Interprestasi Analisis Cluster Hirarki dengan SPSS

Interprestasi Analisis Cluster Hirarki dengan SPSS

Setelah kita melakukan analisis cluster seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, yaitu: , maka sampai pada kita bagaimana menginterprestasikan hasilnya. Baiklah, mari kita bahas secara detail, perihal Interprestasi Analisis Cluster Hirarki dengan SPSS.

Tutorial Cara Baca Output Analisis Kluster Hirarki

Buka output SPSS anda berdasarkan artikel sebelumnya.

Proximities

Yang perlu anda lihat pertama kali adalah tabel proximities:

Interprestasi Analisis Cluster Hirarki
Interprestasi Analisis Cluster Hirarki

Tabel output di atas menunjukkan bahwa semua data sejumlah 14 obyek telah diproses tanpa ada data yang hilang.

Matrix Proximities

Proximity Matrix
Matrix Proximities

Tabel diatas menunjukkan matriks jarak antara variabel satu dengan variabel yang lain. Semakin kecil jarak euclidean, maka semakin mirip kedua variabel tersebut sehingga akan membentuk kelompok (cluster).

Average Linkage

Average Linkage
Average Linkage

Tabel di atas merupakan hasil proses clustering dengan metode “Between Group Linkage”. Setelah jarak antar variabel diukur dengan jarak euclidean, maka dilakukan pengelompokan, yang dilakukan secara bertingkat.

Stage 1: terbentuk 1 cluster yang beranggotakan Sampel no 4 dan 11 dengan jarak 0.000 (perhatikan pada kolom Coefficients). Karena proses aglomerasi dimulai dari 2 obyek yang terdekat, maka jarak tersebut adalah yang terdekat dari sekian kombinasi jarak 14 obyek yang ada. Selanjutnya lihat kolom terakhir (Next Stage), terlihat angka 3. Hal ini berarti clustering selanjutnya dilakukan dengan melihat stage 3.

Demikian seterusnya dari stage 3 dilanjutkan ke stage 11, sampai ke stage terakhir.

Aglomeratif

Aglomeratif adalah bagian yang sangat penting pada saat kita coba interprestasi analisis cluster hirarki ini. Proses aglomerasi ini bersifat kompleks, khususnya perhitungan koefisien yang melibatkan sekian banyak obyek dan terus bertambah. Proses aglomerasi pada akhirnya akan menyatukan semua obyek menjadi satu cluster. Hanya saja dalam prosesnya dihasilkan beberapa cluster dengan masing-masing anggotanya, tergantung jumlah cluster yang dibentuk.

Cluster Membership

Perincian jumlah cluster dengan anggota yang terbentuk dapat dilihat pada tabel output berikut ini:

Tabel Cluster Membership
Tabel Cluster Membership

Dari table di atas, jika anda menginginkan 2 cluster, maka yang menjadi anggota cluster 1 lihat pada kolom “2 clusters” dengan symbol 1, yaitu sample A, E, F, G, I, J.

Dendogram

Diagram Dendogram
Diagram Dendogram

Dendogram berguna untuk menunjukkan anggota cluster yang ada jika akan ditentukan berapa cluster yang seharusnya dibentuk. Sebagai contoh yang terlihat dalam dendogram, apabila akan dibentuk 2 cluster, maka cluster 1 beranggotakan sample D sampai dengan Sampel B (sesuai urutan dalam dendogram); dan cluster 2 beranggotakan sample G sampai dengan Sampel E. Demikian seterusnya dapat dengan mudah dilihat anggota tiap cluster sesuai jumlah cluster yang diinginkan.

Pemilihan Anggota Cluster

Kemudian anda lihat dataset anda pada “data view”, di mana ada variabel baru dengan nama “Cluster Between Average Linkage”. Variabel tersebut memberikan tanda pada sampel, masuk menjadi anggota cluster mana.

Demikian tutorial tentang Interprestasi Analisis Cluster Hirarki dengan SPSS. Sialakan anda baca artikel kami selanjutnya: Analisis Cluster Non-Hirarki dengan SPSS.

By Anwar Hidayat

Jasa Olah Data Aman Terpercaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini