiko lebih besar untuk terkena kanker paru dibandingkan dengan pria tidak merokok.

Variabel Penelitian

Variabel Bebas

Merokok, Skala Data: kategori nominal (2 kategori atau disebut dikotomi), Kategori: kode 1 = Merokok, dan kode 0 = Tidak merokok. Kode 1 merujuk pada kelompok yang beresiko berdasarkan konsep teori.

Variabel Terikat

Kanker Paru, Skala Data: kategori nominal (2 kategori atau disebut dikotomi), Kategori: kode 1 = Mengalami kanker paru, dan kode 0 = Tidak mengalami kanker paru. Kode 1 merujuk pada kelompok yang diakibatkan oleh resiko berdasarkan konsep teori.

Variabel Interveining

Tidak ada.

Variabel Moderating

Tidak ada.

Variabel Kontrol

Jenis Kelamin Pria dan Usia > 50 Tahun.

Kerangka Konsep

Pria Merokok lebih beresiko terkena kanker paru dari pada pria yang tidak merokok.

Hipotesis Dan Uji Statistik

Hipotesis ke-1: Merokok mempengaruhi kejadian kanker paru pada pria usia > 50 tahun.

Uji Statistik: Uji Regresi Logistik. Parameter: Nilai CHi Square Likelihood. Cara pengambilan keputusan hipotesis: Jika Chi Square Likelihood Hitung < Chi Square Likelihood tabel maka H0 diterima atau yang berarti tidak ada pengaruh merokok terhadap kejadian kanker paru pada pria usia > 50 tahun. Jika p value Chi Square Likelihood > batas kritis alpha misal 0,05, maka H0 diterima atau yang berarti tidak ada kejadian kanker paru pada pria usia > 50 tahun. Software: SPSS, STATA, Minitab, Excel, Eviews.

Syarat:

Non Multikolinearitas.

Uji Terkait:

Hosmer Lemeshow, Wald, Odds Ratio, Classification Result, Outlier.

Baca juga: Regresi Logistik.

Contoh Hasil Penelitian:

Hipotesis ke-1: Nilai P Value 0,001 maka H0 ditolak atau yang berarti ada pengaruh merokok terhadap kejadian kanker paru pada pria usia > 50 tahun.

Review Tingkat Kesulitan Oleh Statistikian:

Tinjauan Pustaka: Tinggi, Sedang, Rendah.

Uji Statistik: Tinggi, Sedang, Rendah.

Pembahasan: Tinggi, Sedang, Rendah.

Rekomendasi Software Statistik: SPSS, AMOS, STATA, Eviews, Minitab, Add Ins Excel, Excel, Lisrel.

Tinggalkan Komentar Anda Disini...