Tutorial Cara Uji Validitas Dengan SPSS – Validitas Instrumen

Cara Uji Validitas Dengan SPSS

Berikut dalam bahasan ini kita membahas Cara Uji validitas dengan SPSS. Caranya sebenarnya mudah sekali. Cukup para pembaca menyimak artikel tutorial uji validitas dengan SPSS ini.

Pada bahasan sebelumnya, kita telah membahas apa yang dimaksud dengan validitas dan cara perhitungannya dengan menggunakan aplikasi Excel: Uji Validitas Instrumen dengan Excel. Kita juga sudah membahas tentang Reliabilitas, di mana reliabilitas tidak bisa lepas dari validitas. Kita juga sudah membahas tentang Instrumen Penelitian.

Uji Validitas Instrumen Pearson Product moment Dengan SPSS

Mari kita bahas tuntas cara uji validitas dengan SPSS. Dalam SPSS kita bisa gunakan uji pearson product moment untuk uji validitas butir. Kita juga bisa gunakan corrected item to total correlation. Sebagian besar Mahasiswa banyak yang tidak tahu cara melakukannya. Oleh karena itu, mari kita pelajari Tutorial SPSS tentang Validitas di bawah ini:

Anggap saja kita punya data hasil dari uji coba instrumen pada 20 sampel. Soal terdiri dari 10 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan seperti di bawah ini:

Data Uji Validitas
Data Uji Valditas

Buka aplikasi SPSS anda, masukkan data seperti tabel di atas pada Data View!

Pada Menu, klik Analyze, Scale, Relliability Analysis, Kemudian masukkan semua item ke kotak Items. Pada Combobox Model, pilih Alpha (disini adalah pilihan reliabilitas yang akan digunakan, apabila anda ingin melakukan uji reliabilitas dengan metode Cronbach Alpha, pilih Alpha. Piliha yang lain antara lain: Split Half, Guttman, Parallel dan Strict Parallel. Ingat pada Split Half jumlah item soal anda harus genap).

Langkah Uji Validitas dengan SPSS
Langkah Uji Validitas dengan SPSS

Klik tombol Statistics, Pada descriptives For centang Scale if Item Deleted, pada inter item centang Correlations.

Uji Validitas dengan SPSS Corrected Item To Total Correlation
Uji Validitas dengan SPSS Corrected Item To Total Correlation

Klik Continue, Kemudian OK. Lihat Output!

Output Uji Validitas SPSS
Output Uji Validitas SPSS

Pada tabel Reliability Statistics, lihat nilai Cronbach’s Alpha Based on Standardized Items, nilai tersebut merupakan nilai reliabilitas tes secara keseluruhan, semakin besar nilainya berarti semakin reliabel.

Tabel Inter-Item Correlation Matrix, menunjukkan hubungan atau korelasi antar item soal.

Output Uji Validitas dengan SPSS
Output Uji Validitas dengan SPSS

Interprestasi Uji Validitas dengan SPSS

Pada Tabel di atas, lihat nilai Scale Corrected Item-Total Correlation, nilai tersebut adalah nilai Validitas Butir. Sedangkan nilai Croncbach’s Alpha if Item Deleted adalah nilai Reliabilitas Butir.

Untuk menilai apakah nilai-nilai di atas (Validitas Butir dan Reliabilitas Butir) valid dan reliabel, bandingkan dengan R Tabel Pada DF=N-2 dan Probabilitas 0,05.

Nilai DF dalam contoh ini: jumlah sampel (20)-2=18. R Tabel pada DF 18 Probabilitas 0,05 adalah 0,4683.

Contoh untuk item soal nomor 1, nilai Corrected Item-Total Correlation = 0,072 < R tabel 0,4683, maka item soal no 1 tersebut tidak valid. Apabila tidak valid anda harus menggantinya dan uji coba ulang, serta anda tidak perlu melihat nilai Reliabilitas.

Contoh untuk item soal nomor 8, nilai Corrected Item-Total Correlation = 0,483 > R tabel 0,4683, maka item soal no 8 tersebut valid. Lihat nilai Croncbach’s Alpha if Item Deleted pada item soal no 8, nilainya 0,579 > R Tabel 0,4683 berati item tersebut reliabel.

Kembali pada tabel Reliability Statistics, lihat nilai Cronbach’s Alpha Based on Standardized Items, nilai tersebut 0,633 > R tabel 0,4683. Berarti Tes Secara Keseluruhan Reliabel.

Demikian penjelasan tentang cara uji validitas dan cara uji reliabilitas dengan SPSS.

Untuk lebih jelasnya tentang R Tabel, baca artikel kami tentang: Cara Membuat R Tabel dengan Excel.

By Anwar Hidayat

Jasa Olah Data Aman Terpercaya
TINJAUAN IKHTISAR
Penting
Artikel SebelumnyaPenjelasan Rumus Somer’s D – Contoh Hitung
Artikel BerikutnyaTutorial Uji Normalitas dengan SPSS Lengkap
Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, LISREL, STATA, Minitab, EViews, AMOS, SmartPLS, R Studio, NCSS, PASS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 081515699060. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian. Email: anwar@statistikian.com. Nomor Aduan/Complain Layanan: 088809999079 (ANWAR HIDAYAT).
validitas-spssUji Validitas harus dilakukan saat kita menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang kita buat sendiri. Hal tersebut dilakukan saat uji coba sebelum penelitian, tujuannya agar instrumen penelitian yang kita gunakan valid dalam mengukur nilai atau variabel yang kita teliti. Untuk mempermudah para peneliti atau mahasiswa, telah kami sediakan disini berupa tutorial lengkap cara uji validitas menggunakan aplikasi SPSS.

