About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

55 Comments

  1. 1

    Acho

    Kalo membandingkan antara variabel X dan Variabel Y doank, apakah perlu Uji Asumsi Klasik??

    Reply
  2. 2

    Anwar Hidayat

    Kalau uji parametris akan selalu ada…tergantung sekarang uji membandingkan bagaimana, misal uji t paired/pairing t test: asumsinya adalah kedua kelompok homogen dan perbedaan kedua kelompok (differences) haruslah berdistribusi normal

    Reply
  3. 3

    Anwar Hidayat

    Apa aja, yang penting analisis datanya membutuhkan asumsi homoskedastik

    Reply
  4. 4

    Nofrida

    ada ide gak ya utk judul skripsi yg bkaitan dgn heteroskedastisitas? hehe

    Reply
  5. 6

    Anwar Hidayat

    Harus semuanya agar model menjadi baik untuk uji parametris

    Reply
  6. 7

    luthfi adhitya

    kalo misal ada 10 variabel,salah satu atau salah dua nilai signifikansinya kurang dari taraf nyata,masih bisa dikatakan tidak heteros gak?makasih

    Reply
  7. 8

    luthfi adhitya

    mas kalo salah satu doang nilai signya kurang dari taraf nyata,masih dikatakan heteros gak?maksudny, walaupun nilai signifikansi didominasi oleh lebih dari taraf nyata tapi masih ada salah satu yg kurang dari sig,gmana?makasih

    Reply
  8. 9

    Anwar Hidayat

    Constant artinya besaran nilai yang dapat mempengaruhi perubahan variabel dependen tanpa perlu adanya intervensi dari variabel independen. Constant mungkin saja 0,00.

    Reply
  9. 10

    Pirsanty Arta

    Mas, maksud dari nilai pada constant itu gmna ya? Apa mungkin nilainya 0.00? Trims

    Reply
  10. 12

    Diantha

    Mau bertanya, jadi kalau nilai sig constantnya dibawah 0,05 namun seluruh variabel bebas lebih dr 0,05 maka bisa dikatakan homoskedastisitas? trmksh.

    Reply
  11. 13

    Anwar Hidayat

    Dianggap bebas heteroskedastisitas. Perkuat dengan grafik atau uji yang lain.

    Reply
  12. 14

    Regina Ramdhiani

    kalau setelah mengikuti langkah-langkah diatas tapi masih ada 1 variabel yg Sig. nya masih dibawah 0,05 gimana???

    Reply
  13. 15

    Anwar Hidayat

    Kalau variabel independen campuran rasio/interval dan kategorik maka disebut uji ancova. Uji heteroskedastisitas dilakukan serentak, bukan pada masing-masing variabel secara berurutan

    Reply
  14. 16

    Anonymous

    Pak, kalau misalnya variable independen terdiri dari skala rasio dan ada dummy variable juga, apakah uji heterokedastisitas nya juga langsung bersamaan? Apakah akan berpengaruh terhadap hasil ujinya nanti?

    Reply
  15. 17

    Anwar Hidayat

    heteroskedastisitas bukan kesamaan varians. Heteroskedastisitas bermakna dari sebuah model atau semua variabel

    Reply
  16. 18

    Anonymous

    Kalau terjadi heteroskedastisitas 2 dari 7 variabel, berarti 2 var tsb memiliki kesamaan varians kn? Bgmn menjelaskanny?
    Hal ini lazim kn?

    Reply
  17. 19

    Mira Wijaya

    Numpang nanya. Saya sedang skripsi dan hasil uji glejser saya utk salah satu variabel independen saya sig. nya = 1.000 dengan Unstandardized Coefficients B = -4.278E-005. Apakah hasil tersebut mungkin? Terima kasih.

    Reply
  18. 20

    Anwar Hidayat

    Tepatnya bukan hubungan, tetapi pengaruh. Lihat nilai Sig pada tabel coefficient. jika < 0,05 berarti ada pengaruh X terhadap Absolut Residual (misal pada uji glejser)

    Reply
  19. 21

    Dhydhenz

    mau tanya mas,,,
    kalu untuk uji park dan uji glejser bagaimana cara kita mengetahui hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) signifikan atau tidak,dilihat dari nilai ysng mana???
    thanks be4…

    Reply
  20. 22

    Muflih Hariyanto

    mas…saya rian mau tanya kalau ada hanya satu variabel dari 3 variabelyang nilai sig nya kurang dari 0,05 apakah variabel ini di dropkan atau TIDAK DIPAKAI dalam penelitian?

    Reply
  21. 23

    Anwar Hidayat

    Dilakukan transformasi, bisa dengan Log Natural (LN), 1/LN, Membagi X dengan X1, Membagi X dengan salah X

    Reply
  22. 24

    Blognya Mega Rustam

    mas, mau nanya. klo data mengikuti distribusi tertentu misalkn saja distribusi eksponensial. bgmn menguji hteroskedastisitasx. makasih

    Reply
  23. 26

    Anwar Hidayat

    Artinya variabel bebas (X) yang bersangkutan mempengaruhi secara terbalik terhadap Y, artinya jika nilai X bertambah, nilai Y berkurang, begitu pula sebaliknya.

    Reply
  24. 27

    dewi purwati

    maksud dari nilai t yang negatif itu gy mna ya mas?

    Reply
  25. 28

    Anwar Hidayat

    Kemungkinan bisa. Dan harus menggunakan data yang diatasi, jadi harus terpenuhi semua asumsi secara serentak

    Reply
  26. 29

    heramita

    kalo ada hetero nya waktu dilakukan uji glejser di obatn bsa mas? klo di obatin apa untuk uji selnjutnya jg hrs pke data yg sama setelah do obatin?
    trimaksh

    Reply
  27. 30

    Anwar Hidayat

    Misal X1 dan Y sama-sama ditransformasi Log: Log(Y) = b0 + b1 Log (x1) . Jadi constanta tidak perlu ikut dinyatakan dalam log. Yang perlu diinterprestasikan kembali bukanlah slope, melainkan variabel terikat atau Y. Jadi bila Log(Y), maka untuk mengembalikan nilai Y gunakan fungsi eksponen.

    Reply
  28. 31

    Anonymous

    Mas kalau datanya udah di rubah dari satuan rupiah ke bentuk logaritma dalam spss (dengan fungsi transformasi datanya log10(var_1)), gimana nanti bentuk persamaannya. apakah jadi "log Y = log b0 + log b1(X1)" atau "log Y = log b0 + b1 log X" atau gimana mas? Trus setelah itu apakah nilai intercep (b0) dan slope (b1) harus di transformasi kembali agar dapat di interprestasikan ataukah langsung di interprestasikan saja datanya?
    Makasih sebelumnya buat penjelasannya.

    Reply
  29. 32

    Anwar Hidayat

    Artikel ini tentang uji glejser

    Reply
  30. 33

    Anwar Hidayat

    Mohon pertanyaan diperjelas

    Reply
  31. 34

    Anonymous

    pak yang ini namanya uji apa

    Reply
  32. 35

    Anonymous

    cara menyembuhkan masalah ini bagaimana ya pak

    Reply
  33. 37

    Anwar Hidayat

    Regresi linear sederhana: variabel bebas dan terikat semuanya berskala interval atau rasio. Sedangkan regresi logistik, variabel terikat berskala nominal dikotomi.

    Reply
  34. 38

    bezanuar

    Jika suatu penelitian memakai regresi sederhana, apakah wajib melakukan uji heteroskedastisitas pak? mohon pencerahannya. Trims

    Reply
  35. 39

    bimario takarina

    mas apa perbedaan linear sederhana dengan regresi logistik ?

    Reply
  36. 40

    Anwar Hidayat

    Itu adalah notasi scientific, misl 1.62E-006 itu artinya 1,6 x 10 pangkat -6

    Reply
  37. 41

    Muhammad Ibrahim

    siang mas.. saya mau nanya nih.. itu hasil regresi linier berganda saya ko 1.629E-006? maksudnya apa ya mas? kira2 gimana penyelesainnya? skripsi saya udah beres, tgl itu saja permasalahannya.. mohon jawabannya ya mas.. terima kasih sebelumnya

    Reply
  38. 42

    Anwar Hidayat

    Ya, karena semua asumsi klasik harus terpenuhi secara serentak

    Reply
  39. 43

    Merry Claudia

    Pak, saya menggunakan uji glejser tapi ada 1 variabel yang kena heteros, kalau pakai uji park bisa ya untuk data sekunder? kemudian kalau uji park kan diubah menajdi LN, apakah uji normalitas, autokorelasi dan multikolinearitas harus diubah menjadi LN juga pak?
    Tolong jawabannya pak dikirim ke email [email protected]
    Terima kasih

    Reply
  40. 44

    Anwar Hidayat

    Uji glejser itu untuk uji heteroskedastisitas, di mana adalah salah satu syarat apakah uji regresi linear bisa dipakai atau tidak untuk menjawab hipotesis, sedangkan uji t dalam regresi linear adalah untuk untuk menjawab hipotesis. Jadi berbeda sama sekali.

    Reply
  41. 45

    safti ricko

    Pak mau tanya, apakah uji glejser dan uji t itu hasilnya berbeda di t dan di Sig nya pak?
    terima kasih

    Reply
  42. 46

    Anwar Hidayat

    Tidak, sebab spearman rho dalam konteks ini adalah sebagai uji asumsi atau syarat bagi uji regresi linear berganda.

    Reply
  43. 47

    Linda Tantri

    Selamat malam pak, numpang tanya,,
    Apakah uji spearman's rho untuk mendeteksi masalah hetero dapat dgunakan untuk analisis regresi linier brganda,,
    Kalau bisa mohon penjelasannya, terima kasih

    Reply
  44. 48

    ISRO MULLAH

    Cara paling efektif apabila terkena heterokedastisitas bagaimana

    Reply
    1. 48.1

      Anwar Hidayat

      Transformasi Data

      Reply
  45. 49

    Ilma

    Maaf mau bertanya. Untuk hetero apakah hanya melihat nilai sig pada tabel coeffisien saja? Soalnya di tabel coeffisien nilai sig semua variabel saya lebih besar dari alpa, tapi di tabel annova nilai sig nya kurang dari alpha. Apakah tetap di anggap tidak ada hetero? Terimakasih.

    Reply
    1. 49.1

      Anwar Hidayat

      Sig Uji F pada tabel anova harus > 0,05.

      Reply
  46. 50

    geraldo

    mas, mau tanya beberapa nih…
    kalau uji hetero model regresi dengan variabel kontrol apakah caranya juga sama?
    kalau nilai signifikansi variabel kontrolnya dibawah 0,05 sedangkan seluruh variabel independen lainnya bernilai diatas 0,05 apakah model regresi saya bebas heteroskedastisitas?
    Terima Kasih

    Reply
    1. 50.1

      Anwar Hidayat

      Caranya sama. Kalau seperti itu, lihat nilai Sig uji F pada glejser test tersebut, selama nilainya > 0,05 maka bebas heteroskedastisitas.

      Reply
  47. 51

    isatuy

    mas, mau tanya
    1. kalo hasil yg dipakai untuk melihat hasil F itu dr hasil uji glejser atau dari regresi yg sbelum menggunakan uji glejser untuk melihat uji F simultan? karena berbeda hasil anovanya
    2. kalo hasil dr uji gletser hasilnya 0,050 apa terbebas dari heteros?

    mohon pencerahannya
    terimakasih

    Reply
    1. 51.1

      Anwar Hidayat

      Hasil uji F dilihat pada regresi yang utama. Sedangkan uji glejser hanya untuk uji heteroskedastisitas.

      Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved