Cara Analisis Durbin Watson Hitung dengan Excel

Durbin Watson Hitung dengan Excel

Mengingat bahwa dalam uji regresi linear, kadang kita dihadapkan pada masalah harus menguji asumsi autokorelasi di mana salah satu metodenya adalah dengan uji Durbin Watson (DW). Apabila melakukan Regresi Linear dengan SPSS, nilai Durbin Watson otomatis akan muncul. Tetapi jika menggunakan aplikasi MS Excel, maka tidak semudah seperti SPSS. Oleh karena itu mari kita belajar Tutorial Durbin Watson Hitung dengan Excel.

Sebagian pembaca blog ini mungkin belum mengetahui bahwasanya uji autokorelasi dengan Durbin Watson dapat dilakukan dengan aplikasi MS Excel. Sebenarnya cara ini sangat mudah untuk dilakukan apabila mengetahui caranya.

Mengaktifkan Add Ins Data Analysis Toolpak Untuk

Sebelum melangkah lebih lanjut, anda wajib mengaktifkan Add Ins Data Analysis Toolpak pada aplikasi Excel anda. Untuk mengaktifkannya silahkan baca artikel kami tentang Mengaktifkan AddIns Data Analysis Toolpak pada Excel. Setelah anda aktifkan, selanjutnya lakukan uji regresi linear dengan excel menggunakan bantuan AddIns Data Analysis Toolpak, caranya seperti dalam artikel: Regresi Linear dengan Excel.

Tentunya jika anda berhasil melakukannya, maka akan mendapatkan nilai Residual, yaitu dengan cara mencentang “Residual” pada saat melakukan uji tersebut di excel.

Residual Hasil Uji Regresi Linear

Misal, apabila array Residual anda tempatkan pada cell “G29:G108“, maka tempatkan rumus uji durbin watson hitung di salah satu cell kosong yaitu di sebelah kanan nilai “Significance F”, misal di cell “K16”.

Rumus atau formula yang anda ketikkan adalah:

=SUMXMY2(G30:G108,G29:G107)/SUMSQ(G29:G108)

Durbin Watson Hitung
Durbin Watson Hitung

Formula Durbin Watson

Perlu anda pahami dari rumus di atas, yaitu G30:G108. G30 adalah baris kedua. G108 adalah baris terakhir. Sedangkan G29:G107, maksudnya G29 adalah baris pertama dan G107 adalah satu baris sebelum baris terakhir. Baris yang kami maksud adalah array dimana variabel residual ditempatkan, yaitu pada cell G29:G108 di mana jumlah sampel/observasi sebanyak 80 sampel/observasi.

Jadi misal residual anda berada pada array K11:K101, maka rumus durbin watson hitung adalah:

=SUMXMY2(K12:K101,K11:K100)/SUMSQ(K11:K101)

Jika anda benar, maka anda akan mendapatkan nilai Durbin Watson hitung yang benar pula. Silahkan anda cocokkan dengan hasil dari software lain, misal SPSS, maka hasilnya pasti sama. Tentunya jika sudah mendapatkan nilai Durbin Watson hitung yang benar, anda dapat membandingkannya dengan untuk menentukan ada tidaknya autokorelasi. Selain itu anda juga harus memahami tentang DU dan DW dalam analisis asumsi autokorelasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda download file kerja dalam tutorial ini di: SINI. Demikian penjelasan kami tentang tutorial cara analisis Durbin Watson Hitung dengan excel.

By Anwar Hidayat

Jasa Olah Data Aman Terpercaya

2 KOMENTAR

  1. siang pak, saya ingin menanyakan persamaan beda penuh itu dengan persamaan beda umum apakah sama atau beda? karena data saya mengalami autokorelasi? dan contoh persamaan beda penuh seperti apa?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini