Penjelasan dan Tutorial Cara Uji Manova SPSS

22
2745

Tutorial Uji Manova dalam SPSS

Uji Manova adalah Uji Multivariat Analisis Jalur atau disebut juga Multivariat Analysis Of Variance. Manova hampir sama dengan One Way Anova, letak perbedaannya adalah pada jumlah variabel dependen atau variabel terikat yang diuji di dalam model. Kalau One Way Anova, hanya ada 1 variabel dependen, sedangkan pada Manova ada lebih dari 1 variabel dependen.

Agar anda lebih memahami apa itu Uji Manova, alangkah lebih baiknya anda mempelajari artikel kami sebelumnya yang membahas tentang ANOVA, antara lain:

  1. One Way Anova dalam SPSS
  2. One Way Anova dalam Excel
  3. Two Way Anova dalam SPSS
  4. Two Way Anova dalam Excel
  5. Two Way Anova Tanpa Replikasi dalam Excel
  6. Uji Ancova Dalam SPSS

Setelah anda mempelajari artikel-artikel di atas, kami yakin anda akan memahami apa yang disebut dengan Manova.

Tutorial Uji Manova dengan SPSS

Langsung saja kita mulai bahasan bagaimana melakukan Uji Manova Dalam SPSS.

Agar lebih mudah bagi anda, silahkan download terlebih dahulu file kerja uji ini di Mediafire: Manova.sav

Contoh Uji Manova dengan SPSS

Contoh: Kita akan melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Nilai Ujian Matematika, Fisika dan Biologi Siswa Kelas 6 SD A”.

Perhatikan judul penelitian di atas, semuanya ada 4 variabel yang diteliti:

  1. Pekerjaan Orang Tua
  2. Nilai Ujian Matematika
  3. Nilai Ujian Fisika
  4. Nilai Ujian Biologi

Pekerjaan merupakan variabel independen, yang bertipe kategorik atau skala data nominal atau kualitatif. Terdiri dari 3 kategori: Tani, Buruh dan PNS.

Nilai Ujian semuanya variabel dependen yang bertipe numerik atau kuantitatif atau skala data interval/Rasio.

Berdasar contoh di atas, maka jelas harus anda pahami kembali bahwa uji Manova harus terdiri dari 1 variabel independen berskala kualtitatif dan lebih dari 1 variabel dependen berskala data kuantitatif berdistribusi normal.

(Pelajari juga tentang skala data dan Transformasi Data).

Uji Manova
Dataset Manova

Langkah Uji Manova

Membuat Dataset Uji Manova dengan SPSS

Buatlah hasil penelitian pada 4 variabel ke dalam bentuk data sebagai berikut:

Keterangan:

Pekerjaan: 1= Tani, 2=Buruh dan 3=PNS

Buka SPSS dan Buat 4 variabel seperti di atas.

  1. Pekerjaan: Type Numeric, Decimals 0, Label Pekerjaan, Measure Nominal. Value: 1= Tani, 2=Buruh dan 3=PNS.
  2. Matematika: Type Numeric, Decimals 0, Label Pekerjaan, Measure Scale.
  3. Fisika: Type Numeric, Decimals 0, Label Pekerjaan, Measure Scale.
  4. Biologi: Type Numeric, Decimals 0, Label Pekerjaan, Measure Scale.

Kopi paste data dalam tabel di atas: Pekerjaan, Matematika, Fisika dan Biologi.

Tahap Analisis Manova dengan SPSS

Langkah berikutnya adalah: pada menu di SPSS, klik Analyze, General Linear Model, Multivariate:

Lihat Tabel di bawah ini: Lalu masukkan variabel Matematika, Fisika dan Biologi ke kotak “Dependent Variables”. Masukkan Variabel Pekerjaan ke dalam kotak Fixed Factor (s).

Klik Tombol Model. Anda bisa menggunakan nilai bawaan (default) yaitu Full Factorial atau menggunakan nilai Custom, yaitu dengan memilih Custom dan memasukkan Pekerjaan ke dalam kotak Model dan mengubah Type ke Main Effects.

Tahap Analisis Post Hoc Setelah Manova

Klik Continue.

Klik Tombol Post Hoc. Maka akan muncul jendela seperti di bawah ini: Lalu masukkan Factor Pekerjaan ke kotak Post Hoc Test For, pada Equal Variances Assumed centang Bonferroni dan pada Equal Variances Not Assumed centang Games-Howell. (Ingat artikel sebelumnya, bahwa uji Bonferroni dipakai untuk membedakan kategori mana yang berbeda pada variabel independen apabila hasil uji homogenitas test pada Levene’s Test menunjukkan memiliki varians yang berbeda dengan nilai sig. > 0,05. Sedangkan Games-Howell dipakai apabila sig. <0,05).

Klik Continue

Kemudian anda tekan tombol options. Lalu masukkan factor Pekerjaan ke dalam kotak Display Means for. Pada display, centang Descriptive Statistics, Observed Power dan Homogenty Tests. Dan biarkan Significance Level 0,05.

Klik Continue dan Lihat hasilnya pada jendela Output.

Demikian tutorial langkah demi langkah Uji Manova dalam SPSS. Untuk Interprestasi Output dan cara menarik kesimpulannya serta cara menjawab hipotesis akan dibahas pada artikel berikutnya yang berjudul “Interprestasi Output  Uji Manova dalam SPSS“.

By Anwar Hidayat

22 KOMENTAR

  1. Kalau rumus ANOVA nya sama, bedanya pada MANOVA ada tambahan uji Multivariat untuk menentukan apakah variabel independen mempunyai pengaruh bermakna pada beberapa variabel dependen sekaligus. Misal uji Pillai Trace.

  2. Jika variabel dependen ada > 1 variabel dengan skala data numerik: Jika Variabel independen terdiri dari campuran data kategorik dan numerik, maka gunakan uji Mancova. Jika variabel independen berskala data numerik, maka gunakan uji multivariate regresi Linear.

  3. terima kasih jawabannya, sy msh ada pertanyaan lg 🙂
    kalau saya ingin melihat efektifitas sebuah strategi membaca terhadap kemampuan membaca literal,inferential, dan critical dgn format pretest-postest,uji apa yg harus saya gunakan? apakah uji t-test and paired t-test? atau masih ada uji yg lainnya?

  4. Desain penelitian bukanlah dasar utama dalam memilih uji statsitik yang tepat. Yang paling utama dasar pilihan uji adalah tujuan, hipotesis penelitian dan skala data. Untuk itu saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda, silahkan pelajari lebih lanjut artikel-artikel saya yang lain terutama uji yang anda tanyakan: independen t test dan paired t test.

  5. Dari judul anda tampak bahwa ada 2 variabel bebas da 1 variabel terikat, maka tidak tepat dengan uji Manova, karena Manova (Multivariate Anova) itu artinya ada lebih dari 2 variabel terikat. Dalam kasus anda, sebaiknya gunakan Univariate Two Way Anova.

  6. Pak Anwar mau tanya, penelitian berjudul "Pengaruh model pembelajaran carousel terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial", nah untuk menjawab hipotesis "ada pengaruh antara model carousel terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial" kan menggunakan uji manova, tetapi uji manova hanya bisa digunakan bila kedua variabel terikatnya simultan/saling berhubungan, dalam kasus ini kedua variabel terikatnya tidak simultan (antara hasil belajar dengan keterampilan sosial tidak ada hubungan). Yang saya tanyakan menurut bapak saya harus menggunakan uji apa?? Terimakasi sebelumnya

  7. Pak anwar…setelah saya melakukan uji manova…..data box's test equality of covariance matrices pada df2 bernilai 3.060E4. Dan data multavariate test pada intercept menunjukkan nilai F 6.272E3 . Yang sy ingin tanyakan adalah….1)nilai E pada data tersebut menunjukkan apa? 2) apakah mempengaruhi nilai F hitung yang akan dibandingkan dengan F tabel nya? 3)saran bapak, apakah data yg menunjukkan nilai E merupakan dara yg jelek. Karena saya awam sekali dg nilai nilai statistik…

  8. halo, saya ingin bertanya, mengapa test post hoc pada manova tidak bisa keluar untuk variabel dependen yang terdiri dari 2 variabel?

    • Memang tidak bisa, sebab post hoc hanya untuk kategori lebih dari dua, maksudnya untuk mengetahui, jika memang ada perbedaan bermakna pada Uji F, manakah yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut.

  9. mas, sy mau bertanya.
    kalo misalnya seperti contoh mas diatas tapi ada kemampuan awalnya yang kontrol, apakah masih dianalisis secara manova?
    apa bedanya dengan analisis mancova? terimakasih

  10. selamat sore bapak saya mau tanya,,kalo misalkan judul saya “Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning berbasis open-ended terhadap kemampuan berfikir kritis dan kreatif peserta didik” apakah cocok menggunakan uji MANOVA ? Terima kasih

    • Jika Model pembelajaran itu data kategorik lebih dari 2 kategori, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif adalah 2 variabel berskala data interval atau rasio, maka tepat jika anda menggunakan MANOVA.

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......