About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

16 Comments

  1. 1

    Anwar Hidayat

    Identity bukanlah jenis transformasi, melainkan yang berarti "diri sendiri" atau lebih tepatnya data asli tanpa transformasi.

    Reply
  2. 2

    Anonymous

    Mas, mau nanya dari hasil transformasi data di STATA menunjukkan bahwa transformasi yang yang disarankan adalah: dengan menggunakan transformasi "identity" output P(chi2) terbesar.
    Mta tlg gimana dengan metode transformasi "identity". makasih.

    Reply
  3. 3

    Anwar Hidayat

    Misal X yang ditransformasi. Ketikkan: X*X*X

    Reply
  4. 5

    Anwar Hidayat

    Silahkan masuk ke situs resmi STATA

    Reply
  5. 6

    Asima Siregar

    Maaf pak. Bisa tolong berikan saya link untuk mendowload aplikasi stata?

    Reply
  6. 7

    Anonymous

    Selamat malam mas, mau tanya apabila variabel dependen ada nilai positif dan nilain negatif apakah bisa di regres menggunakan metode OLS biasa? software yang saya gunakan adalah STATA 12. Terimakasih sebelumnya

    Reply
  7. 8

    Ikhwan

    Mas, bagaimana cara transformasi cubic pada SPSS 16?
    Thanks

    Reply
  8. 9

    Anwar Hidayat

    Tergantung pada uji hipotesa anda, misal untuk uji regresi linear, maka silahkan lakukan transformasi yang tepat

    Reply
  9. 10

    Anonymous

    selamat malam pak, saya oe. sy sudah menggunakan uji K- S untuk melihat apakah data sy terdistribusi normal atau tidak dan ternyata tidak terdistribusi normal. apakah saya harus transformasi data atau memilih uji lain. terima kasih 🙂

    Reply
  10. 11

    Anwar Hidayat

    Transformasi hanya dianjurkan untuk uji regresi. Pada uji regresi silahkan lakukan transformasi yang berbeda tiap variabel, tetapi bentuk persamaannya mengikuti transformasinya. Misal Y dengan Square, X1 dengan Square Root dan X2 dengan Logaritma. Maka Rumus persamaannya: Y^2 = Alfa + Beta Akar(X1) + Beta LN(X2)

    Reply
  11. 12

    Anonymous

    selamat malam pak, saya menggunakan uji K-S dan ternyata tidak terdistribusi normal… kalau saya menggunakan tranform invers pada dependent variable saya, apakah harus dilakukan hal yang sama pada independent variables? bagaimana dengan adanya dummy variable? sedangkan kalau tidak di transformasi berarti hasil significance nya akan berbanding terbalik. Terima kasih pak:)

    Reply
  12. 13

    Rangga

    selamat malam mas, saya mau nanya apakah data dalam bentuk persentase (%) dapat ditransformasi dengan log? cara interpretasi hasil regresi nya bagaimana nantinya?

    Reply
    1. 13.1

      Anwar Hidayat

      Persentase sebenarnya identik dengan desimal, hanya saja dalam persentase bersifat absolut artinya tidak ada negatif, jadi bisa ditransformasi dengan log dengan cara ubah ke data desimal dulu. Log adalah kebalikan dari eksponen, sehingga interprestasinya cukup dibalik dengan operasi eksponen. Itu saja caranya.

      Reply
  13. 14

    yeye

    pak mau nanya, kalau misalnya dari list saran hasil lader, semua p(chi2) < 0.05 harus bagaimana lagi pak…?

    Reply
    1. 14.1

      Anwar Hidayat

      Dicek apakah ada outlier. Selanjutnya buang outlier tersebut dan pilih ulang transformasi yang tepat.

      Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved