About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

29 Comments

  1. 1

    Wahyu Alfiansyah

    terima kasih artikelnya, membantu penelitian saya..

    Reply
  2. 2

    ati nurrohmah

    terimakasih untuk tulisannya, sangat membantu tugas saya ^^

    Reply
  3. 3

    Anonymous

    saya bingung menghitung one group itu…
    help me

    Reply
  4. 4

    Anwar Hidayat

    Bingung menghitung bagaimana?

    Reply
  5. 5

    Anwar Hidayat

    Baca artikel saya tentang Besar Sampel penelitian

    Reply
  6. 6

    Lisa Nurhasanah Mawardi

    terima kasih infonya sangat membantu .. tapi masih bingung cara mnghitung besar sample.. kebetulan penelitian saya dengan design pre experimental -the one group pretest-posttest design. mohon pencerahannya sebaiknya pakai rumus apa. terima kasih sebelumnya

    Reply
  7. 7

    Anwar Hidayat

    Sepertinya kasus anda ada 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat, maka gunakan uji two way anova. Pelajari artikel saya tentang two way anova dengan spss.

    Reply
  8. 8

    Mulyadi Sutopo

    Aslm….. Akhi, saya punya beberpa variabel utk di analisis dengan SPSS, diantaranya
    1) variabel motivasi (tinggi dan rendah) 2) teknik Mengajar (Athree step Interviev dan Debat) 3) hasil bejajar, Y^ang saya tanyakan : 1) dengan menggunakan apa saya harus analisis, TWO WAY ANOVA/MULTIVARIAT. 2) Kalo pake salah satunya MOHON BAGAIMANA LANGKAH2nya? Jazzakumullah…

    Reply
  9. 9

    Anwar Hidayat

    Anda bisa gunakan uji Anova atau Repeated Measure Anova

    Reply
  10. 10

    sri ramayanti

    Terimakasih artikelnya. Saya mau bertanya tentang analisis apa yg harus saya pakai jika variabel saya buah naga (merah,putih) terhadap jumlah plak (hari 0,7,14) bakteri (hari 0,7,14) pH (hari 0,7,14). Jadi analisis apa yg saya pakai? Terimakasih

    Reply
  11. 11

    Anwar Hidayat

    Desain penelitian bukan segala-galanya dalam menentukan jenis uji statistik, yang terpenting adalah tujuan penelitian, bentuk hipotesis dan skala data variabel. Uji Manova itu uji kausal komparatif apabila variabel terikat ada lebih dari 1 variabel dan berskala interval atau rasio (numerik atau kualitatif), sedangkan variabel bebas berskala data nominal atau ordinal (kategorik atau kuantitatif).

    Reply
  12. 12

    Anwar Hidayat

    Hipotesisnya apa dulu? jika hipotesisnya untuk menilai pengaruh X1, X2 dan X3 terhadap Y, maka lihat dulu skala data per variabelnya. Jika semua X berskala data kategorik dan Y berskala data numerik, maka uji ANOVA tepat dilakukan.

    Reply
  13. 13

    Anwar Hidayat

    Multivariate One Way Anova (MANOVA)

    Reply
  14. 14

    dwi widiyaningsih

    terima kasih artikelnya sangat bermanfaat,,,oia mohon bantuanya kira-kira anlisis apa ya yang sesuai dengan quasi eksperimen dengan lebih dari satu variabel bebas ,,,pakai manova kah ?

    Reply
  15. 15

    Anonymous

    Terimakasih artikelnya. Saya mau bertanya tentang analisis apa yg harus saya pakai jika variabel kekuatan otot (X1), daya ledak tungkai (X2), kelincahan (X3) terhadap kecepatan (Y).
    kebetulan penelitian saya dengan design pre experimental -the one group pretest-posttest design. mohon pencerahan, uji apa saja yang harus saya pakai??

    Reply
  16. 16

    dwi widiyaningsih

    kalau kebalikanya pak ?1 variabel bebas dan 2 variabel terikat pakai uji apa pak ?makasih

    Reply
  17. 17

    Ferdinan Lowen

    Maaf, saya copy file ini.Thans,God bless.

    Reply
  18. 19

    Ravi Masitah

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.Penelitian saya berjudulpengaruh pendidikan gizi dengan video animasi dan media sosial terhadap pengetahuan, persepsi body image dan pola makan remaja. Uji statistik yang tepat digunakan kira-kira apa ya pak? terimakasih

    Reply
  19. 20

    Anwar Hidayat

    Mohon pertanyaannya diperjelas, masalah asumsi ini pada context uji anova atau uji independen t test? atau mungkin yang lainnya. Kalau dalam context analisis anova, maka menggunakan koreksi brown forsythe atau welch's f. Sedangkan jika pada context independen t test, maka gunakan uji independen t test unequal variances atau welch's t test.

    Reply
  20. 21

    ayu nc

    Maaf saya mau bertanya apabila data tidak homogen tetapi normal lebih baik manggunakan uji apa yahh?

    Reply
  21. 22

    fery

    maaf sy mau tanya, penelitian sy eksperimen murni dan mencari pengaruh pada intervensi yg sy beri, untuk datanya sy pakai ordinal dan nominal, sedangkan uji statistiknya sy masih bingung, sebaiknya sy menggunakan uji apa ya? terimakasih.

    Reply
    1. 22.1

      Anwar Hidayat

      Silahkan baca artikel saya tentang jenis data dan pemilihan analisis statistik

      Reply
  22. 23

    rilla

    Jika data kontrol tidak normal walaupun sudah ditansformasi, sedangkan data intervensi berdistribusi normal. Saya pakai uji apa? Apakah independent t test ataukah mann whitney?

    Reply
    1. 23.1

      Anwar Hidayat

      Gunakan mann whitney u test. Baca artikel saya tentang Mann Whitney U Test.

      Reply
  23. 24

    Rasda Rahim

    sampel saya 2 kelas, semuanya kelas eksperimental dan di beri perlakuan yang berbeda (masing2 kelas di beri metode belajar yang berbeda) tujuannya untuk membandingkan metode mana yang paling bagus dan cocok untuk mereka. Design apa yang cocok untuk penelitian ini dan harus menggunakan analisis statistik apa? terima kasih atas jawabannya.

    Reply
    1. 24.1

      Anwar Hidayat

      Two group pre and post design. Analisisnya menggunakan independent t test.

      Reply
  24. 25

    Aida muslimah

    Assalamualaikum….
    Statistik jenis apa yang sesuai saya gunakan, dengan menggunakan 2 variabel, yaitu variabel tentang jigsaw dan kedua tentang hasil belajar.
    Apa chi square sesuai saja? Atau saya harus memakai product moment? Dengan penelitian kuantitatif jenis eksperimen.
    Mohon jawaban nya, terimakasih.
    Wassalam

    Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved