About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan WhatsApp: 08816050259, atau SMS/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

8 Comments

  1. 1

    Farokhah

    pak, kalau sy menggunakan model regresi linier berganda, tp krn data autokorelasi jd dilakukan cochrane orcutt. apakah model analisi sy berubah menjadi regresi cochrane orcutt apa masih tetap menggunakan regresi OLS?
    terima kasih

    Reply
    1. 1.1

      Anwar Hidayat

      Berubah, model persamaan regresi sudah mengikuti cochrane orcutt, namun asumsi yang diberlakukan tetap sama, karena prinsip regresi OLS tetap dipakai.

      Reply
  2. 2

    Hayi

    Jika sudah melakukan metode ini, lalu uji hipotesis atau regresinya pakai variabel yg lag ini atau tetap dengan OLS sebelumnya?

    Reply
    1. 2.1

      Anwar Hidayat

      Uji Regresi menggunakan metode ini.

      Reply
  3. 3

    Fitriya

    Assalamulaikum pak… pak mau nanya… autokorelasi saya terjadi autokorelasi positif dan negatif. Dan saya sudah mencoba langkah-langkah yang bapak lakukan seperti diatas.. tetapi blom sampai transform yang kedua nilai DW saya sudah naik itu pak… apakah saya harus menyelesaikan sampai tahap akhir atau sampai disituaaja pak? Mohon bntuannya terimakasih..

    Reply
    1. 3.1

      Anwar Hidayat

      Ikuti petunjuk dalam artikel saya ini secara lengkap sampai selesai.

      Reply
  4. 4

    Irsiya

    Selamat siang, saya mau tanya, nilai DW milik data saya tdk masuk kategori masalah autokorelasi atau menghasilkan kesimpulan. jadi saya ikuti cara transformasi lag dengan metode cochrane-orcutt dan hasilnya masih dibawah 0,05 lalu saya lanjut lagi pakai uji prais-winsten dg STATA dan dapat nilai DW yang tdk autokorelasi. jadi untuk uji selanjutnya seperti heterokedastisitas dan normalitas apakah saya harus tetap menggunakan STATA atau tetap bisa menggunakan SPSS? karena uji statistik deskriptif saya yg sebelumnya sudah menggunakan SPSS.

    mohon pencerahannya, terima kasih.

    Reply
    1. 4.1

      Anwar Hidayat

      Semua uji asumsi diuji kembali dan harus terpenuhi semuanya. hal itu anda bisa lakukan di aplikasi STATA.

      Reply

Tinggalkan Komentar Anda Disini...

2012 - 2018 statistikian all right reserved