About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

4 Comments

  1. 1

    Anwar Hidayat

    Ya betul, memang harus bergantian

    Reply
  2. 2

    Annisa Rizka Anugraheni

    saya mau bertanya ini mengenai tugas akhir saya,
    saya mau menguji 3 kelompok berbeda dengan uji kruskall wallis karena telah diketahui data saya tidak normal, tetapi saya sedikit bingung ketika dalam kolom "proses krulkall wallis" hanya bisa memasukkan 1 variabel bebas. Apakah memang di uji ini harus menguji satu-satu bergantian dalam memasukkan kedalam variabel bebas, atau bagaimana ya pak?
    terimakasih banyak sebelumnya

    Reply
  3. 3

    Ahmad

    Saya ingin bertanya, untuk menguji 2 kelompok berbeda dengan kruskall wallis dengan data tdk normal tetapi pada satu kelompok ada nilai pre dan post. Bagaimana cara saya melakukannya?ataukah menggunakan uji yg lain?terima kasih.

    Reply
    1. 3.1

      Anwar Hidayat

      Jika ada 2 kelompok yang berbeda, maka itu disebut dengan uji beda 2 kelompok bebas, dan uji yang tepat adalah uji independent t test (parametris) atau uji mann whitney u test (non parametris). Uji Kruskall wallis digunakan pada beberapa kelompok yang berbeda (lebih dari 2 kelompok). Apabila kita aka menguji perbedaan antara 2 kelompok yang berpasangan, pre dan post, maka gunakan uji t paired (parametris) atau wilcoxon signed rank test (non parametris). Apabila kita akan menguji perbedaan beberapa kelompok yang berpasangan (labih dari 2 kelompok), misal perbedaan nilai uji mid semester 1, semester 1, mid semester 2 dan semester 2, maka gunakan uji friedman (Uji komparatif k sampel berpasangan non parametris).

      Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved