About the author

Anwar Hidayat

Founder dan CEO dari Statistikian Sejak 2012. Melayani jasa bantuan olah dan analisis data menggunakan berbagai aplikasi statistik, seperti: SPSS, STATA, Minitab, Eviews, AMOS dan Excel. Silahkan SMS/WA/LINE/Telegram ke: 081373337354. Biaya 100 ribu sd 300 ribu Sesuai Beban. Proses 1 sd 3 Hari Tergantung Antrian.

Related Articles

26 Comments

  1. 1

    Anwar Hidayat

    Kalau rumus ANOVA nya sama, bedanya pada MANOVA ada tambahan uji Multivariat untuk menentukan apakah variabel independen mempunyai pengaruh bermakna pada beberapa variabel dependen sekaligus. Misal uji Pillai Trace.

    Reply
  2. 2

    Putri

    Apakah rumus (formula) anova dan manova itu berbeda?

    Reply
  3. 3

    andas_wh

    bagaimana jika independent variable.y tdk bertipe kategorik? apakah ttp menggunakan manova?

    Reply
  4. 4

    Anwar Hidayat

    Jika variabel dependen ada > 1 variabel dengan skala data numerik: Jika Variabel independen terdiri dari campuran data kategorik dan numerik, maka gunakan uji Mancova. Jika variabel independen berskala data numerik, maka gunakan uji multivariate regresi Linear.

    Reply
  5. 5

    andas_wh

    terima kasih jawabannya, sy msh ada pertanyaan lg 🙂
    kalau saya ingin melihat efektifitas sebuah strategi membaca terhadap kemampuan membaca literal,inferential, dan critical dgn format pretest-postest,uji apa yg harus saya gunakan? apakah uji t-test and paired t-test? atau masih ada uji yg lainnya?

    Reply
  6. 6

    Anwar Hidayat

    Desain penelitian bukanlah dasar utama dalam memilih uji statsitik yang tepat. Yang paling utama dasar pilihan uji adalah tujuan, hipotesis penelitian dan skala data. Untuk itu saya tidak bisa menjawab pertanyaan anda, silahkan pelajari lebih lanjut artikel-artikel saya yang lain terutama uji yang anda tanyakan: independen t test dan paired t test.

    Reply
  7. 7

    Anwar Hidayat

    Maaf, saya tidak familiar dengan eviews

    Reply
  8. 8

    Riska Ayu S

    apakah manova bs diselesaikan di eviews? dosen saya menyuruh mrnggunakan eviews bkn spss makasihh

    Reply
  9. 9

    Anwar Hidayat

    Dari judul anda tampak bahwa ada 2 variabel bebas da 1 variabel terikat, maka tidak tepat dengan uji Manova, karena Manova (Multivariate Anova) itu artinya ada lebih dari 2 variabel terikat. Dalam kasus anda, sebaiknya gunakan Univariate Two Way Anova.

    Reply
  10. 10

    gatot subroto

    kalau judul saya efek sedasi dan durasi waktu tidur sari buah sawo pada tikus jantan galur wistar? apakah ini termasuk uji manova?

    Reply
  11. 11
  12. 12

    ary cahyo

    Pak Anwar mau tanya, penelitian berjudul "Pengaruh model pembelajaran carousel terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial", nah untuk menjawab hipotesis "ada pengaruh antara model carousel terhadap hasil belajar dan keterampilan sosial" kan menggunakan uji manova, tetapi uji manova hanya bisa digunakan bila kedua variabel terikatnya simultan/saling berhubungan, dalam kasus ini kedua variabel terikatnya tidak simultan (antara hasil belajar dengan keterampilan sosial tidak ada hubungan). Yang saya tanyakan menurut bapak saya harus menggunakan uji apa?? Terimakasi sebelumnya

    Reply
  13. 13

    Anwar Hidayat

    Itu adalah notasi scientific, jik nilainya; 3.060E4 berarti 3.060 x 10 pangkat 4

    Reply
  14. 14

    fitri.maretta

    Pak anwar…setelah saya melakukan uji manova…..data box's test equality of covariance matrices pada df2 bernilai 3.060E4. Dan data multavariate test pada intercept menunjukkan nilai F 6.272E3 . Yang sy ingin tanyakan adalah….1)nilai E pada data tersebut menunjukkan apa? 2) apakah mempengaruhi nilai F hitung yang akan dibandingkan dengan F tabel nya? 3)saran bapak, apakah data yg menunjukkan nilai E merupakan dara yg jelek. Karena saya awam sekali dg nilai nilai statistik…

    Reply
  15. 15

    Anwar Hidayat

    Terima kasih juga sudah berkunjung

    Reply
  16. 16

    Edogawa Intan

    terimakasih banyak atas ilmunya, sangat bermanfaat 🙂

    Reply
  17. 17

    Dira

    halo, saya ingin bertanya, mengapa test post hoc pada manova tidak bisa keluar untuk variabel dependen yang terdiri dari 2 variabel?

    Reply
    1. 17.1

      Anwar Hidayat

      Memang tidak bisa, sebab post hoc hanya untuk kategori lebih dari dua, maksudnya untuk mengetahui, jika memang ada perbedaan bermakna pada Uji F, manakah yang memberikan sumbangan terhadap perbedaan tersebut.

      Reply
    2. 17.2

      nadia aghni

      mau bertanya. lalu uji yang tepat pakai apa? kalau tidak keluar test post hocnya? terima kasih

      Reply
      1. 17.2.1

        Anwar Hidayat

        Uji post hoc dilakukan jika memang hasil uji omnibus atau uji hipotesis perbedaan anda, misal uji anova menyatakan terima h1. Jika sebaliknya maka tidak perlu uji post hoc, karena sudah tidak ada manfaatnya.

        Reply
  18. 18

    Rani Arafat

    mas, sy mau bertanya.
    kalo misalnya seperti contoh mas diatas tapi ada kemampuan awalnya yang kontrol, apakah masih dianalisis secara manova?
    apa bedanya dengan analisis mancova? terimakasih

    Reply
    1. 18.1

      Anwar Hidayat

      Perbedaan manova dengan mancova: manova semua variabel bebasnya adalah kategorik, sedangkan mancova merupakan campuran kategorik dan numerik.

      Reply
  19. 19

    Dewi

    selamat sore bapak saya mau tanya,,kalo misalkan judul saya “Pengaruh Model Pembelajaran Problem based Learning berbasis open-ended terhadap kemampuan berfikir kritis dan kreatif peserta didik” apakah cocok menggunakan uji MANOVA ? Terima kasih

    Reply
    1. 19.1

      Anwar Hidayat

      Jika Model pembelajaran itu data kategorik lebih dari 2 kategori, sedangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif adalah 2 variabel berskala data interval atau rasio, maka tepat jika anda menggunakan MANOVA.

      Reply
  20. 20

    Awal Noor

    Selamat malam malam Bapak, ada yg ingin saya tanyakan. misalkan ada hipotesis
    “Pembelajaran dengan menggunakan media garis bilangan dengan pendekatan PMRI efektif ditinjau dari prestasi belajar dan sikap tanggung jawab terhadap matamatika. nah apabila saya menggunakan uji t-test (one sample t-test) betul tidak? karena diuji terhadap masing2 variabel dependen.

    Reply

Cobalah Menjadi Pandai! Berikan Komentarnya Ya......

2012 - 2017 statistikian allright reserved