69 KOMENTAR

  1. Mas, jika data diambil dari responden berlatar belakang sama (seragam), menghasilkan data yang seragam pula, bisa dilakukan uji validitas tidak?

  2. mas mw tanya
    aku wm validitas soal pi8lgan tp bingung
    itu yang dibawah kolom item soal kok angka bukan huruf obsi jawaban
    tolong perncerahan

  3. Maaf Pak, numpang tanya, kalo hasil SPSS untuk Uji validitas kan yang dilihat angka2 yang ada di kolom "Corrected Item-Total Correlation" dibandingkan dengan rtabel (alpha, n-2).
    Sebenarnya angka2 hasil SPSS untuk kolom itu, darimana ya? (ada rumusnya kah?)
    Nah ini kalo dibandingkan dengan Excel, menggunakan fungsi "pearson" kok hsailnya berbeda ya?

  4. Validitas soal berarti juga validitas data, atau sebaliknya. Jadi antara soal dan data dalam konteks validitas itu identik. Jika anda kesulitan melakukan uji validitas pada soal, maka anda dapat melakukan uji validitas pada data. Jadi, tidak perduli bagaimana soal anda, apakah jawaban tertutup atau terbuka, maka anda bisa melakaukan pengujian validitas pada datanya.

  5. Mas saya ingin menghitung reability dan validity untuk jenis soal tanya-jawab/interview (dalam b. inggris untuk penelitian bhs inggris) dengan jumlah soal 10. masing2 soal ada nilai speaking pointnya seperti pronunciation, dll. itu gmn ya? tolong dg spss dan cara manualnya jg kalau ada. terima kasih banyak

  6. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada sample sebanyak 20 – 30 orang pada populasi yang berbeda dengan populasi penelitian. Jadi tidak mungkin ada istilah uji validitas pada populasi.

  7. Mas mohon pencerahannya., sya kan lgi TA tntang kepuasan pelanggan dgn metoda servqual, nah dalam kuesionernya dilakukan penilaian terhadap 'tingkat kinerja' dan 'tingkat harapan'.
    jadi untuk pengujiannya gmn?? dibuat masing" atau bgaimana?
    trims

  8. Mas, saya mau nanya..
    Untuk validitas soal speaking,
    kan saya punya 8 soal berbentuk situasi untuk diujikan ke 34 siswa, secara berpasangan. untuk 1 pasangan hanya boleh memilih 1 situasi, dan berdialog berdasarkan situasi tersebut.
    Untuk pengujian validitasnya gimana ya.. kan tidak semua anak mendapat 8 situasi tersebut.. ?

  9. Aslm, Pak… saya hanya ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar2nya. Dengan adanya web ini tugas paper saya sangat terbantu, yang sebelumnya saya sudah agak putus asa….

  10. Aslm.. Terima kasih banyak atas informasi nya pak, sungguh blog ini sangat membantu saya dalam memahami uji validitas dan reliabilitas dngn menggunakan SPSS.. mohon izin untuk men-share blog bapak ke teman-teman yang lain yang membutuhkan..

  11. ya pak mw tanya,,mw uji validitas minta bantuan dari bapak boleh dak,,,minta hitungkan coz dh coba koq tulisan varian mash tetp cara gantinya dmna ya supaya jadi item

  12. salam mas, terima kasih informasinya.
    oia, saya mau tanyak mas. apakah skor dari pernyataan memiliki pengaruh terhadap hasil kevalidatan data? padahal saya sedang menguji validitas data kuesioner 20 sampel menggunakan spss20. padahal skornya tidak rendah, dan tidak terlalu tinggi juga tapi data g valid. mohon pencerahaannya mas gimana untuk mengolah data yang bagus.
    terima kasih 🙂

  13. Saya mau tanya hasil item total correlation saya byk skali yg minusnya.sehingga menjadi tidak valid .bgaimana cara merubahnya??untuk menjadi valid. (item yg minus itu skornya besar dan item favorabel knp tidak valid ya??

  14. Selamat malam Pak Anwar, kalau penelitian tentang pengetahuan dengan menggunakan skor 0 dan 1, tepatnya menggunakan metode apa pak? kalau bisa menggunakan aplikasi SPSS.. terima kasih

  15. Salam kenal! saya mau tanyak cara mencari Koefisien korelasi spearman secara manual. misalnya saya punya data seperti ini:
    Responden 1. jawabannya pd pertanyan: P1=1 P2=5 P3=2 P4=5 P5=3 P6=2
    Responden 2. jawabannya pd pertanyan: P1=4 P2=4 P3=3 P4=3 P5=4 P6=3
    Responden 3. jawabannya pd pertanyan: P1=4 P2=4 P3=2 P4=4 P5=4 P6=4
    Responden 4. jawabannya pd pertanyan: P1=4 P2=4 P3=4 P4=4 P5=4 P6=3
    Responden 5. jawabannya pd pertanyan: P1=5 P2=4 P3=4 P4=4 P5=2 P6=4
    Dengan rumus rs=1- 6.(di2)/N3-N
    mohon balas ke email saya: pandranopkisijabat@gmail.com

  16. mo nanya…stelah uji validitas…data yg tdk valid di drop utk uji reliabilitas….utk olah data selanjutnya…misalnya korelasi atau regresi….data yg digunakan yg data awal atau data yg di drop td….makasih jawabanya

  17. hallo mas, saya masih bingung dengan angka dibawah kolom soal yang berentangan 1-5, itu skor apa ya mas? apakah itu artinya skor pada option pilihan gandanya seperti A=1, B=2, C=3, D=4, dan E=5??

    • Ini adalah skor skala likert yang biasanya digunakan menilai sikap seseorang, misalnya kode 1 jika Sangat Tidak Setuju, 2 jika Setuju, 3 jika Netral, 4 jika Setuju dan 5 jika Sangat Setuju.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini