Analisis Faktor SPSS

Analisis Faktor SPSS

Analisis faktor SPSS adalah sebuah cara yang dilakukan untuk membentuk faktor-faktor dalam rangka analisis faktor dengan menggunakan aplikasi SPSS. Dengan , kita akan memperoleh hasil sebagai berikut:

  1. Identifikasi dimensi-dimensi atau faktor-faktor mendasar yang dapat menjelaskan korelasi dari serangkaian variabel.
  2. Identifikasi variabel-variabel baru yang lebih kecil untuk menggantikan variabel yang tidak berkorelasi dari serangkaian variabel asli (asal) yang berkorelasi dari analisa multivariate (analisis regresi atau analisis diskriminan).
  3. Identifikasi variabel-variabel kecil yang menonjol (dari variabel yang lebih besar) dari suatu analisis multivariate.

Menindaklanjuti dari apa yang telah kita pelajari sebelumnya dalam artikel kami, yaitu: Analisis Faktor, maka pada kesempatan ini kami akan membagikan tutorial melakukan analisis faktor SPSS.

Download file kerja dalam tutorial ini:
Dataset
Output

Sebagai contoh, kita akan melakukan analisis faktor pada 9 variabel. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pada menu SPSS, klik Analyze, Data Reduction, Factor. Masukkan semua variabel ke dalam kotak “Variables”.

Analisis Faktor
Analisis Faktor

2. Tekan tombol “Descriptives” kemudian centang “Univariate descriptives”, “Initial Solutions”, “Coefficients”, “Significance Levels”, “Determinant”, “KMO and Bartlett`s test of sphericity” dan “Anti Image”. Klik “Continue”.

Analisis faktor Deskriptive
Deskriptiv Analisis Faktor

 

3. Tekan tombol “Extractions” kemudian pilih “Principal components” sebagai method, pada “Analyze” pilih “Correlation matrix”, pada “display” pilih “Unrotated factor solution” dan “Scree plot”. Pada extract, pilih Eigenvalue over dan isi dengan angka “1”. Klik “Continue”.

Extraction
Extraction

 

4. Tekan tombol “Rotation” kemudian centang “Varimax” dan pada display centang semua, yaitu “Rotated solutions” dan “Loading plot(s)”. Klik “Continue”.

Rotation
Rotation

 

5. Tekan tombol “Options” kemudian centang “Sorted by Size”.

Analisis Faktor Options
Analisis Faktor Options

 

Sampai tahap ini anda belumlah selesai melakukan analisis faktor SPSS, sebab dalam analisis ini anda perlu melakukan berulang-ulang hingga syarat minimal nilai KMO, Bartlett’s Sphericity, MSA dan Communalities terpenuhi. Oleh karena itu, silahkan anda baca artikel selanjutnya, yaitu:
Asumsi Analisis Faktor dengan SPSS danย .

By Anwar Hidayat

Jasa Olah Data Aman Terpercaya
TINJAUAN IKHTISAR
Multivariat
Artikel SebelumnyaPenjelasan Analisis Faktor – PCA dan CFA
Artikel BerikutnyaAsumsi Analisis Faktor dengan SPSS
Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, LISREL, STATA, Minitab, EViews, AMOS, SmartPLS, R Studio, NCSS, PASS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 081515699060. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian. Email: anwar@statistikian.com. Nomor Aduan/Complain Layanan: 088809999079 (ANWAR HIDAYAT).
analisis-faktor-dengan-spssAnalsis Faktor adalah salah satu dari Analisis Multivariat. Tingkat kesulitan perhitungannya sangat tinggi. Maka oleh karena itu penting bagi para peneliti atau mahasiswa untuk mempelajari artikel ini agar mendapatkan kemudahan dalam melakukan Analisis Faktor. Dalam artikel analisis faktor SPSS ini anda diajak untum memahami tahap demi tahap melakukan analisis faktor menggunakan aplikasi SPSS yang mudah dipelajari.

10 KOMENTAR

  1. pak, saya reza suryadinata. alamat jl.cibubur 7 no.70 judul saya : faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian vcd bajakan. uji analisis faktor. mohon balesan dan bantuannya

  2. pak mau tanya apa untuk melakukan analisis faktor sebelumnya juga perlu dilakukan uji asumsi klasik pada data yang terkumpul? pengumpulan data saya menggunakan kuesioner dan sebelumnya sudah dilakukan uji validitas n reliabilitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini