About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

2 Comments

  1. 1

    Odi gita pradana

    Assalamualaikum pak ada bberapa hal yg ingin sy tanyakakan terkait uji homogenitas ini.

    1.Saat kita melakukan uji anova dgn SPSS biasanya di output spss sudah muncul tabel khusu yg menjelaskan homogenitas data kita. Apakah dengan melihat output tersebut sudah cukup tanpa harus melakukan uji homohenitas seperti artikel di atas?

    2. Apakah bisa menggunakan hanya 1 variabel dalam menguji homogenitas seperti artikel di atas?

    Terimakasih sebelumnya

    Reply
    1. 1.1

      Anwar Hidayat

      1. Pada uji Anova dengan SPSS, jika kita centang homogeinity test, maka hasil uji homogenitas levene test otomatis muncul. Maka anda sudah tidak perlu lagi melakukan uji homogenitas.
      2. Anda harus pahami dulu makna dari uji homogenitas, yaitu menguji apakah variance antar kelompok berbeda secara nyata atau tidak. Jadi yang diuji adalah variance antar kelompok. Bisa jadi variance variabel terikat, sedangkan variabel bebas menunjukkan kelompoknya. Misal dalam penelitian yang berjudul: adakah pengaruh perlakuan pembelajaran terhadap nilai ujian IPA siswa kelas 6. Yang diuji kesamaan variance adalah variabel terikat yaitu nilai ujian siswa. Sedangkan kelompoknya adalah variabel bebas yaitu perlakukan pembalajaran, misal metode pembelajaran andragogi dan pedagagogi.

      Reply

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

2012 - 2018 statistikian all right reserved