Tutorial Cara Input Data Panel Dengan EViews

6
1328

Tutorial Cara Input Data Panel Dengan EViews

Input Data Panel pada Eviews adalah sebuah upaya yang harus dilakukan pertama kali oleh para peneliti atau siapapun juga yang akan melakukan analisis regresi data panel pada aplikasi eviews. Maka dalam kesempatan yang baik ini, saya akan coba menjelaskan Tutorial Cara Input Data Panel Dengan Eviews. Dalam artikel kali ini, akan saya jelaskan langkah Cara Input Data Panel Dengan Eviews secara tahap demi tahap agar para pembaca sekalian mudah memahami dan mencobanya sendiri pada aplikasi eviews yang dimiliki.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa software eviews merupakan salah satu aplikasi yang terbaik dan powerfull dalam rangka melakukan proses analisis regresi data panel. Aplikasi yang satu ini memang dirancang begitu rupa agar dapat melakukan berbagai macam analisis statistik yang berkaitan dengan data time series atau runtut waktu, seperti halnya yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Yaitu pada artikel tentang regresi linear dengan eviews.

Oleh karena begitu besarnya manfaat dan kekuatan dari software statistik ini, maka tidak ada salahnya kami mencoba untuk menjelaskan langkah demi langkah untuk melakukan regresi data panel dengan eviews. Tentunya oleh karena dalam regresi data panel diperlukan deklarasi data cross sectional dan data time series, maka pada kesempatan ini, statistikian akan menjelaskan Cara Input Data Panel Dengan Eviews tersebut.

Menyiapkan Data Excel Untuk Regresi Data Panel Dengan Eviews

Singkat cerita, agar para peneliti dapat melakukan input data ke dalam eviews untuk keperluan regresi data panel, maka para pembaca harus terlebih dahulu membuat file excel. Dimana di dalam file tersebut anda buat serangkaian data yang terdiri dari:

  1. Data cross sectional, misalnya negara atau perusahaan.
  2. Data runtut waktu atau time series, misalnya data dalam tahun.
  3. Data variabel bebas, misalnya dalam tutorial ini kita menggunakan tiga variabel bebas, yang diberi nama X1, X2 dan X3.
  4. Data variabel terikat, misalnya dalam tutorial ini kita beri nama Y.

Contoh data tabulasi excel yang harus kita siapkan untuk regresi data panel adalah sebagai berikut:

Data Excel Untuk Regresi Data Panel Dengan Eviews
Data Excel Untuk Regresi Data Panel Dengan Eviews

Impor Data Excel Untuk Regresi Data Panel Ke Eviews

Jika anda sudah membuat data dalam excel seperti yang sudah dicontohkan di atas, maka langkah selanjutnya silahkan anda buka aplikasi eviews yang dimiliki. Untuk versi eviews yang digunakan terserah saja sebab pada prinsipnya adalah sama untuk semua versi. Namun saya merekomendasikan menggunakan versi 7 ke atas, misal versi 8 atau 9. Kemudian anda klik pada menu, yaitu menu File -> Import -> Import File. Maka akan muncul jendela seperi di bawah ini:

Cara Input Data Panel Dengan EViews
Cara Input Data Panel Dengan Eviews

Setting Sheet Impor Data Excel Cara Input Data Panel Dengan Eviews

Silahkan anda klik pada file excel yang sudah dibuat tadi, kemudian klik Open. Jika langkah anda benar, maka saya bisa pastikan tampilannya akan seperti ini:

setting import data panel dari excel ke eviews
setting import data panel dari excel ke eviews

Setting Kolom Dan Header Cara Input Data Panel Dengan Eviews

Pastikan anda telah memilih sheet yang benar untuk diimpor. Selain itu pastikan juga kolom yang akan digunakan. Jika kolom tidak benar, silahkan anda ubah dengan mengganti kode dalam custom range. Jika sudah yakin bahwa tidak ada kesalahan, silahkan klik tombol Next. Maka akan muncul jendela seperti berikut ini:

setting header import data panel dari excel ke eviews
setting header import data panel dari excel ke eviews

Cara Setting Data Panel Pada Eviews

Pastikan bahwa header yang digunakan sesuai dengan yang anda inginkan. Misalnya dalam Tutorial Cara Input Data Panel Dengan Eviews ini, kita menggunakan kolom Negara dan Header Line yang digunakan adalah line 1. Selanjutnya klik lagi tombol Next. Maka akan muncul jendela baru sebagai berikut:

Cara Setting Data Panel Pada EViews
Cara Setting Data Panel Pada EViews

Perhatikan baik-baik, bahwa pada langkah ini adalah tahapan paling krusial dalam proses mempersiapkan data untuk regresi data panel dengan menggunakan aplikasi Eviews. Jangan sampai ada kesalahan setting atau pengaturan dalam tahap ini. Ada banyak opsi yang bisa anda pilih, namun pada prinsipnya anda harus menentukan kolom mana yang akan dijadikan cross section dan kolom mana yang akan dijadikan time series.

Cara setting atau deklarasi data panel dalam eviews yang pertama kali anda lakukan adalah menentukan apakah akan menggunakan dated panel atau undated panel. Dalam tutorial ini, silahkan anda pilih Dated Panel. Selanjutnya pada cross section id series, anda pilih Negara sebagai cross section. Pada Date Series, anda pilih Tahun sebagai time series. Jika sudah yakin anda benar, silahkan klik tombol Finish. Jika ada pilihan Yes atau No, pilih saja Yes. Maka tampilan aplikasi eviews anda akan seperti berikut ini:

File Kerja Data Panel Pada EViews
File Kerja Data Panel Pada Eviews

Perhatikan baik-baik gambar di atas, jika ada variabel dengan nama dateid, maka anda sudah berhasil mendeklarasikan data panel dalam aplikasi anda. Coba pastikan anda klik variabel dateid tersebut. Maka akan tampil jendela baru sebagai berikut:

dateid hasil import data panel dari excel ke eviews
dateid hasil import data panel dari excel ke eviews

Jika tampilannya seperti gambar di atas, di mana ada kombinasi antara cross sectional yang dalam hal ini adalah negara serta series tahun, maka anda telah sukses mempelajari dan mencoba cara input data panel dengan Eviews serta mendeklarasikan data panelnya.

Cara Menyimpan Data Pada Eviews

Agar anda tidak kehilangan upaya keras yang sudah dilakukan pada tahap demi tahap yang dibahas di atas, maka jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja anda. Caranya adalah pada menu, anda klik File -> Save As. Seperti ini contohnya:

Cara Menyimpan File EViews
Cara Menyimpan File Eviews

Silahkan beri nama file kerja data panel anda dengan yang anda inginkan dan tentunya harus mudah diingat. Tempatkan atau simpan di tempat yang aman dan strategis agar mudah dicari kembali suatu saat nanti. Kemudian anda klik Save.

Apa yang akan anda lakukan selanjutnya? Tentu saja anda akan bereksperimen atau benar-benar melakukan analisis regresi data panel, seperti yang anda rencanakan dari awal. Jadi tidak hanya berhenti pada eksperimen Cara Input Data Panel Dengan Eviews ini.

Demikianlah kami telah menjelaskan secara bertahap dan detail tentang Tutorial Cara Input Data Panel Dengan Eviews. Semoga dengan tutorial ini, kesulitan anda dapat teratasi dalam rangka menyelesaikan tugas akhir anda atau penelitian anda.

Demikian saja untuk saat ini perihal tentang Tutorial Cara Input Data Panel Dengan Eviews. Artikel selanjutnya akan kami bahas bagaimana cara melakukan regresi data panel dengan eviews. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Namun, agar menambah khasanah ilmu atau wawasan anda dalam dunia statistik yang menyenangkan ini, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami lainnya yang banyak sekali dalam website statistikian ini. Terutama artikel yang membahas tentang regresi data panel dan artikel tentang penggunaan atau penerapan eviews dalam analisis statistik.

6 KOMENTAR

  1. Saya sedang menganalisa data panel untuk Pengaruh Asuransi Sosial dan Sosio Demographi Terhadap perekonomian negara Asean. Saya ingin bertanya, seandainya saya minta tolong untuk mengolahnya, biayanya berapa ya pak Hidayat

  2. selamat malam pak anwar, waktu saya sudah masuk pada tahapan akhir tutorial diatas kok muncul tulisan “repeated values found in source id series” ya?

    • Itu artinya ada time series duplikat dalam satu cross section. Misal cross section adalah perusahaan dan time series adalah tahun, maka jika ada tahun yang sama pada satu perusahaan, maka akan terjadi hal tersebut dan itu tidak boleh dalam regresi data panel.

Tinggalkan Komentar Anda Disini...