Categories HipotesisKomparatifKomputerisasiSPSS

Tutorial Student T Test dengan SPSS

Student T Test dengan SPSS

Student T test adalah uji yang mengukur tingkat signifikansi perbedaan Mean sekelompok data dengan sebuah nilai Mean dari kelompok tertentu atau Mean yang telah ditentukan. Setelah anda mempelajari Uji T Student, kini saatnya mempelajari cara melakukan uji student test dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dalam artikel Student T Test ini, kita akan bahas tutorial Uji T Student menggunakan aplikasi SPSS.

Materi Uji Student T Test dengan SPSS

Pertama kali silahkan anda download file kerja dalam tutorial ini DI SINI. Kemudian buka dengan aplikasi anda.

Apabila sudah terbuka, maka tampak dataset sebagai berikut:

Student T Test dengan SPSS

Perhatikan di atas, bahwa kita memiliki data tinggi badan 20 sampel siswa SD kelas 6 di sekolah A. Kemudian hipotesis yang diajukan adalah: apakah ada perbedaan antara rata-rata tinggi badan siswa SD kelas 6 sekolah A dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan standart nasional?

Asumsi Uji Student T Test Dengan SPSS

Sebelum uji t student kita lakukan, pertama kali kita harus melakukan uji outlier dan uji normalitas dengan menggunakan uji shapiro wilk. Caranya sudah kami bahas dalam Normalitas pada SPSS. Jika cara anda benar, maka akan mendapatkan output sebagai berikut:

Normalitas Output uji t Student

Tampak bahwa Sig uji Shapiro wilk sebesar 0,465 di mana lebih besar dari batas kritis 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal.

Normal QQ Uji T Student

Stem-leaf Uji T Student

Box-plot Uji T Student

Grafik Normalitas Uji T Student

Dengan Normal QQ plot, tampak bahwa tidak ada plot yang terpisah jauh dengan kelompoknya atau terpisah jauh dari garis lurus. Begitu pula stem-leaf tidak menunjukkan adanya nilai ekstrem. Box-plot tidak menunjukkan adanya plot di atas atau di bawah box-plot. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat outlier.

Setelah kita pastikan tidak ada masalah asumsi, selanjutnya kita lakukan uji student t test. Pada Menu, klik Analyze, Compare Means, One sample t test. Jika jendela telah terbuka, masukkan variabel yang akan kita uji yaitu tinggi badan ke dalam kotak Test Variable(s). Pada kolom Test Value, isi dengan rata-rata yang akan kita bandingkan (mean spesifik) yaitu rata-rata tinggi badan standart nasional sebesar 150.

Student T Test SPSS

Selanjutnya tekan OK dan lihat Output.

Student T Test SPSS Descriptive

Interprestasi Uji T Student Dengan SPSS

Output di atas menunjukkan jumlah sampel yang digunakan yaitu N = 2. Besarnya rata-rata sampel yaitu Mean = 1.4550E2 atau 145,50. Besarnya standart deviasi yaitu S = 8,03610. Dan besarnya Standart Error of mean yaitu 1,79693.

Output Student T Test SPSS

Output di atas menunjukkan selisih perbedaan antara mean sampel (145,50) dengan mean spesifik (150) yaitu Mean Differences = 145,50 – 150 = -4,500. degree of freedom (DF) yaitu N – 1 = 20 – 1 = 19. Nilai t hitung sebesar -2,504. Maka untuk pengujian 2 pihak, kita bandingkan nilai t hitung tersebut dengan t tabel pada df 19 dan probabilitas 0,05 yaitu t tabel sebesar 2,093.

Pelajari cara membuat r tabel dan t tabel di: Cara Membuat R Tabel dalam Excel.

Signifikansi Uji T Student Dengan SPSS

Apabila t hitung > t tabel atau -t hitung < -t tabel, maka perbedaan signifikan atau H1 diterima dan H0 ditolak. Dalam kasus di atas: -2,504 < -2,093 maka keputusan hipotesis adalah menerima H1 dan menolak Ho atau yang berarti dalam derajat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata sampel dengan rata-rata standart nasional.

Cara lain untuk menjawab hipotesis adalah dengan melihat nilai p value atau di atas ditunjukkan dengan nilai Sig (2-tailed) yaitu sebesar 0,022 di mana kurang dari batas kritis 5% atau 0,05 maka kesimpulannya adalah menerima H1 dan menolak Ho atau yang berarti dalam derajat kepercayaan 95% terdapat perbedaan yang bermakna antara rata-rata sampel dengan rata-rata standart nasional.

Demikian tutorial uji student t test dengan SPSS, semoga bermanfaat bagi para peneliti dalam penelitiannya. Selanjutnya pelajari tentang rumus Uji T Student di: Student T Test dengan Excel.

By Anwar Hidayat

This article was last modified on March 29, 2017, 3:19 am

Share
Tags TutorialTutorial SPSSUji T
Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

View Comments

Recent Posts

Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Dalam Perbedaan

Perbedaan Hipotesis Penelitian dan Hipotesis Statistik Apa yang dimaksud dengan hipotesis penelitian? Apa yang dimaksud dengan hipotesis statistik? Apa perbedaan…

23 Mei 2018 01:14

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh

Pengertian Simple Random Sampling, Jenis dan Contoh Pengertian Simple Random Sampling Dalam kesempatan ini akan kami coba sharing tentang pengertian…

16 Februari 2018 01:22

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda

Penjelasan dan Tutorial Regresi Linear Berganda Dalam kesempatan ini, saya akan coba menjelaskan tentang Regresi Linear Berganda serta tutorial regresi…

1 Januari 2018 17:58

Cara Hitung Rumus Slovin Besar Sampel

Cara Perhitungan Rumus Slovin Besar Sampel Minimal Pengertian Rumus Slovin Rumus Slovin adalah sebuah rumus atau formula untuk menghitung jumlah…

16 Desember 2017 23:06

F Tabel Lengkap Beserta Cara Mencari dan Membacanya

F Tabel Lengkap Selamat pagi, siang atau malam wahai semua pengunjung dan pecinta statistikian.com. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan…

4 Desember 2017 02:11

Tutorial Uji Regresi Ordinal dengan SPSS

Tutorial Analisis Regresi Ordinal dengan SPSS Berikut dalam artikel kali ini akan kita bahas bagaimana cara melakukan uji regresi ordinal…

31 Agustus 2017 21:51